Pengaruh Influencer Terhadap Trust dan Dampaknya Terhadap Loyalty to the Influencer, Product Attitude, dan Purchase Intention Pada Garnier Kosmetik
Abstract
Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun akan terus berkembang dengan melakukan beberapa inovasi atau perubahan yang lebih baik. Salah satu contohnya adalah dengan pertumbuhan penggunaan internet. Pada bulan Januari 2021 di Indonesia penggunaan internet sudah mencapai 202,6 juta jiwa, dengan total populasi di Indonesia sebesar 274,9 juta jiwa. Potensi pasar kosmetik dan skincare di Indonesia cukup besar dan bisa dijadikan peluang bisnis karena dengan total populasi sebesar 274,9 juta jiwa, diantaranya berjenis kelamin perempuan sebesar 49,7% dan berjenis kelamin laki-laki sebesar 50,3%. Objek pada penelitian ini adalah Garnier kosmetik. Garnier merupakan salah satu brand yang menggunakan media sosial seperti Instagram dan influencer sebagai kegiatan pemasarannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh influencer terhadap trust dan dampaknya terhadap loyalty to the influencer, product attitude, dan purchase intention pada Garnier kosmetik. Karakteristik yang dinilai dari seorang influencer adalah expertise, authenticity, physical attractiveness, dan homophily. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengguna skincare yang mengetahui influencer Chelsea Islan dan mengetahui brand Garnier merupakan populasi dari penelitian ini dengan sampel berjumlah 400 responden. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data serta menggunakan teknik analisis data SEM dengan software yang digunakan adalah Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah expertise tidak berpengaruh positif terhadap trust, kemudian authenticity, physical attractiveness, dan homophily berpengaruh positif terhadap trust, dan trust berpengaruh positif terhadap loyalty to the influencer, product attitude, dan purchase intention. Oleh karena itu, diharapkan karakteristik authenticity, physical attractiveness, dan homophily bisa ditingkatkan sehingga trust dan dampaknya pada loyalty to the influencer, product attitude, dan purchase intention akan tercapai.
Kata Kunci: influencer; trust; loyalty to the influencer; product attitude; purchase intention.
Full Text:
Download PDFReferences
Chaffey, D., & Smith, P. (2017). DIGITTAL MARKETING EXCELLENCE Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing (5th ed.). Routledge.
Clow, K. E., & Baack, D. (2018). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. In Pearson (Vol. 9, Issue No 2).
Compas.co.id. (2021). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Compas.Co.Id.
Datareportal. (2021). Digital Indonesia 2021. https://datareportal.com/reports/digital-2021- indonesia
Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203
Kim, D. Y., & Kim, H. Y. (2021). Trust me, trust me not: A nuanced view of influencer marketing on social media. Journal of Business Research, 134(November 2019), 223–232. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.05.024
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson (Vol. 15e).
Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior 12th Edition. In Pearson (Vol. 53, Issue 9).
Solomon, M. R. (2019). Consumer Behavior Buying, Having, and Being Thirteent Edition. In Pearson Education (Vol. 53, Issue 9).
Statista. (2020a). Leading cosmetic brands on Google in Indonesia as of January 2020, by amount of searches (in 1,000s). Statista Consumer Market Outlook.
Statista. (2020b). Leading cosmetic brands sold in major online stores in Indonesia as of January 7, 2020, by number of items sold (in millions). Statista Consumer Market Outlook.
Statista. (2020c). Share of people who have purchased an item or product because it was endorsed by an influencer in Indonesia as of October 2020. Rakuten Insight.
Statista. (2021a). Revenue of cosmetics market in Indonesia from 2017 to 2025 (in million U.S. dollars). Statista Consumer Market Outlook.
Statista. (2021b). Revenue of the skin care market in Indonesia from 2017 to 2025 (in million U.S. dollars). Statista Consumer Market Outlook.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2374
Refbacks
- There are currently no refbacks.