Pengaruh Influencer Marketing dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Kacang Dua Kelinci di Kota Surabaya

Albertyano Gilang Garut, Sugeng Purwanto

Abstract


Penelitian ini dimaksud untuk mengidentifikasi bagaiaman pengaruh influencer marketing dan brand image terhadap keputusan pembelian kacang Dua Kelinci di kota Surabaya. Metode penelitian ini secara kuantitatif dengan mengambilsampel berjumlah 100 responden dan penyebaran kuisoner ini dibantu dengan Google form. Sedangkan sampel dalam penelitian ini diambiln dengan menggunakan teknik convinince sampling. Sampel terdiri atas responden yang pernah mengkonsumsi kacang Dua Kelinci. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik analaisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah (PLS) dengan uji validitas, uji reabilitas dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian didapati bahwa variabel influencer marketing dan brand iamge berpengaruh psotif dan signifikan terhadap variabek keputusan pembelian.

Kata Kunci : Brand Image ; Influncer Marketing ; keputusan pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Gunawan, Leonardo. 2021. “SOCIAL MEDIA INFLUENCER, BRAND AWARENESS, AND PURCHASE DECISION AMONG GENERATION Z IN SURA.” Jmk 23.

Huda, Nurul. 2020. “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scuter Matic Yamaha Di Makassar.” Jurnal Asy-Syarikah: Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam 2 (1): 37–43. https://doi.org/10.47435/asy-syarikah.v2i1.311.

Islamiyah, Khoirunnisa’, and Ugy Soebiantoro. 2022. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mi Instan Sarimi (Studi Pada Mahasiswa Yang Sedang Kuliah Di Surabaya).” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22 (3): 1567. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2579.

Kim, Do Yuon, and Hye Young Kim. 2021. “Influencer Advertising on Social Media: The Multiple Inference Model on Influencer-Product Congruence and Sponsorship Disclosure.” Journal of Business Research 130 (November 2018): 405–15. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.02.020.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2018. Prinsip - Prinsip Manajemen. 1st ed. Jakarta: Erlangga.

Kristanto, Hermawan, and Hery Pudjoprastyono. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Laptop Acer Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Jawa Timur.” Jurnal STEI Ekonomi 30 (02): 11–19. https://doi.org/10.36406/jemi.v30i02.462.

Lengkawati, Arti Sukma, and Taris Qistan Saputra. 2021. “Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Elzatta Hijab Garut).” Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan Dan Perbankan 18 (1): 33–38. https://jurnal.stieyasaanggana.ac.id/.

Nugroho Abi, Tatang. 2020. “Pengaruh Influencer Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu Compass.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya Vol 10.

Pakan, Elisa Devi, and Sugeng Purwanto. 2022. “Pengaruh Beauty Influencer Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Facial Wash Garnier Di Surabaya.” SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business 5 (3): 764–72. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i3.535.

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, Supriyadi, Wahyu Wiyani, and Ginanjar Indra Kusuma Nugraha. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen 4 (1): 74–85. https://doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714.

Utomo, Harjuno Yumatri, and Sugeng Purwanto. 2022. “Social Media Marketing, Brand Image Dan Trust Terhadap Repeat Purchase Pada Marketplace.” Journal of Management and Bussines (JOMB) 4 (2): 3519–25.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics