Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Smartphone Samsung

Nandi Rasdiana Sri Sandro, Muh. Asdar, Andi Aswan

Abstract


Studi pada Konsumen Smartphone Samsung di Kabupaten Biak Numfor ini bertujuan untuk meneliti bagaimana kualitas produk mempengaruhi kebahagiaan konsumen terhadap ponsel Samsung. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Kualitas produk dan kebahagiaan konsumen masing-masing merupakan variabel independen dan variabel dependen dalam penelitian ini. Konsumen ponsel Samsung di Kabupaten Biak Numfor merupakan kelompok sasaran penelitian ini. Sampel sebanyak 100 responden diperoleh dengan menggunakan metode non-probability sampling dan strategi purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi survei, tinjauan literatur, dan dokumentasi. Dengan menggunakan SPSS versi 13, analisis regresi linier adalah metode analisis data yang digunakan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa, untuk ponsel Samsung, kualitas produk (X) secara signifikan mempengaruhi kebahagiaan pengguna (Y).

Kata Kunci: Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen

Full Text:

Download PDF

References


Alnando, T., & Hutapea, J. Y. (2021). Pengaruh kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi pada Desa Pabuaran). Jurnal Ekonomis, 14(3), 77. Retrieved Februari 2023

Fatmawati, & Lubis, A. S. (2020). Pengaruh Perilaku Kewirausahaan terhadap Kemampuan Manajerial pada Pedagang Pakaian Pusat Pasar kota Medan. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 1(1). doi:10.24853/jmmb.1.1.1-10

Ghozali, I. (2013). Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.

Gaol, A. L., Hidayat, K., & Sunarti. (2016). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Tingkat

Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ilmu Administrasi Tahun Akademik 2012/2013 Universitas Brawijaya yang Menggunakan Smartphone Samsung). Jurnal Administrasi Bisnis, 38(1), 125–132. http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1491

International Data Corporation. (2022). Indonesia’s Smartphone Market Declined 10% YoY in 2Q22. Jakarta. Retrieved 2023, from https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP49691422

International Data Corporation. (2022). Indonesia’s Smartphone Market Declined 12.4% YoY in 3Q22. Jakarta. Retrieved 2023, from https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP49848422

International Data Corporation. (2022). Indonesia's Smartphone Market Declines 17.3% in 1Q22 Due to Weak Demand and Supply Issues. Jakarta. Retrieved 2023, from https://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prAP49293122

International Data Corporation. (2022). Quartely Mobile phone Tracker. Jakarta.

Kotler, P. (2001). Manajemen Pemasaran Indonesia . Jakarta: Salemba empat.

Kuncoro, M. (2013). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi (4 ed.). Jakarta: ERLANGGA.

Mardhiana, V. R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen yang dimediasi oleh Keputusan Pembelian. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia , 7-31.

Ramdhani, D., & Widyasari, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Ulang Smartphone OPPO. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(3), 1-12.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1 ed.). (Ayup, Ed.) Yogyakarta: Literasi Media Publishing. Retrieved 2023

Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: PT. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics