Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ms. Glow Beauty (Studi Pada Konsumen Ms. Glow Beauty Di Kota Semarang)

Ilyas Gunantha, Ali Maskur

Abstract


Abstrak
Penelitian ini di maksudkan untuk menganalisis bagaimana dampak variabel bebas (kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga) terhadap variabel terikat (keputusan pembelian) pada produk MS. Glow Beauty di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini sebesar 100 responden, sedangkan populasi dalam penelitian ini merupakan konsumen yang membeli produk MS. Glow Beauty di Kota Semarang yang memenuhi kriteria, yaitu berjenis kelamin perempuan atau laki-laki, berusia minimal 17 tahun, membeli produk MS. Glow Beauty, dan berdomisili di wilayah Kota Semarang. Kuesioner dibuat dengan menggunakan metode purposive sampling, dan media google form digunakan sebagai metode pengumpulan data. Uji instrumen penelitian, uji model, dan uji regresi linear berganda merupakan metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Menurut temuan penelitian ini yaitu kualitas produk, citra merek, dan persepsi harga semuanya secara signifikan dan positif mempengaruhi keputusan pembelian.
Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Adaming, S. (2019). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Ponsel Iphone (Studi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar) (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Anwar, M., & Andrean, D. (2021, January). The Effect Of Perceived Quality, Brand Image, And Price Perception On Purchase Decision. In 4th International Conference On Sustainable Innovation 2020-Accounting And Management (ICoSIAMS 2020) (pp. 78-82). Atlantis Press.

Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, Dan Strategi. 2th Edition. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Pemasara. Jakarta: Penerbit PT. Rajagrafindo Persada.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 9th Edition. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ilham, A. I., Hartono, S., & Hadiman. U.T. (2020). The Influence Of Product Quality, Price And Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case Hansaplast Koyo in Tanggerang). International Journal Of Business Marketing and Management (IJBMM). 5(2). 2456-4559.

Iskandar, S., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Adam, M. (2020). Price Perception and Product Quality On Gas Purchasing Decisions in PT. Pertamina EP Asset 2. International Journal Of Business. Economics and Management, 3(1). 134-139.

Kanuk, Schiffman. (2015). Faktor-Faktor Pembentuk Citra Merek. Jakarta: Penertbit PT. Indeks.

Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. 12th Edition Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. & Armstrong, G. (2016). Principles Of Marketing. 11th Edition. Prentice Halllnternational inc. New Jersey: Person.

Kotler, Philip. & Keller. K.L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi Bahasa Indonesia. 13th Edition Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. & Kevin, K.L. (2016). Manajemen Pemasaran. 12th Edition: PT. Macanan Jaya Cemerlang.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilmam: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Mendur, M. E., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1077-1086.

Nadiya, F. H., & Wahyuningsih, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion 3second Di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second Di Kota Semarang). In Prosiding Seminar Nasional Unimus. (Vol. 3).

Nugraha, M. D. (2016). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Persepsian Terhadap Keputusan Pembelian Produk Eiger Di Kota Yogyakarta.

Nur Hayati, M. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Di Puspa Indah Cosmetic Magelang (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2).

Nurul, F., & Euis, S. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Montor Matic “Honda”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 10(1).

Purnama, P. J., & Sutopo, S. (2011). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Murah Di Sukoharjo) (Doctoral Dissertation, Universitas Diponegoro).

Satriawan, M. R., & Nurbaya, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Geprek Pada Preksu Malang. Jurnal Aplikasi Bisnis. 6(1), 141-144.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1th Edition. Bandung: Penerbit C.V. Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 1th Edition. Bandung: Penerbit C.V. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 2th Edition. Bandung: Penerbit C.V. Alfabeta.

Tjiptono, Fandi. (2008). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, Dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, Fandi. (2012). Pemasaran Strategik. 3th Editio. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tjiptono, Fandi. (2015). Strategi Pemasaran: Prinsip Dan Penerapan. 4th Edition. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Ummat, R., & Hayuningtias, K. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Ambassador dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Nature Republic. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2279-2291.

Waluyo, A. I., Iqbal, M.A., & Indradewa, R. (2019). How Product Quality, Brand Image, and Customer Satisfaction Affect The Purchase Decisions Of Indonesia Automotive Customers. International Journal Of Services, Economics and Management, 10(2), 177-193.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1). 11-18.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.3291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics