Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Kopi Kenangan The Avenue Merr Surabaya

Arlin Khozinatud Durriyah, Sonja Andarini

Abstract


Setiap perusahaan saat ini dituntut menciptakan kepuasan pada pelanggan karena kepuasan hal yang penting guna perusahaan dapat bertahan dalam persaingan perusahaan atau bisnis yang semakin ketat ini. Dengan adanya kepuasan pada pelanggan dapat menyebabkan munculnya loyalitas pada pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh inovasi produk, kualitas pelayananm, dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0 untuk menguji hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang membeli dan mengkonsumsi Kopi Kenangan The Avenue MERR Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental dengan melakukan pengumpulan data diperoleh berasal dari penyebaran kuisioner dengan menggunakan google forms. Diketahui hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada kopi kenangan The Avenue MERR Surabaya. dan Inovasi produk, kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kopi kenangan The Avenue MERR Surabaya. Serta kepuasan pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Kopi Kenangan The Avenue MERR Surabaya

Kata Kunci : Inovasi produk, Kualitas Pelayanan, Promosi, Kepuasan Pelanggan, dan Loyalitas Pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Aang Curatman. (2020). Program Loyalitas Pelanggan.Yogyakarta : CV Budi Utama.

Aini Adrianti Putri. Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kopi Kenangan. Jurnal Manejemen dan Perilaku Konsumen. Volume 01 Number 2 Pages 226-236, Universitas Brawijaya

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan pemasaran jasa, Bandung : Alfabeta.

Alifian Nugraha. (2021). Sosialisasi Pentingnya Inovasi Produk Pada Filter Coffee Dan Pelatihan Inovasi Produk. Majalah Ilmiah “PELITA ILMU”. Vol.4 No.1

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Asnawati, SE., MM. (2022). Analisis Inovasi Produk dan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran. Malang

Ayu Lestari. 2022. Pengaruh Fasilitas dan Kaulitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Moderating. Universitas Islam Negri Sumatera Utara. Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah

Bela Ayu Dian Safitri. (2020). Pengaruh Kemudahan Transaksi Loyalitas Pelanggan Gojek (Studi Pada Mahasiswa Aktif Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Jawa Timur. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur. Jurnal syntax idea p–ISSN: 2684-6853e-ISSN : 2684-883XVol. 2, No. 9, September2020.

Daniel I Nyoman Renatha Cardia. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi. Terhadap Loyalitas Pelanggan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayaana (Unud), Bali, Indonesia.. E-Jurnal Manajemen, Vol. 8 No. 111, 2019 ISSN:2302-8912

Eko Wahyu Hidayat. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kenangan (Studi Kasus Masyarakat Kota Bogor). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi GICI, Depok. Jurnal GICI Keuangan dan Bisnis.

Elsa Dwi. Tahun (2022). Citra Merek, kualitas produk, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Smartphone Iphone Universitas Telkom Indonesia.

Febe Angelin Tandjung Suatmodjo. (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Café Zybrick Coffe & Cantina. Universitas Kristen Petra. Agora Vol 5, No 3

Faizal Hamzah. (2022). Pengaruh Kualitas dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen di Kuswini Catering. Jurnal Sains and Manajemen, Vol 4 No 1 Februari 2022

Fanny Novia Arifin. (2021). Penngaruh Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Pelanggan Di Mediasi Kepuasan Pelanggan Sakinah Supermarket Surabaya. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEASIA). Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen E-ISSN :2461-0593

Galih Utama Hariaji. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Warung Kopi Srintil Di Temanggung). Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang.

Gegahertzy Rindo Olivia, Ngatno. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Departemen Administrasi Bisnis , Fisip, Universitas Diponegoro. Jurnal Administrasi Bisnis Vol X , No 1

Henny Armaniah. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen

Indrasari. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya : Unitomo Press

Ismawati Doemba, dkk. (2017). Manajemen Dan Strategi Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Zahir Publishing

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manjemen, STIE Perdagangan. Vol. 1 No. 10

Joko Bagio Santoso. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konusmen (Studi pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun). Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 16 No 01, April 2019.

Khoirulloh. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Pelanggan dengan Kepuasan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Breadhouse Sirojudin, Tembalang Semarang). Universitas Pandanaran Semarang. Jurnal Manajemen Vol 4. No. 4

Kotler, P & Keller, K.L. (2013). Manajemen pemasaran. Edisi 13. Jakarta.

Mardani, A. P. (2021), Pengaruh Brand Personality Dan Customer Relationship Management Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Viva Cosmetics Di Surabaya)

Martina Rahmawati Masitoh. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelangggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, Volume 5 Nomor 1, Juni , 2019.

M. Fadhli Nursal, S.E., M.M. (2022). Manajemen Pemasaran. Rena Cipta Mandiri.

Moh Akhsanus Tsalatsa. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelangggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Diskupi Kopi Kafe Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) P-ISSN 2337-6078

Muhammad Rdwan. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan GO-JEK (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As- Syafi’iyah). Program Studi Manjemen Universitas Islam As-Syafi’iyah. KINERJA Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vo. 4 No 1 – Desember 2021.

Muhammad Ryan Fauzi. ((2019). Pengaruh Kualitas Pelayananan, Kualitas Produk, dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelangggan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana Bali, Indonesia. E-Jurnal Manajemen Vol. 8, No. 11

Nur Prima. (2022). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Coffe Shop. Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, Vol 01 No1. Tahun 2022

Novianti. (2018). Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap loyalitas pelanggan. Universitas Satya Negara, Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmiah Manajemen, Vol VIII No. 1

Novita Nurul. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Starbuck Grand Indonesia Jakarta Pusat. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, Jakarta.

Oentoro, D. (2012). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Laksbang PRESSindo.

Rahmat, R. M. (2012). Analisis strategi Pemasaran. Makassar: PT. Koko Jaya Prima.

Rangkuti, Freddy. (2013). Customer Service & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: Kompas Gramedia Building h.7.

Rohmanudin. (2017). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada Industri Mebel di Kecamatan Wayhalim Kota Bandung Lampung. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Lampung.

Sholikah. (2021) . Manajemen Pemasaran : Saat Ini dan Masa Depan. Cirebon: Penerbit Insania.

Sri Rahayu. (2022). Pengaruh Kualitas layanana, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Universitas Baturaja. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No. 2

Sugiyanto. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kantong Plastik Tomat. Universitas Esa Unggul.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Tengku Firli Musfar. (2021). Manajemen Produk dan Merek. Bandung : CV Media Sains Indonesia

Tjiptono &Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4 Yogyakarta : Andi Offset

Ulyah, N. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada PT. Bhirawa Steel. 21.

Ummal Khoiriyah. (2022). Manajemen Strategi Syari’ah Pada Pelayanan Hotel Family Nur Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, Vol. Volume 3, No 2, Agustus 2022.

Udi Fakhruddin. (2018). Konsep Integrasi Dalam Sistem Pembelajaran Mata Pelajaran Umum di Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam. Vol 7, No 2

Vista Efanny. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Road Café Steak & Pasta Bandung). Universitas Politeknik Negri Bandung Jurusan Administrasi Niaga. Industrial Research Workshop And National Seminar

Windha Trisetya Wati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel & Towers Jakarta. Universitas Persada Indonesia YAI. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, Vol 7 No 02 Oktober 2020

Negri Bandung. Jurnal Industrial Research Workshop And National Seminar Bandung 26-27 Agustus 2020.

TOP Brand Award. (2022). Top Brand Index Fase 1. Diakses pada 23 September, 2022. Dari https://www.topbrand-award.com/top-brandindex/?tbi_find=kopi%20kenangan

Databooks (2022). Produksi Kopi Meningkat Tahun 2017-2021. Diakes pada 23 September https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/09/produksi-kopi-indonesia-naik-jadi-77460-ribu-ton-pada-2021




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics