Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Pada Pt. Pegadaian Kota Parepare Cabang Utama

Amalia Amalia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana pengaruh faktor-faktor (citra bank, kepercayaan, dan pelayanan) memengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Kota Parepare Cabang Makassar dan untuk melihat sejauh pengaruh faktor-faktor (citra bank, kepercayaan, dan pelayanan) memengaruhi loyalitas nasabah pada PT. Pegadaian Kota Parepare Cabang Makassar. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis descriptif, analisis regresi linear berganda, uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan antara citra bank, kepercayaan nasabah dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Pengujian membuktikan bahwa citra bank, kepercayaan nasabah dan pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Kota Parepare Cabang Makassar adalah pelayanan. Hasil pengujian hipotesis telah membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan antara citra bank, kepercayaan nasabah dan pelayanan terhadap loyalitas nasabah

Kata Kunci: citra bank, kepercayaan, pelayanan dan loyalitas nasabah

Full Text:

Download PDF

References


Andi, Krismanto, 2009, Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah (Studi Kasus pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Semarang Pattimura). Tesis Universitas Diponegoro Semarang

Aritonang, Lerbin R. 2005, Kepuasan Pelanggan, Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS, edisi pertama, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Akdom dan Riduan, 2007, Rumus dan Data Dalam Analisis Statistik, cetakan kedua, Penerbit : Alfabeta, Bandung

Barata, Atep Adya, 2006, Dasar-dasar Pelayanan Prima, cetakan Ketiga, Penerbit : Elex Media Komputindo, Jakarta.

Lamb, W. Charles, dan Joseph F. Hair, dan Carl Mc Daniel. 2001. Pemasaran edisi Pertama. Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Ferdinand, Augusty, 2006, Structural Equation Modelling Dalam Penelitian Manajemen, edisi keempat, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang

Ghozali, Imam, 2006. Aplikai Analisis Multivarite dengan SPSS, cetakan Keempat, Penerbit : Universitas Diponegoro, Semarang.

Gisha, Navitasari, 2011, Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Loyalitas Nasabah Studi Kasus di Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang. Tesis Universitas Diponegoro

Hasibuan, Malayu, 2008, Dasar-Dasar Perbankan, cetakan ketiga, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta

Hasan Ali, 2008, Marketing, Cetakan Pertama, Penerbit : MedPress, Yogyakarta

Kasali, Rhenald, 2005, Membidik Pasar Indonesia (Segmentasi, Targeting, Positioning). Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kasmir, 2005, Etika Custumer Service, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta

----------, 2008, Manajemen Perbankan, edisi revisi, Penerbit : RajaGrafindo Persada, Jakarta

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. edisi ketigabelas, Penerbit : Indeks, Jakarta

Lopiyoadi Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, edisi kedua, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Sumarwan, Ujang, 2003, Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.

Subagyo Ahmad, 2010, Marketing In Business, Studi Kasus UMK & LKM, edisi Pertama, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Tjiptono Fandy, 2005, Pemasaran Jasa, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Bayu Media, Malang.

Umar Husain, 2003, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, cetakan Ketiga, Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Undang-Undang Perbankan, 1998, cetakan kedua, Penerbit : Sinar Grafika, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics