Pengaruh Big Five Personality dan Self Control Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Yang Pernah Melakukan Pembelian Di Guardian Store Surabaya)

Atika Atika, Sonja Andarini

Abstract


Impulse buying merupakan bentuk dari reaksi cepat tanpa adanya rencana untuk memutuskan berbelanja. Pembelian impulse memiliki perilaku umum yang sangat berakar pada faktor personal dan self control. Salah satu pendekatan dari teori personality yaitu big five personality yang dikemukakan oleh McCare dan Costa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh big five personality dan self control terhadap impulse buying. Penarikan sampel mengunakan metode purporsive sampling. Uji analisa data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada uji regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa, Openness (X1), Conscientiousness (X2), Extraversion (X3), Agreeableness (X4), Neuroticism (X5) dan Self Control (X6) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Impulse Buying (Y). Variabel Openness, Extraversion, Agreeableness, Neuoroticism, secara parsial berpengaruh positif terhadap Impulse Buying. Variabel Conscientiousness dan Self Control secara parsial berpengaruh negatif terhadap Impulse Buying.
Kata kunci : big five personality, self control dan impulse buying
Abstract
Impulse buying is a form of quick reaction without any plans to decide to shop. Impulse buying has a general behavior that is deeply rooted in personal factors and self control. One approach from personality theory is the big five personality put forward by McCare and Costa. This study aims to determine the influence of big five personality and self control on impulse buying. Withdrawal of samples using purposive sampling method. The data analysis test used in this study refers to the multiple linear regression test. Based on the results of the research that has been done, it can be concluded that Openness (X1), Conscientiousness (X2), Extraversion (X3), Agreeableness (X4), Neuroticism (X5) and Self Control (X6) simultaneously have a significant effect on Impulse Buying (Y . Variables Openness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticism partially have a positive effect on Impulse Buying. Conscientiousness and Self Control variables partially have a negative effect on Impulse Buying.

Keywords: big five personality, self control and impulse buying

Full Text:

Download PDF

References


BUKU

A. Sudarso 2020. Pengantar Bisnis: Etika, Hukum dan Bisnis Internasional. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis.

Amirullah. 2005. Pengantar Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBMSPSS25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.

Indrianto, Nur. 2006. Metodelogi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta

Kotler, Philip dan Keller. K. Lane. 2012. Motif Pembelian Edisi 1. Jakarta:Penerbit Erlangga.

Morissan. 2016. Statistik Sosial. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Nalendra, Aloysius, Rangga Aditya, et all. 2021. Statistika Seri Dasar DenganSPSS. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Priyanto, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS.Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono, (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winarno. 2015. Analisis Ekonometrika dan Statistik dengan E-views.Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP SKIM YKPN.

JURNAL

Amelia, Ratih. 2019. Pengaruh Cashback Dan Promo Buy One Get One Terhadap Impulse Buying Pada Luplup Bubble Drink Plaza Medan Fair. Lembaga Penelitian dan Pengadian masyarakat Politeknik Ungul LP3M Medan: Vol. 6 No.1.

Astutik, Puji et al. 2020. Kepribadian Big Five Terhadap Impulsive Buying Behavior Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi Vol. 5 No. 1. 2020 e-ISSN: 2549-6166.

Bunyamin B et al. 2021. Analysis Of Lifestyle, Price Discount And Product Quality On Impulsive Buying In Issue Clothing Store. Jurnal inovasi Peneltian Vol. 2 No. 1 tahun 2021 ISSN 2722-9467.

Efathania, V,N & Aisyah. 2019. Hubungan Antara Big Five Personality Trait dengan Celebrity Worship pada Dewasa Muda Penggemar K-Pop di Sosial Media (Relationship between Big Five Personality Trait with Celebrity Worship among Early Adult K-Pop Fans in Social Media). Mind Set, ISSN 2086-1966

Herabadi, A., Verplanken, B., & Knippenberg, A. v. 2009. Consumption Experience of Impulse Buying in Indonesia: Emotional Arousal and Hedonistic Considerations. Asian Journal of Sosial Psychology 12, 20-31.

KM Hakiki et al, 2018. Studi Deskriptif Impulse Buying Pada Kosmetik Di Kalangan Mahasiswi Psikologi. Jurnal Penelitian dan Pergukuran PsikologiVolume 07, Nomor 2, Oktober 2018

Kurniawan, Asep. 2021. Factors That Influence Impulsive Buying. Journal of Accounting for Sustainable Society (JASS) Volume 03. No. 02 December 2021.

Lazuardi, 2018. Pengaruh Celebrity Endorser dan Iklan Terhadap Nike (Studi Pada Mahasiswa STIE Eka Prasetya). Jurnal Riset Manajemen & Bisnis. Vol. 3 No. 2, November 2018.

Loudon, D. L., & Bitta, A. J. (1993). Consumer Behavior Concepts and Applications, 4th edition. Singapura: McGraw-Hill Book. Dalam journal Miranda, Vol. 10 No. 1 tahun 2016.

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita. S. 2017. Teori-Teori Psikologi. (Jogjakarta: Ar-Ruz media, 2010). hlm 21-23 & 29-31.

Nurcahyo B, 2018. Analisis Dampak Penciptaan Brand Image dan Aktifitas Word of Mouth (Wom) pada Pengetahuan Keputusan Pembelian Produk Fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis. Vol. 3 No. 12018.

Ramadhani, L et al. 2020. Pengaruh Kualitas Website Dan Dimensi Kepribadian Big Five Terhadap Pembelian Impuls Online Dengan Promosi Penjualan Sebagai Variabel Moderasi “Studi Pada Shopee”. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia. Vol. 6 No. 2 ISSN : 2460-9471.

Rahmawati, N. T. 2018. Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle terhadap Impulsive Buying dengan Emosi Positif sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 315-325.

Rozaini, N & Bismi, A.G. 2019. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Self control Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion. Niagawan Vol 8 No 1 ISSN 2579-8014

Yohanes et al. 2021. Hubungan Self-Monitoring dengan impulse buying produkfashion pada remaja akhir. Psikopedia Vol.2 No.3 September 2021 ISSN 2774-6368.

Septila & Aprilia 2017. Impulse Buying Pada Mahasiswa di Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi ISSN 2548-4044 Vol. 2 No. 2, 2017.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.2897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics