Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek terhadap Keputusan Penggunaan Dompet Digital Dana Pada Generasi Z Di Surabaya

Selvina Rosi Sahnur Laela, Supriyono Supriyono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek dan citra merck terhadap keputusan penggunaan dompet digital Dana pada Generasi Z di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dimana variabel dependen adalah keputusan penggunaan dan variabel independen dalam penelition ini adalah kesadaran merek dan cira merek. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik Convinence Sampling dan analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merck dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan dompet digital Dana pada Generast Z di Surabaya. Hasil pembahasan penelitiann ini menjelaskan bahwa semakin tinggi kesadaran merek dan citra merek maka semakin tinggi juga keputusan penggunaan oleh konsumen.

Kata kunci : Citra Merek; Keputusan Penggunaan; Kesadaran Merek

Full Text:

Download PDF

References


Agung, A., Dewi, I. S., Luh, N., Indiani, P., Kunci, K., Citra, :, & Kesadaran, ; (2022). E-

JURNAL EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS UDAYANA PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, DAN PEMASARAN DIGITAL TERHADAP KEPUTUSAN

PEMBELIAN AMDK AQUA. 11(01). https://ojs.unud.ac.id/index.php/EEB/

Anestia, C. (2021, Juli 13). Laporan BOKU : OVO Pimpin Pangsa Pasar “Mobile Wallet” di Indonesia

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kabupaten Kebumen. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen (Vol. 4, Nomor 3).

https://jurnal.universitasputrabangsa.ac.id/index.php/jimmba/index

Budirahardjo, M., & Laksmidewi, D. (2022). Faktor yang Mendorong Intensi untuk Melanjutkan Penggunaan Dompet Digital: Studi Pada Pengguna di Pulau Jawa. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.8.2.444

Chandra Cindy, K. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, dan Brand Loyalty terhadap Customer Purchase Decision . 3(1).

Hadya Jayani, D. (2019, September 5). Metode Pembayaran E-Commerce Melalui E-Wallet Semakin Digemari. databooks.

Hasya, R. (2022, Juli 7). Ini 10 E-Wallet yang Paling Sering Dipakai Masyarakat Indonesia Tahun 2022.

Izzuddin, A., Fisip, B., Veteran, U. ", & Jawatimur, ". (2022). PENGARUH KESADARAN MEREK, CITRA MEREK, DAN EKUITAS MEREK TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNA SMARTPHONE.

Keller, K. (2014). Manajemen Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Erlangga.

Kristianti, I., Tulenan, V., Ekonomika, F., Bisnis, D., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Dampak financial technology terhadap kinerja keuangan perbankan. 18(1), 57.

http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA

Miati, I., Yppt, S., & Tasikmalaya, P. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar). 1(2), 71–83. http://ojs.stiami.ac.id

Rachmawati, S. D., Andjarwati, A. L., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan) (The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions (Study of JNE Express Users in South Surabaya)).

Sari, S., Jurusan Admiistrasi Niaga, D., Negeri Ujung Pandang, P., & Jurusan Admiistrasi Niaga,

M. (2021). ANALISIS BRAND AWARENESS DAN PENGARUHNYA TERHADAP BUYING

DECISION MOBIL TOYOTA CALYA DI MAKASSAR. Journal of Business

Administration (JBA), 1(1). www.wartakita.id

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyu Safitri, N. (2020). Survei pada Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris Interactive English Language Center di Surakarta dan Sukoharjo Tahun 2020.

Yessica, Y., & Sutanto, E. M. (2020). Faktor yang mempengaruhi pemilihan aplikasi pembayaran seluler. Journal of Business and Banking, 10(1), 53. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2139

Yusi, V., Putri, E., & Hidayat, A. M. (2021). THE EFFECT OF BRAND AWARENESS AND

BRAND IMAGE ON DECISIONS TO USE GOPAY SERVICE




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics