Pengaruh Kualitas, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Sepatu Converse di Surabaya)

Amal Rizki Ramadhan, Lisa Sulistyawati

Abstract


Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek secara simultan terhadap kepuasan pelanggan pada sepatu converse di Surabaya, dan juga Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan citra merek secara parsial terhadap kepuasan pelanggan pada sepatu converse di Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 100 responden. Cara pengambilan sampel yang digunakan adalah Non-Probability Sampling karena sampel tidak dipilih secara acak melainkan dengan pertanyaan saringan terlebih dahulu, dan teknik sampling yang akan digunakan yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan jenis data primer. Data primer diperoleh secara langsung ketika peneliti melakukan sebuah proses pengumpulan data di lapangan menggunakan kuisioner Google form. Beberapa informasi tambahan juga dapat diperoleh melalui sumber informan, yang tujuannya dapat digunakan peneliti untuk pnejelasan mengenai hasil penelitian. Teknik analisis data adalah Analisis regresi linear berganda digunakan peneliti untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara dua atau lebih variabel independen dengan variabel dependen . Dalam penelitian ini analisis regresi linear b anda digunakan untuk mengetahui sejauh mana hubungan Kualitas (X1) , Harga (X2) dan Citra Merek (X3) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
Kata Kunci : Kualitas, Produk, Citra Merek, Dan Kepuasan Pelanggan
Abstract
This study aims to determine and analyze the effect of product quality, price, and brand image simultaneously on customer satisfaction on Converse shoes inSurabaya, and also to find out and analyze the effect of product quality, price, and brand image partially on customer satisfaction on Converse shoes in Surabaya. The sample used is 100 respondents. The sampling method used is Non-Probability Sampling because the sample is not selected at random but by screening questions first, and the sampling technique that will be used is purposive sampling.This study uses primary data types. Primary data was obtained directly when researchers conducted a data collection process in the field using a Google form questionnaire. Some additional information can also be obtained through informant sources, the purpose of which can be used by researchers to explain the results of the study. The data analysis technique is multiple linear regression analysis used by researchers to find out how much influence between two or more independent variables and the dependent variable. In this study your linear regression analysis b is used to determine the extent of the relationship between Quality (X1) , Price (X2) and Brand Image (X3) on Customer Satisfaction (Y).
Keywords : Quality, Product, Brand Image, And Customer Satisfaction

Full Text:

Download PDF

References


Ari Jusuf & Efendi. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta

Kristanto, Jajat. (2011). Manajemen pemasaran internasional. Jakarta: Erlanga.

Kotler Philip dan Amstrong Gary 2012, Prinsip Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1 Jakarta :Erlangga.

Kotler, Amstrong (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga. Roslina. “Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346.

Sekaran & Bougie, (2016). Research Methods for Business : A Skill Building Approach Seventh Edition. United States of America : Wiley

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2016. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. New Jersey: Wiley

Sugiyono (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung : CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Tjiptono, Fandy. 2010, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Umar, Husein. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan: Langkah Cepat dan Tepat Menyusun Tesis dan Desertasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Untuk Akuntansi dan Manajemen, Yogyakarta:BPFE.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics