Influence of Determinant Factors on the Adoption of the Shopee Paylater Payment System Against the Promotion of Company Brand Image
Abstract
This study seeks to examine the impact of the Shopee paylater payment system's adoption on the company's brand image. Quantitative methods were used for this study. This study's data collection methods involved the distribution of questionnaires and measurement using a Likert scale. This research was undertaken with active Shopee paylater users or those who have utilized this transaction service. SEM-PLS was then utilized to examine the survey results. This study was conducted with 127 samples in the city of Bandung. The results indicated that trust, perceived utility, and comparative advantage are the factors that affect Shopee paylater usage. Thus, according to the findings of this study, the perceived ease of use has no significant effect on the desire to utilize Shopee paylater.
Keywords: Financial Adoption, Shopee, Shopee paylater, Technology Finance, Trust. Relative Advantage, Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, and Brand Image.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh determinan faktor dari adopsi sistem pembayaran Shopee paylater terhadap peningkatan brand image perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan diukur dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan pada pengguna aktif atau pun yang pernah menggunakan Shopee paylater sebagai alat transaksi. Hasil Kuesioner kemudian dianalisis dengan menggunakan Teknik Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Penelitian ini dilakukan di kota Bandung dengan sampel 127. Hasil penelitian menunjukan bahwa factor yang dapat mempengaruhi seseorang dalam menggunakan Shopee paylater adalah trust, perceived usefulness, dan relative advantage. Dengan begitu, berdasarkan hasil penelitian ini perceived ease of use atau kemudahan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat untuk menggunakan Shopee paylater.
Kata Kunci: Finansial Teknologi, Adopsi Finansial, Shopee, Shopee Paylater, Trust, Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Relative Advantage, Brand Image
Full Text:
Download PDFReferences
Annur, C. M. (2022). Aplikasi Belanja Online Paling Banyak Digunakan, Ini Dia Juaranya. databoks.
Ashghar, S. A., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust dan s-Satisfaction. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial.
Bayu, D. J. (2021). Konsumen Paling Banyak Pakai Paylater di Shopee. databoks.
Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Trust, Dan Security Terhadap Minat Penggunaan Gopay Pada Generasi X Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan.
Miati, I. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). Jurnal Abiwara.
Musthofa, M. Z., & Lindiawati. (2018). Pengaruh Kegunaan, Kesesuaian, Keuntungan Relatif, Motivasi Hedonic, dan Risiko Yang Dirasakan Terhadap Penggunaan Mobile Banking Bank Mandiri Surabaya Dimediasi Niat Perilaku Nasabah. Journal of Business and Banking.
Purnamasari, R. A., Sasana, H., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Perceived Risk, Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Paylater. Jurnal Manajemen.
Saraswati, I. A., & Rahyuda, I. (2021). Pengaruh Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Repurchase Intention. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung: Alfabeta.
Sunardi, R., Hamidah, Buchdadi, A. D., & Purwana, D. (2021). Factors Determining Adoption of Fintech Peer-to-Peer Lending Platform: An Empirical Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business .
Suprapto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Brand Image Trust, Security, Perceived usefulness, Perceived Ease of Use terhadap adoption Intention Fintech di kota Batam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah.
Utami, M. K. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kegunaan, Keamanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment Linkaja Dengan Kemudahan Sebagai Variable Mediasi (Studi pada Mahasiwa di Yogyakarta). Jurnal Ilmiah Manajemen.
Yoshio, A. (2022). Mayoritas Masyarakat Indonesia Pernah Belanja Online. databoks.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.3321
Refbacks
- There are currently no refbacks.