Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada The Real Drink Nyet Nyet Pasca Covid-19

Muhammad Afdhal Dwi Astito, Nuslih Jamiat

Abstract


Fenomena UMKM mempunyai peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional salah satunya di Indonesia. Tahun 2020 merupakan tahun yang tidak mendukung bagi semua pelaku usaha hingga perekonomian dunia. Pelaku usaha harus menyusun strategi khususnya di bagian promosi agar mereka dapat mempertahankan usahanya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui serta menganalisis apakah The Real Drink Nyet Nyet sudah melakukan promosi dengan baik dan benar sehingga bisa menarik perhatian konsumen serta apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara promosi dengan keputusan pembelian secara parsial berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi R Square diperoleh 0,612 atau 61,2%.

Kata Kunci: Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Afif, M., & Aswati, N. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Perawatan Wajah MS Glow. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Inovasi Bisnis, Vol. 4, No. 2, 147-167.

Agustin, K., & Komalasari, E. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) Di Rattan Handmade Pekanbaru. Jurnal Valuta, Vol. 6, No. 2, 97-106.

Aisya, S., Eliza, S., & Zainuddin, M. A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Nimshop Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 2, No. 1, 57-74.

Amin, M. S. (2021). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Bisnis Jasa Bimbingan Belajar Privat Expert Course Bandung 2020). Universitas Telkom.

Assauri. (2017). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi, edisi ke limabelas. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal, Vol. 4, No. 2, 200-218.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Habe, H., & Wulandari, F. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Bahan Bangunan Pada UD. Sumatra Baja Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Mandiri Saburai, Vol. 02, No. 01, 1-10.

Harahap, R. A. (2020). Pengaruh Promosi PenjualanTerhadap Keputusan Pembelian Produk Indihome (Studi Kasus Telkom Cijawura Tahun 2020). Universitas Telkom.

Insani, F., Barus, B., & Lubis, D. P. (2021). Zona Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pengolah Makanan di Kota Bekasi. Jurnal Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan, 61-76.

Iqbal, M., & Kadir, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, Vol. 5, No. 2, 227-237.

Katrin, I. L., Setyorini, H. D., & Masharyono. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Javana Bistro Bandung. The Journal Gastronomoy Tourism, Vol. 3, No. 2, 75-83.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. United States of America: Pearson Education Limited.

Santosa, T., & Budi, Y. R. (2020). Analisa Perkembangan UMKM Di Indonesia Pada Tahun 2017 - 2019. Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 1, No. 2, 57-64.

Sumarwan, U. (2018). Riset Pemasaran dan Konsumen, Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor: IPB Press.

Tabelessy, W. (2021). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen, Vol. 9, No. 2.

Yanto, A. F. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Kartu Seluler Indosat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 13, No.1, 30-38.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics