Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada E-wallet GOPAY

Dhian Dharmastuti Pamudji, Alimuddin Rizal

Abstract


Abstrak
Penelitian ini diarahkan untuk meneliti Kepuasan Pelanggan e-wallet GOPAY dengan variabel anteseden Brand Image dan Kualitas Produk. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan ketentuan pelanggan berusia 17 tahun dan sudah menggunakan e-wallet GOPAY sebanyak dua kali. Jumlah responden yang digunakan sebanyak 100 orang responden. Analisis regresi berganda digunakan sebagai alat uji hipotesis dengan dibantu program statistika SPSS versi 16. Hipotesis yang diteliti yaitu Brand Image dan kualitas produk dengan hasil Brand image berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan pelanggan dan kualitas produk berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap pelanggan e-wallet GOPAY sebesar 74,2% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti sebesar 25, 8%. Dari kedua variabel ini yang paling dominan adalah kualitas produk dengan nilai KMO sebesar 0,830 ,nilai cronbach alpha 0,937 dan nilai koefisien beta 0, 631. Hal ini menandai pelanggan e-wallet GOPAY lebih mementingkan kualitas produk. Karena jika brand image yang baik tidak disertai kualitas produk yang bagus, maka pelanggan tidak akan tertarik untuk membeli, menggunakan jasa atau produk tersebut.

Kata Kunci: brand image; kualitas produk; kepuasan pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Setiadi, N. J., & Konsumen, P. (2003). Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, edisi pertama. Jakarta: Kencana.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi Ke-12 Jilid Pertama. Jakarta (ID): Indeks.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie L. (2014). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Simamora, Bilson & Johanes Lim. 2002. Aura Merek : 7 Langkah Membangun Merek yang Kuat. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Philip, K., & Gary, A. (2013). Marketing Principles, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran, edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran jilid 1 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Bitner, M. J. dan Zeithaml, V. A., 2003, Service Marketing (3rd ed.), Tata McGrawHill, New Delhi.

Mas’Ud, F. (2004). Survai diagnosis organisasional konsep dan aplikasi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Riva’i, A. R. (2010). Upaya Membangun Strategic Marketing Outcomes Berbasis Pada Relationship Marketing Dan Power. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 3(3).

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Zara Di Mall Pvj Bandung). eProceedings of Management, 3(2).

Thakur, S., & Singh, A. P. (2012). Brand image, customer satisfaction and loyalty intention: a study in the context of cosmetic product among the people of Central India. EXCEL International Journal of Multidisciplinary Management Studies, 2(5), 37-50.

Rusmahafi, F. A., & Wulandari, R. (2020). The effect of brand image, service quality, and customer value on customer satisfaction. International Review of Management and Marketing, 10(4), 68

Zakaria, D. G., & Suwitho, S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(4).

Melyani, M. (2016). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PT. DISTRIVERSA BUANA Studi Kasus pada pemakai Balsem cap Macan di Jakarta. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).

Napitupulu, F. (2019). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan pada pt. ramayana lestari sentosa. KINERJA, 16(1), 1-9.

Prastiwi, E. S., & Rivai, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 244-256.

Rimawan, E., Mustofa, A., & Mulyanto, A. D. (2017). The influence of product quality, service quality and trust on customer satisfaction and its impact on customer loyalty (Case Study PT ABC Tbk). International Journal of Scientific & Engineering Research, 8(7), 2330-2336.

Yulianto, A. D. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics