Analisa Promosi Free Biaya Kirim, Online Consumer Rating dan Panic Buying Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian

Purwatiningsih Purwatiningsih, Alan Budi Kusuma, Frida Aprillia, Dhuha Safria

Abstract


Abstrak
Pertumbuhan pada era digitalisasi kini semakin meningkat, dengan peningkatan tersebut penjualan secara online pun juga turut meningkat. Tidak menutup kemungkinan bahwa penjualan yang dilakukan secara live menjadi ajang yang sangat mempengaruhi tingkat penjualan pada online shop khususnya di Indonesia. Beragam penawaran dan kemudahan pembelanjaan secara online memberikan dampak persaingan yang sangat ketat antar perusahaan dari beberapa aspek. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa promosi biaya kirim, online consumer rating dan panic buying tiktok terhadap keputusan pembelian. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan analisis menggunakan persamaan structural dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS) 4 . korespondensi pada penelitian ini berjumlan 100 orang dari seluruh lapisan masyarakat yang berdomisili di kepulauan jawa. Dan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa promosi biaya kirim tidak berpengaruh dan tidak signifikan. Dari hasil penelitian ini pula bahwa online consumer rating berpengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan panic buying menunjukan bahwa tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Free Biaya Kirim, Online Consumer Rating, Panic Buying dan Keputusan Pembelian

Abstract
Growth in the era of digitalization is now increasing, with this increase, online sales have also increased. It is possible that sales made live become an event that greatly affects the level of sales in online shops, especially in Indonesia. Various offers and ease of online shopping have an impact on very tight competition between companies from several aspects. Therefore, the purpose of this study is to analyze tiktok's free shipping promotions, ratings and panic buying on purchase interest. The study was conducted quantitatively with Partial Least Square analysis (PLS) 4. Correspondence in this study consisted of 100 people from all walks of life who lived in the Java Islands. And from the results of this study, it shows that the promotion of shipping costs has no effect and is not significant. From the results of this study, online consumer ratings also have an effect and are significant on purchasing decisions. And panic buying shows that it has no effect and is not significant to the buying decision.
Keywords: Free Shipping, Online Consumer Ratings, Panic Buying and Buying Interest

References


Annur, C. M., (2020). TikTok Telah Diunduh Lebih dari 2 Miliar Kali di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/09/21/TikTok-telah-diunduh-lebih-dari-2-miliar-kali-di-dunia, diakses 22 Februari 2021.

Ariyono, K. Y., Irdiana, S., Darmawan, K., & ... (2022). Panic Buying Penyebab Terjadinya Impulse Buying Pada Pembelian Minyak Goreng. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(1), 137–144. https://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/view/2472%0Ahttps://bajangjournal.com/index.php/JIRK/article/download/2472/1722

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip. Semarang, 290.

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Mencegah Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80. https://doi.org/10.36341/cmv.v5i2.1278

Karnowati, N. B., & Handayani, E. (2021). Emotional Branding Terhadap pembelian Sepeda Lipat Di Era Covid-19. FakultasEkonomi Bisnis, Universias Muhammadiyah Purwokerto, 16, 2685–7324. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/1519/1080

Khalikussabir, Jannah, M., & Wahono, B. (2015). Prodi manajemen. 38–51.

Kusumasari, I. R. (2022). PENGARUH FLASH SALE, DISKON, DAN SUBSIDI GRATIS ONGKIR TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING PENGGUNA MARKETPLACE SHOPEE (Studi pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran” JawaTimur). Jurnal Bisnis Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.33005/jbi.v13i2.3446

Mallongi, A., Satrianegara, M. F., Birawida, A. B., Noor, N. B., Annur, W. O. F., & Fatmawati, F. (2020). Study of Covid 19 Occurrence in Relation to Masks and Hand Sanitizers Use. “ Medico Legal Update,” 20(4), 1175–1180.

Marpaung, I. (2022). Pengaruh Iklan , Sistem Cod , Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktokshop ( Studi Kasus Pada Mahasiswa Uin Sumatera Utara ). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi UNSRAT, Vol. 9(3), hlm. 1477-1491.

Rakhmayanti, I. (2020). Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Diakses Dari: Www. Sindonews. Com Website: Https://Tekno. Sindonews. Com/Berita/152369, 2, 207.

Razali, G., Andamisari, D., & Saputra, J. (2022). Pengaruh Promosi Diskon Dan Gratis Ongkir Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Citizen : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(3), 482–491. https://doi.org/10.53866/jimi.v2i3.132

Sanjaya, C., & Candraningrum, D. A. (n.d.). Pengaruh Promosi Gratis Ongkos Kirim Shopee terhadap Minat Beli Konsumen di Toko Non Star Seller. 369–375.

Sarsanto, B. W. (2021). Panic Buying, Bauran Pemasaran, Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(2), 182–196. https://doi.org/10.38043/jmb.v18i2.2884

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Treating Unobserved Heterogeneity in PLS-SEM: A Multi-method Approach BT - Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications (H. Latan & R. Noonan (eds.); pp. 197–217). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_9

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sugiyono, D. (2014). Metode penelitian pendidikan.

Widyastuti, P. (2020). Analisis Keputusan Pembelian: Fenomena Panic Buying Dan Service Convenience (Studi Pada Grocery Store Di Dki Jakarta). Proceeding SENDIU, 583–591.

Wong, K. K.-K. (2013). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) techniques using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.

Yani, A. S., Fauziah, Laura, N., Riana, & Lim, H. (2021). Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Strategi Digital Marketing Produk Sepatu Melalui Bisnis Online untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Omzet Sepatu di Kelurahan Utan Panjang Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat. Jurnal Berdikari, 4(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics