Membangun Kinerja Pemasaran UMKM Virgin Coconut Oil (VCO) Melalui Orientasi Halal
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah merupakan potensi bisnis yang sangat digalakan oleh pemerintah karena semakin banyak masyarakat berwirausaha maka semakin baik dan kukuhnya perekonomian suatu daerah karena sumber daya lokal, pekerja lokal, dan pembiayaan lokal dapat terserap dan bermanfaat secara optimal, secara ekonomi pelaku UMKM memainkan peranan penting dalam pembangunan ekonomi suatu bangsa dalam arti memberikan kontribusi bagi pencipataan lapangan kerja dan produk domestic bruto (PDB). Metode yang dipilih oleh peneliti dalam melakukan penelitian ini untuk mendapatkan dataditempat penelitian adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. peneliti memilih metode deskriptif dengan tujuan untuk mengetahui secara langsung dan mengungkapgejala- gejala atau fenomena-fenomena maupun peristiwa yang sesungguhnya dengan mendokumentasikan dan didukung oleh fakta-fakta alamiah yang ada di lapangan. Bina Manusia, upaya bina manusia untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan terampil namun hal ini belum di jalankan dengan optimal oleh Dinas UMKM dimana masih kurangnya pelatihan yang diberikan kepada pelaku usaha. Bina Usaha yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Minahasa Selatan sudah cukup baik dari sisi mengelolah produk VCO namun dari sisi sarana prasarana belum optimal dimana alat produksi yang dimiliki pelaku usaha masih sangat sederhana dan belum adannya bantuan dari pemerintah.
Kata Kunci: UMKM, VCO
Full Text:
Download PDFReferences
Anonim. (2014). Philippine Coconut Authority – Plant And Tissue Analysis Laboratory.
Jahan-Parwar, B., Blackwell, K., 2011. Lips And Perioral Region Anatomy. Medscape.
Fauziyyah Djayadiningrat, A., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Imk Sektor Industri Makanan Kota Denpasar I Putu Gde Sukaatmadja (2) Ni Nyoman Kerti Yasa (3) (1)(2)(3). 6(9), 4978–5004. Www.Bps.Go.Id
Mubarok, M. H. (2014). Strategi Pertumbuhan Berkelanjutan Indofood Di Pasar Kompetitif. Bisnis : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 2(2), 99. Https://Doi.Org/10.21043/Bisnis.V2i2.5270
Pasuruan, D. I. K. (2021). Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Kinerja Umkm Melalui Faktor Internal ( Studi Kasus Pada Umkm Bordir Di Kabupaten Pasuruan ).
Kao,Raymond Russel M. Knight. 1987. Enterpreneurship And New Venture Management. Prentice-Hall Canada.Scarborough, Ontario.
Kuratko & Hoodgets. 2007. Dalam Heru Kristanto. 2009. Kewirausahaan (entrepreneurship) Pendekatan Manajemen dan praktik. Yogyakarta:Graha Ilmu.
Alamsyah, N.A. 2005. Pengenalan Virgin Coconut Oil. Jakarta. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 100 hal.
Rindengan, B. dan Novarianto Hengky. 2004. Minyak Kelapa Murni: Pembuatan dan Pemanfatannya. Seri Agritekno. Penebar Swadaya. Jakarta. Hal. 6, 9, 64- 65.
Alma, B. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.
Anonim. 2014. Undang – Undang No.33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.
Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi. Rajawali Pers. Jakarta.
Badan Standarisasi Nasional (BSN). 2008. Standar Mutu Minyak Kelapa Murni. SNI 7381:2008. Jakarta.
Basu, S. Dan Irawan, H. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi Ke-2. Liberty Offset. Yogyakarta.
BPJPH Kementri Agama RI. 2019. Sertifikasi Halal. http://www.halal.go.id/layanan/sertifikasi. (diakses tanggal 23 Juli 2020).
BSN. 2020.Perumusan SNI. https://www.bsn. go.id/main/bsn/isi_bsn/20169/peru-musan–sni. Diakses tanggal 26 Juli 2020.
Irwan, G. 2020. 10 Jenis dan Filosofi Desain Logo Brand. https://www.glngirwn.com/blog/jenis-filosofi-logo/. Diakses pada tanggal 18 September 2020.
Karouw S. 2020. Manfaat Kesehatan Virgin Coconut Oil dan Minyak Kelapa. Disampaikan pada Webiner: “Manfaat Kesehatan VCO dan Minyak Kelapa di Masa Pandemic Covid-19”. 14 Mei 2020.
Setiaji, B. Dan S. Prayugo. 2006. Membuat VCO berkualitas Tinggi. Penebar Swadaya. Jakarta.
Soekardi, Y. 2012. Pemanfaatan dan Pengolahan Kelapa Menjadi Berbagai Bahan Makanan dan Obat Berbagai Penyakit. Yrama Widya. Bandung.
Sujarwati, S. Fatonah, B.L. Fibriarti, S. Devi Sy, O. Hasanah, Arini. 2020. Bertuahnya VCO: Produk Sederhana, Kaya Manfaat. Penerbit Taman Karya. Pekanbaru.
Tjiptono, F. 2010. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Andi Offset. Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3484
Refbacks
- There are currently no refbacks.