MODEL MANAJERIAL SEKTOR UMKM MELALUI PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA DODOL RUMPUT LAUT

Siswati Rachman, Nur Fadny Yuliani, Lina Mariana

Abstract


Usaha dodol rumput laut yang dilakukan oleh petani rumput laut merupakan salah satu usaha andalan warga Desa Sampulungan yang diharapkan mampu meningkatkan nilai ekonomi. Usaha dodol rumput laut dilakukan secara sederhana dan berdasarkan pengalaman turun temurun dari pendahulunya sehingga nilai tambah usaha yang diperoleh belum mampu menyumbang nilai ekonomi yang optimal bagi sektor usaha dodol rumput laut dan kesejahterann masyarakat. Diperlukan upaya konkrit untuk pola sederhana menjadi usaha dengan pola manajerial yang tepat sesuai dengan kodisi riil di masyarakat.

Penelitian ini dilakukan di Desa Sampulungan Kabupaten Takalar dengan tujuan untuk merumuskan model manajerial sektor UMKM melalui pemberdayan kelompok usaha dodol rumput laut. Jenis penelitian ini menggunakan data kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian merumuskan model manajerial usaha dodol rumpiut laut adalah : 1) model manajemen keuangan yaitu diperlukan metode pembukuan yang sesuai dengan kaidah akuntansi serta tata cara penghitungan pajak, 2) model manajemen sumber daya manusia adalah pelatihan kewirausahaan, manajemen serta motivasi, memberikan pelatihan e-commerce, pemberian kompensasi, penilaian kinerja serta perlindungan tenaga kerjai, 3) model manajemen produksi dan bahan baku adalah dilakukan manajemen persediaan bahan baku, kapasitas produksi, proses produksi, perbaikan rasa, kemasan, pemberian expired data dan pelabelan data 4) model manajemen pemasaran adalah menentukan target pasar, survey pasar, pemanfaatan teknologi, serta membangun link n match antara para pemangku kepentingan.

Kata kunci : “Model, manajerial, UMKM, dodol”

References


D., Hisrich Robert. 2002. “Entrepreneurship and Small Business Research – a European Perspective” ed. Drnovsek Mateja. Journal of Small Business and Enterprise Development 9(2): 172–222. https://doi.org/10.1108/14626000210427348.

Fallis, A.G. 2013. “済無No Title No Title.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Ismail, Fitri, and Hadiyanto A. Rachim. 2016. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PROGRAM KEMITRAAN PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Tbk).”

Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3(1).

Jauhar, Muhammad Ityan. 2017. Model Pemberdayaan Ekonomi Abdul Bar Melalui Pelatihan Desain Logo DI Desa Kaliabu Magelang. Yogyakarta. http://digilib.uin- suka.ac.id/27718/2/11250012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf.

Li, Jun, and Harry Matlay. 2006. “Chinese Entrepreneurship and Small Business Development: An Overview and Research Agenda.” Journal of Small Business and Enterprise Development 13(2): 248–62.

Prasetyo. 2015. “No Title.” Konsep dan Teori Pemberdayaan Masyarakat. https://prasfapet.wordpress.com/2015/05/07/konsep-dan-teori-pemberdayaan- masyarakat/.

Salahudin, Salahudin, Wahyudi Wahyudi, Ihyaul Ulum, and Yudi Kurniawan. 2018. “Model Manajemen Kelompok Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Usaha Tepung Tapioka.” Aristo 6(1): 18.

Tri Winarni. 2011. “Teori_Pemberdayaan.” : 11–38.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v3i1.514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics