Pengaruh Pembelajaran Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar M,ahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Unima.
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar dan seberapa besar pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar serta sebarapa besar pengaruh pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Unima.
Jenis penelitian ini dilihat dari desain penelitiannya dikategorikan pada penelitian asosiatif atau penelitan kausal yaitu suatu penelitian yang tujuan utamanya membuktikan hubungan sebab akibat atau hubungan memengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang diteliti. Regresi linear berganda adalah metode analisis yang tepat ketika penelitian melibatkan satu variabel terikat yang diperkirakan berhubungan dengan satu atau lebih variabel bebas.
Variabel X1 dengan nilai regresi sebesar 0.028 serta nilai t hitung sebesar 0.684 dengan probalitas sebesar 0.497. Secara parsial variable X1 berpengaruh signifikan positif terhadap variable Y bila variable bebas lain tetap nilainya. Dengan demikian hipotesa yang menyebutkan ada pengaruh signifikan variable X1, terhadap Y diterima. Variabel X2 dengan nilai regresi sebesar 0.057 serta nilai t hitung sebesar 1.088 dengan probalitas sebesar 0.028. Secara parsial variable X2 berpengaruh signifikan positif terhadap variable Y bila variable bebas lain tetap nilainya. Dengan demikian hipotesa yang menyebutkan ada pengaruh signifikan variable X1, terhadap Y diterima.
Persamaan Regresi Y = 32.571+0.028X1+0.057X. Dari nilai F hitung menunjukkan nilai sebesar 15.960 (signifikansi F=0.000) artinya bahwa secara bersama-sama variable X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap variable Y. Dari nilai R Sguare didapatkan angka sebesar 0.313 atau 3.13 % artinya bahwa variable Y sebesar 3.13 % disumbangkan oleh variable X1 dan X2 secara bersama-sama sementara 96.8 disumbangkan oleh variable yang lain diluar 3 variabel yang diteliti.
Jenis penelitian ini dilihat dari desain penelitiannya dikategorikan pada penelitian asosiatif atau penelitan kausal yaitu suatu penelitian yang tujuan utamanya membuktikan hubungan sebab akibat atau hubungan memengaruhi dan dipengaruhi dari variabel-variabel yang diteliti. Regresi linear berganda adalah metode analisis yang tepat ketika penelitian melibatkan satu variabel terikat yang diperkirakan berhubungan dengan satu atau lebih variabel bebas.
Variabel X1 dengan nilai regresi sebesar 0.028 serta nilai t hitung sebesar 0.684 dengan probalitas sebesar 0.497. Secara parsial variable X1 berpengaruh signifikan positif terhadap variable Y bila variable bebas lain tetap nilainya. Dengan demikian hipotesa yang menyebutkan ada pengaruh signifikan variable X1, terhadap Y diterima. Variabel X2 dengan nilai regresi sebesar 0.057 serta nilai t hitung sebesar 1.088 dengan probalitas sebesar 0.028. Secara parsial variable X2 berpengaruh signifikan positif terhadap variable Y bila variable bebas lain tetap nilainya. Dengan demikian hipotesa yang menyebutkan ada pengaruh signifikan variable X1, terhadap Y diterima.
Persamaan Regresi Y = 32.571+0.028X1+0.057X. Dari nilai F hitung menunjukkan nilai sebesar 15.960 (signifikansi F=0.000) artinya bahwa secara bersama-sama variable X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap variable Y. Dari nilai R Sguare didapatkan angka sebesar 0.313 atau 3.13 % artinya bahwa variable Y sebesar 3.13 % disumbangkan oleh variable X1 dan X2 secara bersama-sama sementara 96.8 disumbangkan oleh variable yang lain diluar 3 variabel yang diteliti.
Full Text:
Download PDFReferences
Aly, Abdullah. 2006. Ilmu Alamiah Dasar. Bandung: Bumi Aksara. Arikunto. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
DePorter, Bobbi. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang Kelas. Diterjemahkan oleh Ary Nilandari. Bandung: Kaifa. Hamalik,
Herdian. 2009. Model Pembelajaran SAVI. Tersedia pada http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/ model-pembelajaran-savi/ (diakses tanggal 27 Oktober 2015).
Hamalik, Hamzah, Moh dan Ismail. 2009. “Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kejar Paket C PKBM Sultan Agung Kesambi Kota Cirebon”. Jurnal EduMa, 1(2): 101-112.
Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung. Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.