Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Klinik Kecantikan Natasha Skin Care di Semarang

Intan Pratiwi, Euis Soliha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada klinik kecantikan Natasha Skin Care di Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang sudah pernah menggunakan produk klinik kecantikan Natasha Skin Care dan berusia minimal 17 tahun. Sampel yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Varibael terikat dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga. Penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji regresi linier berganda, uji model penelitian, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, citra merek tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kepuasan Pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Adil, M. (2012). The influence of brand image on sales. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(4), 3552–3556.

Amin, A. M., & Johansen, J. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Kopi Kapal Api Di Kota Pekanbaru. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 3(1), 89–107.

Anwari, I. R. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Produk Kangen Water (Studi pada CV Kangen Tirta Jaya Abadi di Bandar Lampung).

Budiastari, S. (2018). Pengaruh kualitas Produk, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap, Merek dan Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pakai, Siap Di, Holcim. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 87–106. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jdmb/article/view/3926

Dennisa, E. A., Santoso, S. B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2014). Manajemen pemasaran. Bpfe: Yogyakarta.

Gulla, R., Oroh, S. G., & Roring, F. (2015). Analysis of Price, Promotion, and Service Quality To Consumer Satisfaction on Manado Grace Inn Hotel. Jurnal EMBA, 3(1), 1313–1322.

Hidayat, A. (2019). ANALISIS PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Kasus Pada Member PT.Melia Sehat Sejahtera di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ). 1, 105–112.

Istijanto, M. M. (2005). Aplikasi praktis riset pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Laksono, C. D., & Soliha, E. (2022). Kepuasan Pelanggan: Peran Nilai Pelanggan, Citra Merek dan Kualitas Produk. Jurnal Mirai Management, 7(2), 277–285.

Lasander, C. (2013). Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 284–293.

Liwe, F. (2013). Kesadaran Merek, Keragaman Produk, Dan Kualitas Produk Pengaruhnya Terhadap Pengambilan Keputusan Konsumen Membeli Di Kentucky Fried Chicken Manado. Jurnal EMBA, 1(4), 5–24.

Nugroho, F. M., & Tjahjaningsih, E. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Kualitas Layanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Serta Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pengguna Shopeefood). YUME : Journal of Management, 5(1), 147–155. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.455

Pratomo, Y. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Harga Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Bear Pomade (Survei Pada Konsumen Bear Pomade). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saputri, I. A., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Niat Beli Ulang. 4(3), 18–26. https://doi.org/10.37531/sejaman.vxix.357

Sari, P. C. A., & Wijayanti, B. (2022). Determinasi Kualitas Pelayanan, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan BUMDES Vandofi. Jurnal Manajemen Agribisnis Dan Agroindustri, 2(1), 1–7.

Setiyani, U., & Maskur, A. (2022). PENGARUH PRESEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN, ATMOSPHERE CAFE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 702–709.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Utomo, P., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Kualitas Layanan dan Store Atmpsphere terhadap Kepuasan (Studi Pada Pelanggan Antariksa Coffeeshop Semarang). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 17(1), 40–60.

WS, F. X. S., & Soliha, E. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan, dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Apotik” Dela” di Semarang. Proceeding Fakultas Ekonomi, Universitas Stikubank.

Yohana, G. P., & Andjarwati, A. L. (2016). Pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (studi pada pelanggan medin beauty). Sumber, 3, 2–958.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics