Pemasaran Digital Dalam Konteks Pendekatan Usaha Kecil Menegah (UKM) Berbasis Komunitas: Eksistensi UKM Di Kelurahan Batu Aji Batam Kepulauan Riau.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh branding, pemasaran digital yang menyebabkan kenaikan penjualan produk UKM dalam ruang lingkup community-based economic small enterprise (CBEs). Penelitian ini mengenai pemasaran digital dengan pendekatan Usaha Kecil Menegah (UKM) Berbasis Komunitas: Eksistensi UKM Di Kelurahan Batu Aji Batam Kepulauan Riau. Penerapan metode kuantitatif dalam penelitian dengan basis kumpulan data yang disebarkan kepada anggota UKM. Sampel yang didapatkan sebanyak 160 dengan teknik sampel jenuh dari keseluruhan jumlah UKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Pemerintah Kota Batam yang berada di tujuh kecamatan, periode juli 2022 hingga agustus 2022. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan SEM (structural equation model) dengan pendekatan aplikasi smartpls. Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menguji pengaruh langsung yang ditimbulkan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Berikut hasil uji pengaruh langsung yaitu: (1) Branding tidak berpengaruh langsung terhadap penjualan produk UMKM. Hal ini terlihat dari nilai t statistik sebesar 0,821 yang lebih kecil dari nilai t = 196, dan nilai p value sebesar 0,412 lebih besar dari nilai taraf signifikansi 0,05. (2) Pemasaran Digital berpengaruh langsung terhadap penjualan produk UMKM. Hal ini dapat dilihat dari nilai t statistic sebesar 2,837 lebih besar dari nilai t = 1,96 dan nilai p value sebesar 0,005 lebih kecil dari taraf signfikansi 0,05.
Kata Kunci: Branding, Community-based Economic Small Enterprise (CBES), Pemasaran
Digital. Penjualan Produk
Full Text:
Download PDFReferences
Puspa, I. (2020). The Implementation of Community-Based Small and Medium Enterprises (SMEs) for Community Empowerment. Journal of Applied Accounting and Taxation, 4(2), 215-223.
Koski, P., Matilainen, A., Suutari, T., & Merja, L. (2018). Management by boundaries e Insights into the role of boundary objects in a community-based tourism development project € hdesm a. 67, 284–296. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2018.02.003.
Stefvany, S., & Fiandra, Y. (2021). PERANCANGAN BRAND IDENTITY VCO BUNDO KANDUANG. Kreatif: Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, 3(1), 7-11.
Ranto, D. W. P. (2014). Pengaruh Harga, Desain Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Ukm Di Yogyakarta. JBTI: Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 5(2), 206-218.
Satria, R., & Hasmawaty, A. R. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Awareness terhadap Penjualan Produk KartuAS Telkomsel Cabang Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 160-171.
Nugroho, A. R. (2006). Analisis ekuitas merek minuman serbuk instan nutrisari (studi pada pengunjung swalayan alfa Sukoharjo).
Dasuki, H. (2017). PENGARUH CORPORATE REBRANDING TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PT EIGER MELALUI BRAND ASSOCIATION DAN REPUTASI PERUSAHAAN (Studi pada UKM Pencinta Alam di Bandar Lampung).
TriKurniawan, S. (2016). Analisis Pengaruh Brand Image Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen Produk Kopi Bubuk pada UKM Industri Kopi Bubuk di Sawojajar, Kec. Kedungkandang, Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Mustika, I. W. W., & Maulidah, S. B. J. (2023). Analisis Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran pada Usaha Kecil Menengah. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(1), 7-12.
Sari, V. P. (2022). PENDIRIAN POJOK DIGITAL DALAM UPAYA MENGATASI TANTANGAN KESENJANGAN DIGITAL DI DESA JATIHURIP. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 11(4), 372-376.
Pancaningsih, R., Baaq, S. H., Latifah, R. N., Wahit, A. N., Handayu, M. D., Rahmawati, E., ... & Santoso, A. P. A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Kecantikan Pada Online Shop Kumara Store Di Sukoharjo. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 1(4), 134-148.
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142-153.
Rino, M. M., & Kartika, L. N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Bioskop Cinema Xxi (Studi Pada Mahasiswa Di DI Yogyakarta). Universitas Kristen Duta Wacana.
Fitriana, R., Rahmawati, S., & Rochayati, S. (2020). Implementation of Community Based Economic Empowerment: Case Study of Small and Medium Enterprises in Pacitan Regency. Journal of Entrepreneurship Education, 23(3), 1-11.
Sulistyaningsih, D., Daryanto, A., & Mahfudz, M. (2021). Analysis of Economic Empowerment through Community-Based Small and Medium Enterprises (Case Study: Small and Medium Enterprises in Bantul Regency). Journal of Management, 7(1), 35-46.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5490
Refbacks
- There are currently no refbacks.