Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT Tanindo Plastik Batam

Yona Puspika, David Humala Sitorus

Abstract


Aktivitas pemasaran sangat diperlukan oleh perusahaan dalam tujuannya mendapatkan keuntungan. Berbagai aspek dapat mempengaruhi kinerja dari pemasaran produk di dalam sebuah perusahaan. Dari hal tesebut, dilakukanlah penelitian mengenai Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di PT Tanindo Plastik Batam. Penerapan metode kuantitatif dalam penelitian dengan basis kumpulan data yang disebarkan melalui kuesioner berbentuk google form. Sampel yang didapatkan sejumlah 117 dengan teknik sampel jenuh dari keseluruhan jumlah pelanggan PT Tanindo Plastik Batam periode Januari 2022 hingga Juni 2022. Penelitian menggunakan program bantuan SPSS dengan hasil pengujian dari penelitian didapatkan kelengkapan produk 1,409 < 1,981 dan sig sebesar 0,161 > 0,05 dalam artian kelengkapan produk tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk 4,797 > 1,981 dan sig sebesar 0,000 < 0,05 dalam artian kualitas produk memiliki pengaruhnya yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan promosi 6,331 > 1,981 dengan sig sebesar 0,000 < 0,05 yang diartikan promosi memiliki pengaruhnya yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil F menghasilkan nilai 55,698 > 2,68 yang diartikan kelengkapan produk, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Kelengkapan Produk, Kualitas Produk, Promosi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Emor, J. I., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2019). Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5407–5415. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/26309

Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hi Jack Sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17. https://doi.org/10.20527/jwm.v7i1.173

Fernando, M. F., & Aksari, N. M. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sanitary Ware Toto Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(1), 441. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i01.p17

Istoto, S., & Subagja, I. K. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Buah Melon PT Syafina Niaga. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(2).

Kurniawan, R., Kelengkapan Produk dan, P., & Yuniar Aisah Krismonita, dan. (2020). Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen Pengaruh Kelengkapan Produk dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Giant Expresss Sukabumi (Studi Kasus konsumen Giant Expresss Sukabumi). X(2), 145–154.

Learns, M., & Nainggolan, N. P. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kelengkapan Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt International Hardware Indo Di Kota Batam.

Lianardi, W., & Chandra, S. (2019). Analysis Of Service Quality, Product Completeness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru. Kewirausahaan Dan Bisnis, 45(1), 45–58. http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index

Pelayanan, K., Harga, D. A. N., & Fietroh, M. N. (2021). Pengaruh Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Baby Shop Roberto Sumbawa. 4, 10–17.

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 7–8.

Warasto, H. N. (2018). Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi Pepsodent Di Wilayah Jakarta Timur). JURNAL SeMaRaK, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.32493/smk.v1i1.1243.y2018




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics