Pengaruh Kebutuhan Sosial dan Kebutuhan Penghargaan Terhadap Kinerja Pegawai

Dini Anggraini, Muammar Khadapi, Saharuddin Saharuddin

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kebutuhan sosial dan kebutuhan penghargaan secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan PT. Bumi Mineral Sulawesi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap PT. Bumi Mineral Sulawesi yang berjumlah 525 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin berjumlah 84 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kebutuhan penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Bumi Mineral Sulawesi. Sedangkan secara parsial kebutuhan sosial tidak memengaruhi kinerja karyawan pada PT. Bumi Mineral Sulawesi. Secara simultan pengetahuan dan keterampilan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Bumi Mineral Sulawesi, dengan besar pengaruh 25,4 sedangkan dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Kata Kunci: kebutuhan sosial; kebutuhan penghargaan; kinerja pegawai.
Abstract
This research aims to analyze the influence of social needs and esteem needs partially and simultaneously on the performance of employees of PT. Sulawesi Mineral Earth. The type of research used is quantitative research. The population of this research is all permanent employees of PT. Bumi Mineral Sulawesi, totaling 525 people. The sampling technique using the Slovin formula was 84 respondents. The data analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that partially the need for appreciation has a positive and significant effect on employee performance at PT. Sulawesi Mineral Earth. While partially social needs do not affect the performance of employees at PT. Sulawesi Mineral Earth. Simultaneously knowledge and skills have a positive and significant influence on the performance of employees of PT. Bumi Mineral Sulawesi, with a large influence of 25.4 while it is influenced by other variables outside of this study.

Keywords: social needs; appreciation needs; employee performance.

Full Text:

Download PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktek. (Jakarta: Rineka Cipta. Dalam Olahraga.

Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103–114. http://dx.doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2333

Fajar, H., Yuniarsih, T., & Ahman, E. (2018). Pengaruh pemberian penghargaan dan hukuman terhadap motivasi kerja serta implikasinya pada kinerja karyawan PT Difa Kreasi Di Cikarang–Bekasi. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 9(1), 34–44. https://doi.org/10.17509/jimb.v9i1.12979

Handoko, T. H. (2002). Manajemen personalia dan sumber daya manusia. BFEE UGM.

Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Kurniawan, I. A., Murdiati, S., & Subroto, S. (2019). Pengaruh kebutuhan aktualisasi diri, penghargaan dan komitmen kerja terhadap kinerja karyawan di SMK 1 Kedungwuni Kab. Pekalongan. Permana: Jurnal Perpajakan, Manajemen, Dan Akuntansi, 11(2), 158–172. https://pdfs.semanticscholar.org/a158/604009ae354ab8c01a5b0848b3cb3cc7724e.pdf

Nurwisda, D., & Rosyadi, N. (2018). Pengaruh kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan dan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja pegawai Puskesmas Petarukan Kab. Pemalang. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(10), 30–46. https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/469/697

Perkasa, D. H., & Affini, D. N. (2020). Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan bagian pemasaran perusahaan otomotif di Jakarta. https://www.researchgate.net/profile/Dinar-Nur-Affini-2/publication/361582862_Pengaruh_Motivasi_Terhadap_Kinerja_Karyawan_Bagian_Pemasaran_Perusahaan_Otomotif_di_Jakarta/links/62bab76493242c74cad376e1/Pengaruh-Motivasi-Terhadap-Kinerja-Karyawan-Bagian-Pemasaran-Perusahaan-Otomotif-di-Jakarta.pdf

Santika, I. P., Mustika, I. K., Iswari, I. P., & Budiasa, I. K. (2023). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan dengan motivasi sebagai pemediasi di PT Bank Mandiri KCP Kerobokan. Relasi: Jurnal Ekonomi, 19(1), 146–157. https://doi.org/10.31967/relasi.v19i1.668

Serlin Serang, A. (2018). Pengaruh pengetahuan, sikap kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan pada Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar. Jurnal Ilmu Ekonomi, 1. https://doi.org/10.57178/paradoks.v1i1.177

Simbolon, E. S. (2018). Pengaruh kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan penghargaan dan kebutuhan sosial terhadap kinerja karyawan mitra pada PT Nielsen Company Indonesia Medan. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/11513

Suak, R., Adolfina, A., & Uhing, Y. (2017). Pengaruh reward dan punishment terhadap kinerja karyawan Sutanraja Hotel Amurang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2). https://doi.org/10.35794/emba.5.2.2017.16062

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung, 225.

Tompubalon, J. S. (2020). Pengaruh kebutuhan sosial dan kebutuhan penghargaan terhadap kepuasan kerja serta implementasinya terhadap kinerja karyawan PT. Tuv Nord Indonesia. Universitas Mercu Buana Jakarta. https://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50105

Wulansari, P. (2017). Pengaruh kebutuhan keselamatan, kebutuhan sosial, dan kebutuhan penghargaan terhadap kinerja pegawai Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Hulu Sungai Tengah. KINDAI, 13(3). https://ejournal.stiepancasetia.ac.id/kindai/article/view/118

Yonanda, C., Susilo, H., & Arik, P. (2016). Pengaruh kebutuhan fisiologis, keamanan, sosial, penghargaan, dan aktualisasi diri terhadap prestasi kerja karyawan (studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang Regional Office). Brawijaya University. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics