Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Indonesia

Taufan Umbara, Nyoman Laksmi Putri Wulandari

Abstract


Perkembangan internet saat ini mengubah kebiasaan seseorang dalam melakukan kegiatan, khususnya dalam melakukan pembelian secara online. Banyak faktor perilaku konsumen yang menjadi patokan sebelum melakukan keputusan pembelian online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor manakah yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian online pada aplikasi Shopee di Indonesia.
Keputusan pembelian merupakan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen dalam melakukan pembelian. Perilaku konsumen adalah bagaimana konsumen baik itu pribadi atau organisasi dengan beberapa pengaruh lingkungan untuk memilih produk atau jasa yang akan dipilih. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini sebagai variabel independen adalah faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis. Variabel dependen adalah keputusan pembelian.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan purposive sampling. Menggunakan 120 sampel dan menggunakan rumus Slovin dalam perhitungan sampel.

Keywords: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Astasari, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Online Pada Mahasiswa UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Briyan Cahyo Adyanto, S. B. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, Harga dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Diponegoro Journal of Management , 1-20.

Budiharseno, R. S. (2017). Factors Affecting Online Buying Behavior on G-Market Site among International Students in Busan . Journal of Business Management and Accounting , 1-5.

Eko Yuliawan, H. S. (2018 ). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan , 34-49.

Fatema Kawaf, D. I. (2019). Online Shop Shopping Paradox: The Role of Customer Reviews and Facebook Marketing . Jurnal of Retailing and Cunsomer Service , 144-153.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, N. F. (2011). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV YRAMA WIDYA.

Herlina, A. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Online Shop Lazada di Yogyakata. Equilibrium Jurnal Bisnis & Akuntansi, 92.

Irianto, D. F. (2019). Analisa Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Jajanan Pasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kecammatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang . Journal of Food System and Agribusiness, 19 .

Istikomah, M. I. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Di Kota SUrakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya , 98.

J. Paul Peter, J. C. (2009). Consumer Behavior . McGraw-Hill.

Jatmiko, L. D. (2020, November 10). TEKNOLOGI. Diambil kembali dari APJII : 196,7 Juta Warga Indonesia Sudah Melek Internet : https://teknologi.bisnis.com/read/20201110/101/1315765/apjii-1967-juta-warga-indonesia-sudah-melek-internet

Jayabuana, N. N. (2018, Februari 18). Shopee Perkuat Basis Konsumen Milenial. https://teknologi.bisnis.com/read/20180208/105/736127/shopee-perkuat-basis-konsumen-milenial#:~:text=CEO%20Shopee%20Chris%20Feng%20menyatakan,7%2F2%2F2018

Juliandi, A. (2013). Metode Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi . UMSU Press.

Kana, Y. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Belanja Online Mahasiswa Yang Berdomisili Di Kabupaten Sleman. Jurnal Manajemen dan Bisnis MEDIA EKONOMI, Vol XIX, 247.

Kemp, S. (2020, Februari 18). Digital 2020 Indonesia. Diambil kembali dari Datareportal : https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kotler, A. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran . Jakarta: Erlangga.

Lasono, I. N. (2021, Oktober 8). KOMPAS.com. Diambil kembali dari Persaingan E-commerce Ketat, Shopee Unggul Dalam Jumlah Kunjungan Pelanggan: https://money.kompas.com/read/2021/10/08/145757126/persaingan-e-commerce-ketat-shopee-unggul-dalam-jumlah-kunjungan-pelanggan?page=all

Lidwani, A. (2021, Juni 4). Penggunaan E-commerce Indonesia Tertinggi di Dunia.: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia

M.Vidya, P. (2019). Consumer Behaviour Towards Online Shopping an Analysis with Product Dimensions. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 511-514.

Mubarok, W. R. (2017). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Mediasi Sikap, Dan Persepsi Risiko Pada Pembelian Online Shopee. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Nahampun, T. J. (2020). Pengaruh Payment System dan Jasa Pengiriman Aplikasi Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen di Medan Selayang. Medan: Unuversitas Sumatera Utara.

Nur Indriantoro, M. P. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Pebrianto, F. (2019, Desember 18). bisnis.tempo.co. Diambil kembali dari tempo.co: https://bisnis.tempo.co/read/1285231/survei-pdat-tempo-perempuan-pilih-shopee-pria-pilih-tokopedia/full&view=ok

Pebrianto, F. (2019, Desemver 18). Survei PDAT Tempo: Perempuan Pilih Shopee, Pria Pilih Tokopedia. Diambil kembali dari bisnis.tempo.co: https://bisnis.tempo.co/read/1285231/survei-pdat-tempo-perempuan-pilih-shopee-pria-pilih-tokopedia/full&view=ok

Philip Kotler, K. L. (2009). Marketing Management . Pearson Prentice Hall.

Primadasa, Y. G. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. Bekasi: Universitas Pelita Bangsa.

Prof. Dr. Winardi, S. (1991). Marketing dan Perilaku Konsumen. Bandung: Mandar Maju.

Rambe, D. S. (2014). Anlasisi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pembelian Online . Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Sahar Karimi, C. P. (2018). The Impact of Cunsumer Archetypes on Online Purchase Decision-Making Processes and Outcomes : A Behavioural Process Perspective. Journal of Business Research, 71-82.

Septianingsih, A. (2020). Analisis Perilaku Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Setiawan, I. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap bKeputusan Pembelian Vape Merek Smoke di Wisma Vape Store. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Shopee Karir. (t.thn.). Diambil kembali dari Tentang Shopee: https://careers.shopee.co.id/about/

Sinaga, J. A. (2020). Studi Tentang Persepse Konsumen Terhadap Pembelian Online Saat Pandemi Covid-19. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta Pusat : Lentera Ilmu Cendikia.

Sufarhin, P. (2018). Analisis Faktor Yang Mendorong Belanja Online Pada Mahasiswa Di Kota Medan . Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sumaryanto, N. A. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Belanja Online di Pasar Tradisional Kota Semarang. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 21.

Suryawardana, V. B. (2018). Perilaku Konsumen Dalam menggunakan Jasa Transportasi Ojek Online Di Semarang. Majalah Ilmiah Solusi, 59.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan Pada e-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta : Andi.

Vinna Sri Yuniarti, S. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wikipedia. (2021, September Senin ). https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee. Diambil kembali dari Wikipedia Ensiklopedia Bebas : https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee

Winardi, J. (1991). Marketing dan Perilaku Konsumen . Bandung: Mandar Maju.

Zahid Ahmed, L. S. (2017). A Study on The Factors Affecting Consumer Buying Behavior Towards Online Shopping in Pakistan. Journal of Asian Business Strategy, 44-56.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3618

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics