Pengaruh Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Tokopedia

Antony Putra Atmawijaya, Supriyono Supriyono

Abstract


Tujuan yang hendak diraih dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dari keamanan, kemudahan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia secara online. Serta mengetahui variabel mana yang berpengaruh dominan diantara keamaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian di Tokopedia secara online. Pengguna Tokopedia di Kota Surabaya yang sudah membeli di Tokopedia secara online menjadi populasi pada penelitian ini. Sementara jenis data yang dipakai yaitu data primer dan sekunder dan teknik pengambilan sampel mempergunakan teknik non probability sampling dan sampel yang didapatkan berjumlah 50 responden. PLS (Partial Least Square) menjadi teknik analisa yang dipakai pada penelitian ini. Penelitian menghasilkan bahwasanya secara positif signifikan keamanan serta kemudahan berpengaruh pada keputusan pembelian online. Sementara yang berpengaruh dominan pada keputusan pembelian online yaitu kemudahan. Sesuai hal itu menandakan bahwasanya hipotesis penelitian ini semuanya telah terbukti kebenarannya.
Kata Kunci: Keamanan; Kemudahan; Keputusan Pembelian.

Full Text:

Download PDF

References


Agustiningrum, Dian; Andjatwati, Anik Lestari. 2021.” Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace.” Jurnal Ilmu Manajemen 9:(3).

Candra, Wahyu. 2019. PENGARUH KEMUDAHAN, KEAMANAN DAN CITRA TOKOPEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SITUS JUAL BELI ONLINE TOKOPEDIA. Jember.

Istanti, Fredianaika. 2017. “Dan E-Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Belanja.” Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya 4(1).

Park, C., & Kim, Y. (2006). The Effect of Information Satisfaction and Relational Benefit on Consumers' Online Shopping Site Commitments. Journal of Electronic Commerce in Organizations (JECO), 4(1), 70-90. http://doi.org/10.4018/jeco.2006010105

Prilano, Kelvin, Andriasan Sudarso, and Fajrillah. 2020. “Pengaruh Harga , Keamanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. “ Jbe 1(1):1–10.

Raman, Arasu. & Viswanathan, A. 2011. “Web Services and e-Shopping Decisions: A Study on Malaysian e-Consumer”. IJCA Special Issue on: Wireless Information Networks & Business Information System, hal.54-60.

Thomson. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Konsumen Pada Warung Ucok Durian Iskandar Muda Medan Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi USU




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics