Keputusan Pembelian : Peran Kualitas Produk, Kesadaran Merek, dan Persepsi Harga
Abstract
Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS Ver 22. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas produk maka keputusan pembelian akan semakin meningkat. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Semakin baik persepsi harga maka keputusan pembelian akan semakin meningkat. Sedangkan kesadaran merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: kualitas produk, kesadaran merek, persepsi harga, keputusan pembelian
Full Text:
Download PDFReferences
Aaker, A. D. (2018). Manajemen Ekuitas Merek (1st ed.). Jakarta: Mitra Utama.
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al tijarah, 6(3), 96-107.
Cahyani, K. I., & Sutrasmawati, R. (2016). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(4), 281–288.
Eltonia, N., & Hayuningtias, K. A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Le Minerale 600ml di Kota Semarang. Jurnal Mirai Management, 7(1), 250-256.
Fiani, S. Margaretha., dan Japarianto. E. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo.Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1 (1), 1-6
Ghozali (2016), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 23, Semarang : Universitas Diponegoro
Khaerunissa, S. S., Prabawani, B., & Listyorini, S. (2015). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association dan Faktor Psikografis Terhadap Keputusan Pembelian Etude House di Semarang. Administrasi Bisnis, 4(3), 1–11.
Kotler, & Amstrong, G. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran (Kesembilan). Erlangga.
Kotler, P, & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2 (8th ed.). Jakarta : Erlangga.
Kotler, P, & Keller, K. . (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi ke 1). Erlangga.
Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2018). Principle Of Marketing (17e Global). Pearson Education Limited.
Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). Prentice-Hall Published.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Kusumawati, O. Y., & Hayuningtias, K. A. (2022). KUALITAS PRODUK, RESTO ATMOSPHERE, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(02), 187-196.
Okhtavia, R., & Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepatu Olahraga NIKE (Studi Pada Pengguna Sepatu Olahraga NIKE di Kota Kendal). SEIKO: Journal of Management & Business, 4(3), 357-369.
Permatasari, D. C., & Tjahjaningsih, E. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Telkomsel. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 296-312.
Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, Dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat Di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361-374.
Sari, D. P., & Soliha, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia di Kota Semarang.
Sari, D. Y., Tjahjaningsih, E., & Hayuningtias, K. A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kapur Barus Merek Bagus (Studi Pada Konsumen Giant BSB Semarang).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Syamsidar, R., & Soliha, E. (2019). Kualitas Produk, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Studi Pada Banaran 9 Coffee And Tea Di Gemawang, Kabupaten Semarang). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 26(2).
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4542
Refbacks
- There are currently no refbacks.