Mitra Sanding Pelayanan Publik Bidang Transportasi Online (Studi Kasus Kebijakan Publik dalam Konteks Transportasi)

Muh. Yusuf Usman, Muh. Yusuf Usman

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berfokus pada fenomena atau peristiwa yang bersifat subjektif dan deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Kota Makassar, yang berlangsung selama 6 (enam) bulan yakni Mei s.d Oktober 2022. Adapun informan penelitian terbagi atas informan kunci (direktur Gojek, Pemkot) dan informan eksternal (pengemudi, pengguna/konsumen dan merchant). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa: 1) mitra sanding pelayanan publik bidang transportasi online di Kota Makassar dalam aspek asas, mekanisme, kualitas dan kepuasan pelayanan adalah pemerintah telah bertanggung jawab mengatur dan mengawasi layanan transportasi online namun upaya yang dilakukan dirasa belum maksimal, regulasi yang terus berubah-ubah menunjukkan ketidaksiapan secara substansi dan administrasi untuk menerapkan regulasi yang mumpuni dan memberikan keteraturan, dan hal ini pun menyebabkan tidak adanya kepastian hukum dan mengurangi kebermanfaatan dari regulasi itu sendiri,pemerintah dan gojek dapat mengembangkan teknologi yang mendukung perbaikan transportasi publik, kualitas dan kepuasan telah dirasakan oleh masyarakat sebagai pengguna transportasi online; 2) mitra sanding pemerintah dan perusahaan Gojek dalam pelayanan publik di Kota Makassar telah menumbuhkan respon positif dan penerimaan, menciptakan peluang pendapatan dan manfaat ekonomi,kesadaran pemerintah, swasta dan masyarakat tentang masa depan transportasi seiring dengan kemajuan teknologi telah memprakarsai keseriusan pemerintah, swasta dan masyarakat untuk mencapai manfaat transportasi online. Namun kelemahan ada pada regulasi dan ketidakpastian hukum, sementara bagi pemerintah, mitra sanding ini telah menjadi sumber pendapatan tambahan melalui pajak dan biaya lisensi, dan tantangan yang dihadapi dapat menciptakan monopoli dan menghambat persaingan sehat dalam industri transportasi; dan 3) strategi mitra sanding pelayanan publik bidang transportasi online di Kota Makassar mampu memberikan angin segar dengan menghadirkan keseriusan dan konsistensi baik pemerintah maupun swasta serta masyarakat untuk mendukung terwujudnya transportasi online yang mudah, simpel dan menguntungkan banyak pihak.

Kata kunci: mitra sanding, transportasi online, gojek, pengemudi, konsumen

Full Text:

Download PDF

References


Alfian, I. A. I., Sari, E. P., & Yuedrika, T. 2019. “Analisis Pengaruh Transportasi Online Terhadap Kesempatan Kerja Dan Kesejahteraan Di Kota Medan.” J-EBIS (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam): 100–113.

Andrianto, Nico. 2007. Transparasi Dan Akuntabilitas Publik Melalui E-. Government. Malang: Bayumedia Publishing.

Ansell, Chris and Alison Gash. 2008. “Collaborative Governance in Theory and Practice.” Journal of Public Administration Research and Theory 18(4): 543–571.

Atmoko, I. D. 2010. Prinsip Tujuan Dan Syarat Pengorganisasian. Surakarta: UNS.

Bianchi, Carmine, Greta Nasi, and William C. Rivenbark. 2021. “Implementing Collaborative Governance: Models, Experiences, and Challenges.” Public Management Review.

Bussu, S. and K.P.R. Bartels. 2011. “Facilitative Leaders in Collaborative Governance: Windows of Opportunity and Window Dressing in Italy.” PSA Annual Conference.

Christensen, Johan, and Kutsal Yesilkagit. 2019. “International Public Administrations: A Critique.” Journal of European Public Policy.

Davies, Althea L. and Rehema M. White. 2012. “Collaboration in Natural Resource Governance: Reconciling Stakeholder Expectations in Deer Management in Scotland.” Journal of Environmental Management 112: 160–169.

Denhardt. 2002. The New Public Service: Serving, Not Steering. ANSI, New York.

Frederickson, H George. 1997. The Spirit of Public Administration. Jossey-. Bass Publishers; San Fransisco.

Ganie, Rochman. 2000. Prinsip, Komponen, Dan Penerapannya Dalam Hak Asasi. Manusia (Penyeleenggaraan Negara Yang Baik). Komna HAM, Jakarta.

Gerlak, Andrea K. and Tanya Heikkila. 2006. “Comparing Collaborative Mechanisms in Large-Scale Ecosystem Governance.” Natural Resources Journal 46: 657–707.

Gie, The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Goldsmith, S., & Eggers, W. D. 2004. Governing by Network. Washington: The. Brookings Institution.

Hanif, Muzammil, Sehrish Hafeez, and Adnan Riaz. 2010. “Factors Affecting Customer Satisfaction.” International Research Journal of Finance and Economics.

Heinrich, H. W. 1997. Industrial Accident Prevention : A Scientific Approach. New York : McGraw-Hill Book Company.

Hicks, Darrin, Carl Larson, Christopher Nelson, David L. Olds and Erik Johnston. 2008. “The Influence of Collaboration on Program Outcomes: The Colorado Nurse–Family Partnership.” Evaluation Review 453–477: 453–477.

Hidayat, R., & Diani, D. 2019. “Strategi Dinas Perhubungan Menerapkan Regulasi Angkutan Online Dalam Menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kota Palangka Raya.” Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi 5(1): 32–38.

Hysing, Erik. 2022. “Designing Collaborative Governance That Is Fit for Purpose: Theorising Policy Support and Voluntary Action for Road Safety in Sweden.” Journal of Public Policy.

Ibrahim, Buddy. 2000. Total Quality Management: Panduan Untuk Menghadapi. Persaingan Global. Djambatan, Jakarta.

Indrajit, R.Eko. Djokopranoto, R. 2006. Manajemen Perguruan Tinggi Modern. Andi Offset, Yogyakarta.

Kamaluddin. 2003. Ekonomi Transportasi. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Keban, Yeremias T. 2014. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori Dan Isu (Edisi Kedua). Gava Media, Yogyakarta.

Koebele, Elizabeth A. 2019. “Integrating Collaborative Governance Theory with the Advocacy Coalition Framework.” Journal of Public Policy.

Kurniawan. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Pembaharuan, Yogyakarta.

Lopes, André Vaz, and Josivania Silva Farias. 2022. “How Can Governance Support Collaborative Innovation in the Public Sector? A Systematic Review of the Literature.” International Review of Administrative Sciences.

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, and Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. edisi 7. Erlangga: Jakarta.

Luwihono, A., Peranginangin, A. F., & Makanuay, A. 2020. “Peningkatan Moda Transportasi Indonesia Era Digital Berbasiskan Sistem Cerdas.” ATDS SAINTECH JOURNAL OF ENGINEERING 1(2): 55–63.

Mahmudi. 2015. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Manullang, L A. 2013. Teori Manajemen Komprehensif Integralistik. Jakarta: Salemba Empat, Jakarta.

Mardiasmo. 2019. Perpajakan. CV Andi Offset, Yogyakarta.

Margerum, Richard D. 2011. Beyond Consensus: Improving. Collaborative Planning and Management. MIT Press: Cambridge.

Meijer, Albert Jacob, Miriam Lips, and Kaiping Chen. 2019. “Open Governance: A New Paradigm for Understanding Urban Governance in an Information Age.” Frontiers in Sustainable Cities.

Miles, M. B., Huberman, A. M. and Saldana, J. 2018. Qualitative Data Analysis. SAGE Publication. Ltd.

Mitchell, Shannon M. and Stephen M. Shortell. 2000. “The Governance and Management of Effective Community Health Partnerships: A Typology for Research, Policy, and Practice.” Milbank Quarterly 78(2): 241–289.

Moenir. 2017. Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.

Morlok, E.K. 1998. Pengantar Teknik Dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Munawar, Ahmad. 2005. Dasar-Dasar Teknik Transportasi. Yogyakarta : Beta Offset.

Nainggolan, A. C., Sopwan, I., Auliah, N., & Hasanuddin, A. 2020. “Polemik Kebijakan Transportasi Online.” JDKP Jurnal Desentralisasi dan Kebijakan Publik 1(1): 27–34.

Nasution. 2008. Manajemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nola, L. F. 2018. “Perjanjian Kemitraan vs Perjanjian Kerja Bagi Pengemudi Ojek Online.” Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR, Jakarta.

Osei-Kojo, Alex. 2017. “E-Government and Public Service Quality in Ghana.” Journal of Public Affairs.

Page, Stephen. 2010. “Integrative Leadership for Collaborative Governance: Civic Engagement in Seattle.” Leadership Quarterly 21(2): 246–263.

Painter, Martin. 2001. “Multi-Level Governance and the Emergence of Collaborative Federal Institutions in Australia.” Policy and Politics.

Parasuraman, A., Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1994. “Alternative Scales for Measuring Service Quality: A Comparative Assessment Based on Psychometric and Diagnostic Criteria.” Journal of Retailing 70(3): 201–30.

Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung-Alfabeta.

Payne, Adrian. 2014. The Essence of Service Marketing. Andi Offset, Yogyakarta.

Pfiffner and Presthus. 1997. Public Administration. New York: The Ronald Press Company.

Powell, C, and J E Persico. 1995. My American Journey. New York: My American Journey.

Prananda, R. R., & Aidi, Z. 2019. “Tinjauan Yuridis Kedudukan Pengemudi Transportasi Online Dalam Perjanjian Kemitraan Dengan Perusahaan Penyedia Aplikasi Transportasi Online.” Law, Development & Justice Review 2(2): 135–62.

Rahardjo. 2014. “Analisis Fraud Diamond Dalam Mendeteksi Financial Statement Fraud: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2010-2012.” Diponegoro Journal of Accounting 3(2): 1–12.

Rahmayanty, Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rangkuti, Freddy. 2011. SWOT Balanced Scorecard. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rianty, M., & Rahayu, P. F. 2021. “Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Akuntansi Dan Manajemen 16(2): 153–67.

Salim, Abbas. 1993. Manajemen Transportasi. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Savas, E. S. 1990. Privatization: The Key to Better Government. Chatham House Publishers.

Sedarmayanti. 2010. Manajemen Suber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi Dan Manajemen PNS. Bandung: Refika Aditama, Bandung.

Setijowarno, Djoko. 2001. Pengantar Sistem Transportasi. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Siagian, P.Sondang. 2012. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi. Jakarta: Penerbit Gunung Agung.

Sinambela, Lijan Poltak. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Stephens, Ricardo S. Morse & John B. 2012. “Teaching Collaborative. Governance : Phases, Competencies, and Case-Based Learning.” Journal of Public Affairs.

Suaedi, Falih Wardiyanto, Bintoro. 2010. Revitalisasi Administrasi. Negara (Reformasi Birokrasi Dan E-Governance). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.

Tamin. 1997. Perencanaan Dan Pemodelan Transportasi. Institut Teknologi Bandung.

Taylor, Brent and Rob C. de Loë. 2012. “Conceptualizations of Local Knowledge in Collaborative Environmental Governance.” Geoforum 43(6): 1207–1217.

Thoha, Miftah. 2013. Kepemimpinan Dalam Manajemen. Fisipol UGM. Yogyakarta.

Trischler, Jakob, and Jessica Westman Trischler. 2022. “Design for Experience–a Public Service Design Approach in the Age of Digitalization.” Public Management Review.

Ulum, B. 2018. “Peranan Transportasi Online Dalam Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Rumah Tangga Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Driver Grabcar Kota Makassar).” Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Wahyudi, Bambang. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Sulita.

Wibawa, Samodra. 2009. Administrasi Negara; Isu-Isu Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Agung Nurul Falaq Adi. 2020. “Collaborative Governance Dalam Pelayanan Transportasi Publik (Study BRT Trans Semarang).” Syntax Literate 5(3): 1–18.

Zacka, Bernardo. 2022. “Political Theory Rediscovers Public Administration.” Annual Review of Political Science.

Zeithaml, V A. 2013. Service Marketing. 3rd ed. Tata McGraw: McGraw-Hill.

Perundangan-undangan

Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 Tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat

Permenhub 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 118 Tahun 2018 Tentang Penyelenggaraan Kendaraan Sewa

Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 tentang Angkutan Jalan

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics