Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Pada Konsumen Mcdonald’s Di Kota Mojokerto)

Fitria Ramadhani, Nurhadi Nurhadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat beli ulang konsumen di McDonald's Kota Mojokerto, jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi pada penelitian ini adalah konsumen McDonald's Kota Mojokerto dengan minimal transaksi 2 kali, sampel penelitian ini terdapat 120 responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui elektrik kuesioner degan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengolahan data menggunakan SPSS. Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas berpengaruh positif terhadap minat beli ulang. Secara simultan variabel citra merek, kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang di McDonald’s Kota Mojokerto. Secara parsial ketiga variabel berpengaruh positif terhadap minat beli ulang, namun variabel citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli ulang.

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Promosi

Full Text:

Download PDF

References


Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the value of a brand name. New York: Free Press.

Aaker, David. A., 2004. Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.

Agus, M. Ulul, A (2018). Signifikansi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah. Journal Of Management and Business. Vol. 1, No. 2.

Agustina Shinta. 2014. Manajemen Pemasaran (Malang: UB Press, 2014),

Alexander Garvin. (2008). Kualitas Produk. Diposting pada 30 Oktober , 2008 Oleh Hardpurba (WWW. Scribd.com/doc/67240219/DelapanDimensi- Kualitas-Alexander-Garvin).

Amron, Amron. 2018. “The Influence of Brand Image, Design, Feature, and Price on Purchasing Decision of Apple iOS Smartphone in Surakarta, Indonesia”. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention. Vol 5 (12)

Aristina, & Mardika, N. H. (2021). Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT Csk Insulation Engineering Di Kota Batam. Manajemen, 3.

Bruwer, J. And Kelley, K. 2015. Service Performace Quality Evaluation And Satisfaction in a USA Wine Festivalscape Buying Behavioral Effects. International Journal of Event and Festival Management. 6 (1), 18-38.

Cardia, D., Santika, W., Respati, N. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 3 No. 2

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran; Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa

E. Silaningsih Dan P. Utami. 2018. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Produk Olahan Makanan Ringan, Bogor: Jurnal Sosial Humaniora, Vol 9 No. 2, Oktober 2018, Hlm.5

Effendi, E. F., & Besra, E. (2019). Analisis Keterkaitan Store Image, Customer Satisfaction Dan Repurchase Intention (Survei Pada Pelanggan SJS Plaza). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 4(1), 184–196.

Junaidin, J., Irvan, N. F., Sabban, Y. A., & Sani, A. (2022). Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi pada Unit Laboratory dan Simulator Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar. YUME: Journal of Management, 5(3), 738-748.

Nurla, Y., Al Munawwarah, R., Mustafa, H., & Sani, A. (2021). Pengaruh Kemampuan Intelektual Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri 4 Soppeng. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).

Indriasari, D. P., & Sani, A. (2019). Pengendalian Manajemen Pupuk Subsidi. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan MASSARO, 1(1).

Aris, M., Al Munawwarah, R., Azis, M., & Sani, A. (2021). PENGARUH TUNJANGAN SERTIFIKASI, MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU DI SMKN 4 SOPPENG. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 1(1).

Sani, A., & Karim, A. (2022). Dampak terjadinya pandemic covid-19 terhadap penjualan minuman sarabba di Kota Makassar. YUME: Journal of Management, 5(1), 359-368.

Sani, A. (2016). Penerapan Otomasi dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Sirkulasi (Circulation Services) di UPT Perpustakaan UIN Alauddin Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Siregar, R. T., Sahir, S. H., Sisca, S., Candra, V., Wijaya, A., Masrul, M., ... & Purba, S. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Yayasan Kita Menulis.

Erni Yunaida. 2017. Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, Vol.6, No.2, November 2017.

Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi

Febriyanto, N. A., & Widiartanto, W. (2022). Kulitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada Pelanggan Burger King paragon Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(3), 1226-1237.

Ferdinand, A., 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Ferdinand, Augusty. 2002. Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Bandung: Penerbit Rineka.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Goh, S. K., Jiang, N., Hak, M. F. A., & Tee, P. L. (2016). Determinants of Smartphone Repeat Purchase Intention Among Malaysians: A Moderation Role of Social Influence and A Mediating Effect of Consumer Satisfaction. International Review of Management and Marketing, 6(4), 993–1004

Hawkins, Del I., Roger J. Best, dan Kenneth A. Coney. 2007. Consumer Behaviour: Building Marketing Strategy, Irwin/McGraw-Hill

Huang, H.C., Chang, Y.T., Yeh, C.Y. And Liao, C.W. 2014. The Effects of Price Promotions on Costumers ofEvaluation in coffee Chain stores. International Journal of Contemporary Hospitality Management. 26 (7), 1065- 1082.

Indriyo, Gitosudarmo. 2000. Manajemen Pemasaran, edisi pertama, cetakan pertama, penerbit : BPFE-Yogyakarta.

Isnani n. A. Dan madiawati P. N. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan promosi terhadap Loyalitas Pelanggan GoFood di Kota bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntasi), 4(3)

Kartkaningtyas, N. I., Kustiyah, dkk. (2020). Kepuasan Pelanggan Gerai batik Keris Di Tinjau Dari Deferensiasi Produk, Brand Image, dan Pelayanan. Jurnal Ilmiah Edunomika, 4(01)

Keller. (1993). How to manage brand equty. Jakarta: gramedia pustaka.

Khudhriyatul & Sugeng. (2022) Konsumerisme Makanan Siap Saji Sebagai gaya Hidup Remaja di Kota Surabaya. 11 (1): 137-156

Kotler, and Amstrong. (2014). Principle of Marketing. England. Pearson education, inc

Kotler, Keller. (2016). Marketing Management 15e Global Edition. England. Pearson Education Limited

Kusdyah, Ike (2012). Persepsi Harga, Persepsi Merek, Persepsi Nilai, Dan Keinginan Pembelian Ulang Jasa Clinic Kesehatan (Studi Kasus Erha Clinic Surabaya). Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 7, No. 1, April 2012.

Liu, C.-H. S., & Lee, T. (2016). Service quality and price perception of service: Influence on word-of-mouth and revisit intention. Journal of Air Transport Management, 52, 42–54. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2015.12.007

Malau Herman. 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung

Misbachul & Sayidatun. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Asal Negara, dan Keragaman Produk Terhadap Minat Beli Ulang McDonald’s Sedati Sidoarjo. Vol. 2 No. ISSN 2745-7710

Mowen, John, C & Minor, Michael. (2012). Comsumer Behavior. 11st Edition Boston: Prentice Hall.

Mustikawati, Farida dan Rachmah, Iffatul Aulia’i. (2013) Analisis Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk McDonald’s Veteran Gresik. Jurnal Fakultas Ekonomi, Vol. 02, No. 02: 119-145.

Niko Badaruddin. (2019). Pengaruh Daya tarik Transit Advertising dan promosi Penjualan Terhadap Minat Berbelanja di Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 16, No. 1

Noorhayati. 2018. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan kartu Prabayar telkomsel (studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Muara Teweh). Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 12(1)

Nusair, K.,Yoon, H.J, Naipaul, Sandra. And Parsa, H.G. 2010.Effect of Price Discount Frames and Levels on Consumer’s Perceptions in Low-End Service Industries. International Journal of Hospitality Management. 22 (6), 814-835.

Randika, F. dan Ratih, E. 2019. Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis ECOBUSS, Vol. 7, No. 1, Edisi Maret 2019

Rangkuti, A. M. (2017) Pengaruh Experiential Value Terhadap Place food Branding dan Behavioral Intention pada Kuliner Kota Medan. Proposal. Manajemen Ekstensi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sumatera Utara

Rangkuti, Freddy. 2004. Riset Pemasaran. Cetakan 5. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Silaen, E., & Prabawani, B. (2019). Pengaruh Presepsi Kemudahan Menggunakan E-Wallet dan Persepi manfaat Serta Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Saldo E-Wallet OVO. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(4), 155-163.

Simamora, Bilson. 2010. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sinambela, R. Y. P., & DS, A. H. (2019). Pengatuh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Portobello Cafe Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(3), 231-240

Siti Suryani, dkk. 2019. Pengaruh brand image, brand trust, dan kualitas pelyanan terhadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel moderting (studi pada startup business unicron Indonesia). Journal of business studies.

Sofiati, I., Qomariah, N., & Hermawan, H. (2018). Dampak Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen. Jurnal Sains Manajemen dn Bisnis Indonesia, 8(2), 244-259

Stephen M. Nowlis and Itamar Simonson, 1996, The Effect of New Product Features on Brand Choise, “Journal of Marketing Reserch”, Februari, Pages 36 - 45.

Suci Fajarni. (2019). Eating Out Sebagai Gaya Hidup. Aceh Anthropological Journal. Vol.3 No. 1, 21-41

Sudarmanto, R Gunawan. 2013. Analisi Regresi Linier Berganda. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2018. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

Sugiyono.2006.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta.

Supardi dan Sukamto. 1999. Mikrobiologi, Pengolahan dan Keamanan Pangan. Jakarta: Alumni

Sutisna dan Pawitra. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Jakarta. PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta

Tariq, M., Nawaz, M. R., Nawaz, M. M., & Butt, H. A. (2013). Customer Perceptions about Branding and Purchase Intention: A Study of FMCG in an Emerging Market. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(2), 340–347.

Thamrin, S. D. (2003). Studi Mengenai Proses Adopsi Konsumen Pasca Masa Tayang Iklan Produk" Xon-Ce" di Surabaya. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(2), 141-154.

Wujaya, Wahyu (2012). Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Beli Ulang Masyarakat Terhadp Produk Handphone

Yanto, E., dan Herman, H. (2002). Pengaruh Kuakitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Ilmu Ekonomi Indonesia, 7(2), 201-212

Yusuf, A. Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.

Top Brand Awards. 2019. Top Brand Awards 2019 Restoran Fast Food. Diakses dari https://www.topbrand-award.com/en/2019/05/restoran-fastfood/ diakses pada 25/09/2022.

SWA.co.id. 2016. Survei MasterCard: Restoran Cepat Saji Masih Favorit Bagi Masyarakat Indonesia. Diakses dari https://swa.co.id/swa/trends/business-research/survei-mastercard-restoran-cepat-saji-masih-menjadi-tempat-favorit-bagi-masyarakat-di-Indonesia diakses pasa 24/09/2022.

Sekilasmedia.com. 2022. McDonald’s Hadir Di Kota Mojokerto, Wow…Langsung Diserbu Pembeli. Diakses dari https://sekilasmedia.com/2022/03/01/mcdonalds-hadir-di-kota-mojokerto-wow-langsung-diserbu-pembeli/ diakses pada 25/09/2022.

Kumparan.com.2022. Sejarah dan Makna Logo McD yang Tak Banyak Diketahui. Diakses pada https://kumparan.com/berita-hari-ini/sejarah-dan-makna-logo-mcd-yang-tak-banyak-diketahui-1xYu5KoZkSG/full diakses pada 13/12/2022.

Syifa Fauziah. 2019. Mudahkan Pelanggan McDonald’s Indonesia Hadirkan Aplikasi Mobile. Diakses dari https://www.brilio.net/gadget/mudahkan-pelanggan-mcdonalds-indonesia-hadirkan-aplikasi-mobile-190516v.html diakses pada 13/12/2022.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics