Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Indihome di Bandung Timur

Sitorus Irma Miranda Agustina, Pramitha Aulia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan. Metode Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kasual dipakai sebagai metode dalam penelitian ini. Sementara itu Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software SmartPLS 3.0 dipakai sebagai teknik analisisnya. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling memakai pendekatan purposive sampling yang mana didapatkan 400 orang responden yang dijadikan sampel. Didasarkan pada hasil analisis deskriptif bisa ditarik kesimpulan bahwasanya Kualitas Pelayanan termasuk pada kategori baik dengan nilai 68,35%. Kepuasan Pelanggan termasuk kategori baik dengan nilai 72,45%. Serta Loyalitas Pelanggan termasuk pada kategori baik dengan nilai 72,78%.
Didasarkan pada hasil uji hipotesis, ada pengaruh positif yang signifikan dari Kualitas Pelayanan pada Kepuasan Pelanggan, ada pengaruh positif yang signifikan dari Kepuasan Pelanggan pada Loyalitas Pelanggan. Didasarkan pada hasil uji variabel intervening, ada pengaruh positif yang signifikan dari Kualitas Layanan pada Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Basuki. (2016). Analisis Regresi. Jakarta: Rajawali Pers.

Echdar. (2017). Metedeologi Penelitian Manajemen dan Bisnis .Bogor:Ghalia

Indonesia.

Harlan, J. (2018). Analisis Regresi Linier. Depok: Gunadarma.

Hikmawati, F. (2018). Metedeologi Penelitian. Jakarta :Rajawali Pers. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidin (Pendekatan Kuantitatif ,

Kualitatif & R&D. Kota Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualittif, dan R&D). Kota Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi (Pendekatan Kuantitatif, Kulitatif dan Kombinasi). Kota Bandung:Alfabeta.

Sujarweni. (2015). Metedeologi Penelitian Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta:Salemba. Sukestiyarno. (2014). Statistika Dasar. Yogyakarta:CV Andi Offest.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik . Yogyakarta:ANDI. Widodo. (2017). METEDEOLOGI PENELITIAN POPULER DAN PRAKTIS .

Depok :Rajagrfindo.

Zahrah, F. N., Indrawati, I., & Djatmiko, T. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Indihome Di Kota Bandung. eProceedings of Management, 4(3).

Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.

PRATAMA, M. A., Widad, A., & Nailis, W. (2020). PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OPERATOR TELKOMSEL DENGAN KEPUASAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA

UNIVERSITAS SRIWIJAYA INDRALAYA (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

ADYGUNA, A. P. (2020). ANALISIS PENGARUH HARGA, BRAND IMAGE, KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA INDIHOME DI

UNIVERSITAS HASANUDDIN (Studi kasus pada mahasiswa Universitas Hasanuddin Makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Hidayat, R. (2009). Pengaruh kualitas layanan, kualitas produk dan nilai nasabah terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajemen dan kewirausahaan, 11(1), 59-72.

PRAKOSO, R. A., & KHASANAH, I. (2020). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, NILAI PELANGGAN, DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN

PELANGGAN (Studi Pada Pelanggan Indihome di Kota Semarang) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

DAMSIR, M. L. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN LAYANAN INDIHOME DI PEKANBARU (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU).

Purnama, A., & Juju, H. U. (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROSES

TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pada Pelanggan Indihome Di Kantor

Pelayanan Lembong Bandung) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Hidayat, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt Dyantara Cipta Persada Di Bandung Tahun 2020. eProceedings of Applied Science, 6(3).

Kurnia, H. Y. (2019). PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA PELANGGAN GRAB DI KOTA YOGYAKARTA).

Putri, M. N., & Widodo, A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Pada Wilayah Antapani Kota Bandung. eProceedings of Management, 3(3).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics