Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Awareness, Brand Image Dan Brand Loyalty Pada Rumah Makan Riung Panyaungan

Raindah Maudina Gyardani, Herry Irawan

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang semakin canggih, penggunaan internet sudah tidak asing lagi dalam hal memasarkan suatu produk melalui media sosial. Berbagai Pelaku Bisnis kuliner saat ini sedang memanfaatkan berbagai macam platform digital seperti Instagram untuk melakukan social media marketing agar memudahkan para pelaku usaha kuliner memasarkan, memperkenalkan, dan menjangkau para calon konsumen untuk membeli produk yang di tawarkan. Diantaranya untuk meningkatkan brand awareness, brand image, brand loyalty. Pada Rumah Makan Riung Panyaungan ini, masalah yang di angkat adalah kurang aktifnya social media Instagram, sehingga masih banyak wisatawan kuliner hanya mengetahuinya dari teman, saudara, atau hanya melihat Google. Konten pada Instagramnya pun kurang komunikatif dan informatif sehingga mungkin tampilan feedsnya kurang menarik perhatian calon konsumen. Tujuan dari penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari social media marketing Instagram yang dilakukan oleh Rumah Makan Riung Panyaungan terhadap brand awareness, brand image, brand loyalty. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner secara online kepada responden yang merupakan followers dan yang pernah berkunjung ke Rumah Makan Riung Panyaungan sebanyak 100 orang. Peneliti menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS. Lima Aktifitas Social Media Marketing berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Brand Awareness dan Brand Image Rumah Makan Riung Panyaungan. Brand Awareness dan Brand Image berpengaruh langsung terhadap peningkatan Brand Loaylty Rumah Makan Riung Panyaungan, sehingga dengan tidak langsung pula, kelima aktifitas social media marketing berpengaruh terhadap Brand Loyalty Rumah Makan Riung Panyaungan baik secara langsung maupung tidak langsung.

Kata Kunci: Social Media Marketing, Brand Awareness, Brand Image, Brand Loyalty.

Full Text:

Download PDF

References


Abraham, J. (2013). The sticking point, In Nature Medicine (Vol. 19). htpps://doi.org/10.1038/nm0213-124

Armas, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Brand Awareness Indihome Triple Play. E-Proceeding of Management.

Bilgin, Y. (2018). The Effect Of Social Media Marketing Activities on Brand Awareness, Brand Image and Brand Loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128–148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229

David, A. (2014). Aaker on Branding: 20 Principles That Drive Success. . Morgan James Publishing.

Ding, Y., & Keh, H. T. (2016). A re-examination of service standarddization versus customization from the consumer’s perspective. Journal of Service Marketing, 30(1). https://doi.org/10.1108/JSM-02-2015-0088

Djoko Sulistiyo, T., Fitriana, R., & Lee, C. (2020). Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang (The Influence of Instagram Social Media Marketing on The Brand Image of The Bunker Café, Tangerang) (Vol. 21, Issue 2).

Duffett, R. G. (2017). Influence of social media marketing communication on young consumer’s attitudes. Young Consumers.

Dülek, B., & Saydan, R. (n.d.). The Impact of Social Media Advertisment Awareness on Brand Awareness, Brand Image, Brand Attitude and Brand Loyalty: A Research on University Students. International Journal of Contemporary Economics and Administrative Sciences, 2, 470–494. https://doi.org/10.5281/zenodo.3596116

Fahmi, Arianti, M., & Irawan, H. (2020). Business to Business Marketing Strategy Planning for the SME Marketplace of XYZ. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation 2020-Accounting and Management (ICoSIAMS 2020), 1-9

Ghozali, L. (2008). Structural Equation Modeling Metode Alternatif dengan Patrial Least Square (PLS). Universitas Diponegoro.

Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., & Singh, R. (2016). Social Media Marketing Efforts of Luxury Brands: Influence on Brand Equity and Consumer Behavior. . Journal of Business Research , 69(12), 5833–5841. htpps://doi.org/10.1016/j-jbusres.2016.04.181

Hanifa, N., & Rachmawati, I. (n.d.). Pengaruh Brand Associationm Brand Loyaltym Brand Awareness, Brand Image Terhadap Brand Equity Telkomsel (Studi Pada Generasi Y di Indonesia).

Hasan, M., & Sohail, M. S. (2020). The Influence of Social Media Marketing on Consumers’ Purchase Decision: Investigating the Effects of Local and Nonlocal Brands. Journal of International Consumer Marketing, 1–18. https://doi.org/10.1080/08961530.2020.1795043

Hasbun, B., & Ruswatnty, E. (2016). Komperasi Antara Kelompok Yang Melihat Iklan dan Tidak Melihat Iklan Dengan Moderasi Brand Awareness Terhadap Niat Beli (Studi Pada Commuter Line). Journal of Business Studies 2, 5.

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Tekonologi Komunikasi dan Informasi. Aditama.

Indrawati. (2017). Perilaku Konsumen Individu. Aditama.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran I. (Milenium ed 13th ed). Erlangga.

Kotler, T., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management (Global Edition) (15th ed.). Pearson Education Inc.

M, I. (2022, February 25). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul “Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022”., Author: M Ivan Mahdi. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022. DataIndonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022

Melina Dewi, Mega. (2017). Pengaruh Brand Awareness, Perceived Quality of Brand, Brand Association, Brand Loyalty, dan Brand Image Terhadap Brand Equity Erigo Menurut Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6.

Monica Ajeng. (2021). Pengaruh Social Media Marketing,Brand Awareness, Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty Pada J&T Express Di Surabaya. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 26.

Moslehpour, M., Dadvari, A., Nugroho, W., & Do, B. R. (2021). The dynamic stimulus of social media marketing on purchase intention of Indonesian airline products and services. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 33(2), 561–583. https://doi.org/10.1108/APJML-07-2019-0442

Muhamad, A. A., & Aransyah, M. F. (n.d.). The Effect of Social Media Marketing on Brand Awareness and Brand Image to Increase Intention to Buy (Study on Audia Multibrand Muslimwear). https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5312

Muntiga, D. G., Moorman, M., & Smith, E. G. (2015). Introducing COBRAs: Exploring motivations for Brand-Related social use. . International Journal of Advertising, 30(1), 37–42. htpps://doi.org/10.250/IJA-30-1-013-046

Oliver, R. L. (2010). Satisfaction : a behavioral perspective on the consumer. In Choice Review Online. McGraw-Hill Education, 47(12).

Philip, K., & Kevin, L. K. (2013). Manajemen Pemasaran. In: Manajemen Pemasaran (Millenium Jilid 1, Vol. 1). Erlangga.

Rimadias, S., Alvionita, N., & Amelia, A. P. (2021). Using TikTok in Social Media Marketing to Create Brand Awareness, Brand Image, and Brand Loyalty on Tourism Sector in Indonesia. The Winners, 22(2). https://doi.org/10.21512/tw.v22i2.7597

Santoso, S. (2018). Konsep Dasar dan Aplikasi Sem dengan AMOS 244. Elex Media Komputindo.

Suci Ramadhani, H., Mutiarsih Jumhur, H., & Dharmoputra, S. (n.d.). The Influence Of Social Media Marketing Activities Lazada.co.id Towards Brand Awareness, Brand Image, And Brand Loyalty (Study Case : Followers Of Lazada.co.id On Instagram).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2020). Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2015). Stratregi Bisnis Pemasaran. . In Andi (Ed.), Yogyakarta: Andi.

Usep, S. (2021). ; The Influence of Social Media Marketing Electronic Word of Mouth and Consumer Engangement to Brand Loyalty in Indonesia Grab Company. International Journal of Business and Social Science Research, 2.

Yadav, M., & Rahman, Z. (2017). Measuring consumer perception of social media marketing activities in e-commerce industry: Scale development & validation. Telematics and Informatics. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.06.001




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics