Pengaruh Promosi, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian KFC di Kota Semarang

Meida Rachmawati Fajrin, Rokh Eddy Prabowo

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-masing variabel bebas yaitu promosi, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian KFC di Kota Semarang. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen KFC di Kota Semarang. Jumlah sampel sebanyak 97 responden dan ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Data yang dianalisis adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan diolah dengan program SPSS versi 26. Berdasarkan hasil olah data diperoleh hasil sebagai berikut, bahwa uji instrument menunjukan semua indikator dinyatakan valid dan semua variabel dinyatakan reliabel. Uji koefisien determinasi (R²) menunjukan, bahwa kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat sebanyak 54,1 persen. Berdasarkan uji F semua variabel bebas secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien regresi dan uji t menunjukan, bahwa variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel persepsi harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Promosi, Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian dan KFC.

Full Text:

Download PDF

References


Alimansyah, N., Krisnawati, D., & Utomo, F. C. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Burger King Jatiasih. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 10(1). Https://Doi.Org/10.35137/Jmbk.V10i1.671

Amalia, I. K., & Maskur, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rocket Chicken Cabang Kabupaten Kendal). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 166-172.

Esilaban, S., & Sagala, R. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Kentucky Fried Chicken (Kfc) Simpang Mataram Medan. In Jrak ± (Vol. 5, Issue 2).

Febriani, I. D., & Surono, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Pada Cheese Chicken Palem. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 831-839.

Harwani, Y., & Fauziyah, F. (2020). Keputusan Pembelian Konsumen Gerai Makanan Cepat Saji Ditinjau dari Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Iklan. Business Economic, Communication, And Social Sciences (Becoss) Journal, 2(3), 285–291. Https://Doi.Org/10.21512/Becossjournal.V2i3.6659

Istighfarin, R., Fitriani, A., & Hapsyah, N. L. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mcdonald’s Taman Pinang Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2).

Kotler, Philip & Keller, K. L. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Laili, I. A. (2020). Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Menu Signature Restoran Cepat Saji (Studi pada Konsumen Burger Big Mac Mcdonald’s Kota Kediri). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 8(2).

Maharani, S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Pizza Hut. Iqtishadequity Jurnal Manajemen, 2(1), 10–22. Https://Doi.Org/10.51804/Iej.V2i1.548

Peter, J. Paul, & Olson, C. Jerry. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran (Edisi 9; Muhammad Masykur, Ed.). Jakarta: McGraw Hill Education and Salemba Empat.

Pinaraswati, S. O., & Farida, I. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Fast Food berdasarkan Kualitas Layanan, Harga dan Kualitas Produksi Masa Pandemi. Jurnal Eksekutif, 18(2), 267–277.

Salea, C., Lapian, J. S., & Tielung, M. V. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Restoran Cepat Saji Kfc Bahu Manado Pada Masa Covid-19. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 1293-1302.

Soetanto, F. P. (2022). Pengaruh Promo, Loyalty Point dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Burger King. Jurnal Cita Ekonomika, 16(1), 1-17.

Sopani, K., & Setyarko, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Di Kfc Cabang Alam Sutera, Tangerang Selatan. Financial Marketing Operational Human Resources, 1(02).

Wijaya, L. A., Prasetyo, W., Maulana, M. A., & Kusnanto, D. (2022). Pengaruh Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Pada Kfc Galuh Mas Karawang. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 114-121.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics