Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Sinarmas

Arifuddin Arifuddin, Suryanti Suryanti, Budiandriani Budiandriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sinarmas Cabang Parepare.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, kuesioner, dokumen dan interview dengan metode penentuan sampel yang digunakan sebanyak 337 sampel, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan atas kepuasan pelanggan di PT Bank Sinarmas cabang parepare.hal ini dibuktikan dengan hasil statistik F hitung sebesar 5,143 dengan signifikansi sebesar 0,000. Oleh karna nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 ( 0,000<0,05) maka penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis yang menyatakan bahwa “ Diduga pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT Bank Sinarmas cabang parepare yang terdiri dari wujud fisi, kehandalan, ketanggapan,jaminan,dan empati tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada PT Bank Sinarmas cabang parepare

Kata Kunci : Bukti fisik, Reabilitas, Daya tanggap, jaminan, Empati dan kepuasan nasabah

Full Text:

Download PDF

References


Adam, M. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan aplikasi.

Aliansyah, T., & Hafasnuddin, S. (2012). Pengaruh dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah bank aceh syariah cabang banda aceh. Banda Aceh: Program Magister Manajemen, Program Pascasarjana-Universitas Syiah Kuala.

Ariani, D. W. (2011). Manajemen operasi jasa.

Arifuddin, A., & Alimudin, F. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 41–52.

Arifuddin, A., Ilahi, A. A. A., & Alimuddin, F. (2023). The Influence Of Compensation And Position Promotion On Employee Performance At PT. Bank Sulselbar Parepare. International Social Sciences and Humanities, 2(3), 613–619.

Fatona, S. (2010). Kualitas jasa yang mempengaruhi loyalitas dan relevansinya terhadap kepuasan. JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), 1(1).

Gultom, D. K., Arif, M., & Fahmi, M. (2020). Determinasi kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepercayaan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 171–180.

Kotler, P. T., & Lee, N. R. (2009). Up and out of poverty: The social marketing solution. Pearson Prentice Hall.

Pramudita, D. T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., & Adilah, R. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan: Harga Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 424–436.

Rangkuti, F. (2013). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Suprapto, H. A. (2019). Pengaruh pembuatan proposal rencana bisnis (business plan) terhadap kemampuan berwirausaha di SMK Bhakti Husada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2), 19–23.

Tjiptono, F. (2007). Service, quality satisfaction.

Tjiptono, F. (2012). Service Management, Edisi Kedua. Yogyakarta: Cv Andi. Hal, 174.

Wijaya, D. (2022). Pemasaran jasa pendidikan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics