Peran Daya Saing Perusahaan dalam Memediasi Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Bisnis

Muhammad Hidayat

Abstract


Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana peran daya saing perusahaan dalam memediasi orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan pada kinerja bisnis perusahaan, sampel penelitian ini melibatkan sebanyak 97 responden yang merupakan pelaku usaha kecil dan menegah di Kota Makassar,data primer penelitian ini adalah hasil kuisioner yang disebarkan kepada para responden, Analisa data dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian ini mengindikasikan Orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penciptaan daya saing perusahaan, orientasi marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis namun orientasi kewirausahaan tidak berpengaruh signifikan terhadaip kinerja bisnis, hasil penelitian ini juga mengindikasikan jika daya saing perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis. Hasil Analisis pengaruh tidak langsung mengindikasikan orientasi pasar pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis melalui daya saing perusahaan sebagai variable intervening
Kata Kunci : Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Keunggulan Daya Saing, Kinerja Bisnis

Full Text:

Download PDF

References


Abbas, D. (2018). Pengaruh modal usaha, orientasi pasar, dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja ukm kota makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(1), 95-112.

Alavi, M., Visentin, D. C., Thapa, D. K., Hunt, G. E., Watson, R., & Cleary, M. L. (2020). Chi-square for model fit in confirmatory factor analysis.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi.Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bayraktar, E. et al. (2012). Measuring the Efficiency of Customer Satisfaction and Loyalty for Mobile Phone Brands with DEA. Expert Systems With Applications, 39(1), 99-106.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, danmixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Dewi, S. T. (2006). Analisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing untuk meningkatkan kinerja pemasaran (studi pada Industri Batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan) (Doctoral dissertation, program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Djodjobo, C. V., & Tawas, H. N. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan, inovasi produk, dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha nasi kuning di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Fatmawati, R. A., Pradhanawati, A., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Kucingan/Angkringan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(3), 351-362.

Febriatmoko, B., Hardiyanti, W., & Wulandari, S. (2019). Meningkatkan Kinerja Bisnis Lumpia Semarang Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 26(1).

Feranita, N. V., & Setiawan, H. A. (2019). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Dampak Orientasi Pasar Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 18(1), 54-70.

Frishammar, J. and Horte, S. Å. (2007). ”The Role of Market Orientation and Entrepreneurial Orientation for New Product Development Performance in Manufacturing Firms”.Technology Analysis & Strategic Management, 22(3): 251-266.

Helia, R., Farida, N., & Prabawani, B. (2015). Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(4), 281-290.

Hidayat, M., LATIEF, F., WIDIAWATI, A., ASBARA, N. W., & ZAENI, N. (2021). Factors Supporting Business and its Distrubution to Business Resilience In New Normal Era. Journal of Distribution Science, 19(11), 5-15.

Lestari, I., Astuti, M., & Ridwan, H. (2019). Pengaruh inovasi dan orientasi kewirausahaan terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 111-118.

Merakati, I., Rusdarti, R., & Wahyono, W. (2017). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Orientansi Kewirausahaan melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran. Journal of Economic Education, 6(2), 114-123.

Narver, Jhon C; dam Slater, F Stanley.(2000). The Positive Effect of A MarketOrientation on Business Profitability; A Balance Replication. Journal ofBusiness Research: 69-73.

Nuvriasari, A., Wicaksono, G., & Sumiyarsih, S. (2015). peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan dan strategi bersaing terhadap peningkatan kinerja UKM. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 19(2), 241-259.

Prakoso, B. (2005). Pengaruh orientasi pasar, inovasi dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing (Studi empiris pada industri manufaktur di Semarang). Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi (JSMO), 2(Nomor 1), 35-57.

RS, I. A., & Nugroho, R. L. (2014). Pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan kecil. Jurnal Manajemen Indonesia, 14(1), 37-46.

Serna, M. del C. M., Guzman, G. M., & Casto, S. Y. P. (2013). The Relationship between Market Orientation and Innovation in Mexican Manufacturing SME ’ s. Advances in Management & Applied Economic, 3(5), 125–137.

Setiawan, H. (2012). Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Teknologi dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Songket Skala Kecil di Kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2).

Setiawan, H. (2013). Pengaruh Orientasi Pasar, Budaya Organisasi dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha (Studi pada Usaha Kecil Pengolahan di Kota Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 11(3), 181-194.

Setyawati, S. M., & Rosiana, M. (2015). Inovasi dan Keunggulan Kompetitif Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Empiris Pada Usaha Kecil dan Menengah di Purwokerto). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).

Sinarasri, Andwiani. (2013). “Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Strategi Bisnis dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Pedagang Kaki Lima Bidang Kuliner di Semarang)”. Prosiding Seminar Nasional 2013 menuju Masyarakat Madani dan Lestari (2013): 44.

Song, Michal and Parry, Mark E. (2007). “A Croos National Comparative Study of New Product Development Process : Japan and The US”, Journal of Marketing.

Suci, R. P. (2009). Peningkatan kinerja melalui orientasi kewirausahaan, kemampuan manajemen, dan strategi bisnis (Studi pada Industri Kecil Menengah Bordir di Jawa Timur). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 11(1), pp-46.

Sugiyarti, G. (2015). Membangun Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pembelajaran, Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk (Studi Empiris Pada Industry Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang). Serat Acitya, 4(2), 110.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Eman. (2011) Praktik Bisnis Berbasis Entrepreneurship. Bandung: Alfabeta.

Syukron, M. Z., & Ngatno, N. (2016). Pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap inovasi produk dan keunggulan bersaing UMKM Jenang di Kabupaten Kudus. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 5(4), 209-222.

Umar, Husein. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Umar, Z. A. (2015). Peran Kemampuan Manajemen dan Orientasi Pasar Sebagai Mediasi Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Bisnis (Studi Pada Perusahaan Industri Kecil Pangan di Provinsi Gorontalo). Disertasi Doktor (DP2M), 2(998).

Wardoyo, P., Rusdianti, E., & Purwantini, S. (2015). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Strategi Usaha Dan Kinerja Bisnis Umkm Di Desa Ujung-Ujung, Kec. Pabelan, Kab Semarang. Sustainable Competitive Advantage (SCA), 5(1).

Wirawan, Y. R. (2017). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kabupaten Jombang. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 56-69.

Yuliana, R., & Filatrovi, E. W. (2019). Peningkatan Kinerja Bisnis UMKM Batik Semarang Dengan Menciptakan Keunggulan Bersaing. Tirtayasa Ekonomika, 14(1), 90-106.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.3375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics