Peran Orang Tua dalam Pembatasan Penggunaan Gadget Anak Usia Sekolah Dasar di Kabupaten Indramayu

Sherian Francis Matakena, Lucy Pujasari Supratman

Abstract


Peran orang tua dalam perkembangan anak usia sekolah dasar di era digitalisasi ini perlu di perhatikan. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan peran oran tua dan cara mengkomunikasikan gadget pada anak usia sekolah dasar menggunakan teori pola asuh. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara informan yang terdiri dari tiga ibu dan anak usia sekolah dasar dan psikolog. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam mendidik, mendampingi dan membimbing anak usia sekolah dasar mengacu pada ciri- ciri pola pengasuhan demokratis dalam memperhatikan aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik yang berkaitan dengan penggunaan gadget pada anak. Namun, sayangnya masih ada orang tua yang belum mengenal dan memahami tentang digital parenthing yang sebenarnya mampu membantu orang tua dalam menyesuaikan pola pengasuhan anak sesuai eranya. Oleh karena itu, orang tua perlu melibatkan anak dengan cara mengkomunikasikan gadget pada anak melalui diskusi tujuan, tanggung jawab dan resikonya.

Kata Kunci: Komunikasi, Keluarga, Peran orang tua, Pola asuh, Anak usia sekolah dasar, Penggunaan gadget

Full Text:

Download PDF

References


Abubakar, H. R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42716/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Adrian, A., & Syaifuddin, M. I. (2017). Peran Orang Tua Sebagai Pendidik Anak Dalam Keluarga. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 147–167. https://doi.org/10.32923/edugama.v3i2.727

Arifin, Z. (2016). PERILAKU REMAJA PENGGUNA GADGET; Analisis Teori Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219

BKKBN. (2017). Penanaman dan Penerapan Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. In Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. BKKBN. https://bimbinganperkawinan.kemenag.go.id/wp-content/uploads/2020/03/Buku-8-Fungsi-Keluarga.pdf

Digital Parenting Kelurahan Kandri. (2019). Modul Pelatihan-Digital Parenting. 39. https://docplayer.info/208685978-Modul-pelatihan-digital-parenting-hai-mom.html

Djamarah, S. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga Upaya Mmebangun Citra Membentuk Kepribadian Anak.

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (Pertama). Wal Ashri Publishing. https://en.id1lib.org/book/11700142/76e0b9

Herlina, D. (2018). DIGITAL PARENTING (Mendidik Anak di Era Digital) (N. Kurnia (ed.); Pertama). Samudra Biru. https://literasidigital.id/books/digital-parenting-mendidik-anak-di-era-digital/

Hilman, A. & dkk. (2016). Rumus Keren Internet Baik.

Hilman, Awaludin, M. N., Widuri, Mataharitimoer, & S, A. P. H. (2017). 17 Rumus Keren Internet Baik. Telkom Indonesia. https://literasidigital.id/books/rumus-keren-internetbaik/

Indozone.id. (2021). Kenal Lewat Game Online, Gadis Ini Dikurung dan Diperkosa Temannya saat Ketemuan. https://www.indozone.id/news/Pjs1PYl/kenal-lewat-game-online-gadis-remaja-ini-dikurung-dan-diperkosa-temannya-saat-ketemuan/read-all

Jamaludin, F. (2016). Smartfren: Sukabumi dan Indramayu paling banyak pakai internet. https://www.merdeka.com/teknologi/smartfren-sukabumi-dan-indramayu-paling-banyak-pakai-internet.html

Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541

Mahmud, A. (2015). Pola Asuh Orang Tua dan Kemandirian Anak. Edukasi Mitra Grafika. https://en.id1lib.org/book/6070478/a335ee

Maknun & dkk. (2018). Sukses Mendidik Anak DI Abad 21 (Pertama). Samudra Biru. https://en.id1lib.org/book/11120599/43f6b9

MU’ALLIMAH. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI DESA SANGGRAHAN, GROGOL, SUKOHARJO TAHUN 2020. 25(1), 3–5.

Purwati, T., Ahmad, H., & Sudana, D. (2020). Teknologi Komunikasi Sebagai Media Dalam Pembentukan Karakter Anak.

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian Antasari Press Banjarmasin 2011. http://idr.uin-antasari.ac.id/10670/1/PENGANTAR METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Rianto, P. (2020). Modul Metode Penelitian Kualitatif. In Komunikasi UII (Vol. 5, Issue July).

Ruli, E. (2020). Tugas dan peran orang tua dalam mendidk anak. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 143–146. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/428

Russyiana, D. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 3-6 Tahun Didesa Bukit Ulu Kecamatan Karang …. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/4346

Samsu. (2017). Metode Penelitian: Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research and Development. In Diterbitkan oleh: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA) (Issue July).

Siyoto, S. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN.

Soyomukti, N. (2014). Pengantar Sosiologi Dasar Analisis, Teori Pendekatan Menuju Analisis Masalah-Masalah Sosial, Perubahan Sosial, Kajian-Kajian Strategis.

Sudarsana, I. K., & dkk. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan (Issue October).

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Cetakan Ke). ALFABETA, CV.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics