Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk H&M di Kota Surabaya dengan Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Moderator
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan ekuitas merek terhadap keputusan pembelian produk H&M di surabaya dengan menggunakan electronic word of mouth sebagai variabel moderator. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembeli atau konsumen pengguna produk H&M dengan kriteria Laki/Perempuan. Sampel yang diperlukan sebesar 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang dikumpulkan atau diperoleh langsung dari objek peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi liniear berganda. Dengan demikian hasil penelitian ini yakni secara simultan dan parsial kualitas pelayanan dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth memoderasi pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian produk H&M di Surabaya.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, ekuitas merek, EWOM dan keputusan pembelian
Abstract
This study aims to understand and determine the effect of service quality and brand equity on purchasing decisions for H&M products in Surabaya by using electronic word of mouth as a moderator variable. The population used in this study are buyers or consumers of H&M product users with Male/Female Criteria. The sample required is 100 respondents. The sampling technique used in this research is non-probability sampling. The data used in this study is primary data, namely data collected or obtained directly from the object
researcher. The data collection technique used in this study was a questionnaire. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression. Thus the results of this study are simultaneously and partially service quality and brand equity have a significant effect on purchasing decisions and indicate that the influence of Electronic Word of Mouth moderates the influence of service on purchasing decisions of H&M products in Surabaya.
Keywords: service quality, brand equity, EWOM and purchasing decisions
Full Text:
Download PDFReferences
Adriany, V. (2013). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan Dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa GO-JEK Melalui Kepuasan Pelanggan. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004.
Agusli, D., dan Kunto, Y. S. 2013.”Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel Surabaya”.Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol 1.(No 2), hal1-8.
Alma, Buchari. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Andriadi, A., dan Untarini, N. 2013.”Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan dan Citra Merek Telkom Flexi Terhadap Niat Beli Ulang”.Jurnal Ilmu Manajemen.Vol 1.No 2, hal 639-649
Aryani, D., & Rosinta, F. (2010). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Organisasi, 17(2), 114–126.
Bugin, B. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Edisi Pertama, Cetakan Ke-5.
Chendy Christy, Tigor Sitorus, J. I. (2019). The Effect Of Service Quality And Website Quality Of Zalora.Com On Purchase Decision As Mediated By Purchase Intention The Effect Of Service Quality And Website Quality Of Zalora.Com On Purchase Decision As Mediated By Purchase Intention. 20(169), 87–92.
Hary Gunawan Senjaya. 2014. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Masakan Jepang di Hayashi Teppan Food Court BEC, Jurnal Manajemen, Volume 1. No 2.
Hesti Widiastuti. 2014. Physical Evidence and Price to Purchase Decision, International Journal of Economics and Business, Volume 3. No 7.
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi Kedua. Rajawali Pers. Jakarta.
Jie Sheng Mang, Rozlin Zainal, I. S. M. R. (2018). Influence Of Location On Home Buyers’ Purchase Decision Influence Of Location On Home Buyers ’ Purchase Decision. 020078 (September), 78.
Khatib Fahed. 2016. The Impact of Social Media Characteristic on Purchase Decision Empirical Study of Saudi Customers in Asser Region, International Journal of Business and Social Science, Volume 7. Issue 4.
Kotler dan Amstrong, Yudhi. 2008, “Kualiatas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio”, Jurnal EMBA. Vol. 1, No. 3, Juni
Kotler, Philip and Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ke Dua Belas. Jakarta: PT Indeks.
Kotler, Philip dan Amstrong, G. 2008. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: PT Indeks.
Lukman, M. D. 2014. ”Analisi Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen Produk Teh Botol Sosro Kemasan Kotak”.Jurnal Admisistrasi Bisnis.Vol10.(No.1), hal64-81
Saleem, A., & Ellahi, A. (2017). Influence of electronic word of mouth on purchase intention of fashion products in social networking websites. Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (PJCSS), 11(2), 597-622.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2491
Refbacks
- There are currently no refbacks.