Pengaruh Motivasi Hedonis dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Marketplace Shopee
Abstract
Penelitian ini di lakukan untuk mengetahui pengaruh antara Motivasi Hedonis dan gaya hidup berbelanja pada perilaku pembelian impulsif pada pengguna Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee yang pernah melakukan pembelian di marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang untuk memudahkan penelitian maka di bulatkan menjadi 100 responden pengguna Shopee yang pernah melakukan pembelian minimal 1x dalam waktu tiga bulan terakhir dengan menggunakan teknik sampling yaitu Non Probabilty Sampling. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengolah data dari data primer yang diperoleh dari responden dengan melakukan uji atau menganlisis data yaitu dengan melakukan uji instrumen : uji validitas dan uji reliabilitias , uji analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji model : uji F dan koefisien determinasi (R2) dan uji hipotesis (t) dengan alat bantu SPSS versi 22 dari uji yang di lakukan menunjukan bahwa Variabel Motivasi Hedonis dan Gaya hidup berbelanja berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif pada pengguna marketplace Shopee.
Kata Kunci: Motivasi Hedonis, Gaya Hidup Berbelanja dan Pembelian Impulsif
Abstract
This research was conducted to determine the effect of hedonic motivation and shopping lifestyle on impulsive buying behavior of Shopee users. The population in this study are Shopee users who have made purchases in the Shopee marketplace. The sample in this study was 96 people to facilitate the research, so it was rounded up to 100 Shopee user respondents who had made a purchase at least 1x within the last three months using a sampling technique, namely Non Probabilty Sampling. The method used in this study is quantitative research by processing data from primary data obtained from respondents by conducting tests or analyzing data, namely by testing instruments: validity and reliability tests, data analysis tests using multiple linear regression analysis, test model: F test and coefficient of determination (R2) and hypothesis testing (t) with SPSS version 22 of the test carried out shows that the Hedonic Motivation Variable and Shopping Lifestyle have a positive and significant effect on impulsive buying behavior in Shopee marketplace users.
Keywords:, hedonic motivation, shopping lifestyle and impulse buying
Full Text:
Download PDFReferences
Arnold, J.M., & Reynolds K, E. (2003). Hedonic Shopping Motivation. Journal of
Retailing. 79;77-79.
Augusty, F . (2006). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian
untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas
Diponegoro.
Alviani A, A. (2018). Pengaruh Motivasi Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Yang Dimediasi Shopping Lifestyle Pada E-Commerce. (Skripsi) Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Cobb, C. J., & Hoyer, W. D. (1986). Planned versus Impulse Purchase Behavior. Journal of Retailing. Vol 62(4); 384-409.
Fadila, Y. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Dengan Gaya Hidup Berbelanja Sebagai Variabel Mediasi. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Gültekin, B., & Özer, L. (2012). The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying. Journal of Economics and Behavioral Studies. 4(3): 180-189.
Ghozali, I. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS”. 25. Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harti & Wardah N, A. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Avoskin Di Shopee. E-Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen. 8(2); 145-166.
Japarianto, E & Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, April 2011. 6(1);32-41.
Kusumadewi, & Neni, R. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing, Dan Gaya Hidup Herbelanja Terhadap Pembelian Impulsif Di Online Shop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Majalengka). Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan. 1(1); 31-49
Khakim L, M. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Gaya Hidup Berbelanja Terhadap Pembelian Impulsif (Studi Pada Konsumen Transmart Mall Di Kota Malang). (Skripsi) Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mowen, J. C. (2008). Consumer Behavior. Mc Graw Hill. New York. Salim, L.(2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Martini, N & Nuryani. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis Dan Keterlibatan Fashion Terhadap Pembelian Impulsif Secara Online Di Instagram. Jurnal Ekonomi Manajemen. 6(3); 108-115.
Nurcahyani, I. (2021). Shopee E- commerce peringkat teratas di Indonesia. Di akses pada 11 Juni 2022, dari https://www.google.com/amp/s/id.berita.yahoo.com/amphtml/shopee-e-commerce-peringkat-teratas-043138823.html.
Prasetia K, H. (2020). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shoping Lifestyle Terhadap Impulsif Buying Pada Konsumen Shopee. (Skripsi) Universitas Muhammadiyah Magelang.
Partminingsih S, A Dkk. (2021). The Influence Of Shopping Lifestyle, Hedonic Motivation, And Sales Promotion On Impulse Buying. Review Of International Geographical education (RIGEO). 11(6); 706-713.
Prijati, C. (2015). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 4(12).
Prihastama, & Brian, V. (2016) . Pengaruh Price Discount dan Bonus Pack Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pelanggan Minimarket. Program Studi Manajaeman Fakultas Ekonomi UNY.
Puspita, E. M., & Budiarti, A. (2016). Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis
Terhadap Pembelian Impulsif Melalui Emosi Positif Pelanggan Vans Store
Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 5(5);1-16
Rook, D W ., & Fisher, R,J. (1995). Normative Influence on Ipmulse Buying Behavior. The Journal of Consumer Research, 22.
Ristiana, E . (2016). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pakaian Distribution Store (Distro) Di Yogyakarta. (Skripsi) Universitas Negri Yogyakarta.
Ramadhani, C. S. (2020). Pengaruh Motivasi Hedonis, Browsing Dan Gaya Belanja Terhadap Pembelian Impulsif Di E-Commerce Shopee. (Skripsi) Universitas Negri Magelang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV.Alfabeta.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta.
Solomon, M, R. (2007). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being.
Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam
Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tuzzahra, M, N. (2020). Pengaruh Hedonic Shoping Motivation, Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvment Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Zalora Di Kota Medan.( Skripsi) Universitas Muhammadiyah Sumatrea Utara .
Utami, C, W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Ritel
Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Wathani, F. (2009). Perbedaan Kecenderungan Pembelian Impulsif Produk
Pakaian Ditinjau Dari Peran Gender. (Skripsi) Universitas Sumatera Utara.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2353
Refbacks
- There are currently no refbacks.