Kemampuan Literasi Digital Dosen Dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar Memasuki Era Society 5.0 di kabupaten Halmahera Utara

Sitti Nurulbayti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat literasi digital yang dimiliki oleh dosen perguruan tinggi di Kabupaten Halmahera Utara,Tenaga pendidik perlu kuasai literasi digital untuk menghadapi era society 5.0. Penelitian ini analisis kemampuan literasi digital dosen di Kab. Halmahera Utara, hubungannya dengan kesiapan menghadapi era society 5.0, persiapan pengembangan SDM, dan strategi yang direncanakan. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan 65 sampel dosen. Hasilnya menunjukkan kemampuan mencari dan berbagi informasi pembelajaran digital di atas rata-rata, sedangkan menilai kredibilitas, kualitas, dan meramu informasi digital di bawah rata-rata. Responden memberi skor 6,8 untuk kemampuan literasi digital secara umum. Terdapat korelasi erat antara kemampuan literasi digital dengan kesiapan memasuki era society 5.0 (r=0,904, p=0,000). Persiapan dosen melibatkan pengembangan mental, ilmu, iman, pelatihan, pengetahuan baru, dan teknologi, sementara strateginya melibatkan kerjasama dengan pihak terkait, pemanfaatan fasilitas IT, dan peningkatan literasi data, teknologi, dan manusia. Keywords: Literasi digital Dosen, Era society 5.0, Pengembangan SDM.

Kata Kunci: Era Society 5.0, Literasi digital, Proses Belajar.

Full Text:

Download PDF

References


Adam, A. (2023). The Portrait Of Islamic Education Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Man 1 Ternate. Amanah Ilmu, 10(2), 295–314.

Adiyana Adam. (2023a). Integrasi Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Amanah Ilmu, 3(1), 13–23.

Adiyana Adam. (2023b). Journal of Contemporary Issue in Elementary Education ( JCIEE ) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education (JCIEE), 1(1), 29–37.

Agustini, R., & Sucihati, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Society 5.0 Agustini, Rajab (SMPN 45 Palembang). Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana.

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana (hal. 18-25). Palembang: Universitas Pgri Palembang.

Akbar, M. F., & Anggaraeni, F. D. (2017). Teknologi dalam Pendidikan :Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2 (1).

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A.B. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Dilingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3 (2).

Boru, T. (2018). Introduction Citation: Lelissa TB. University of South Africa

Cabinet Office. (2021). Society 5.0. Diambil kembali dari Cabinet Office: https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html

Deguchi, A., Hirai, C., Matsuoka, H., Nakano, T., Oshima, K., Tai, M., & Tani, S. (2020). What Is Society 5.0? Dalam Society 5.0, A People-centric Super-smart Society (hal.1-23). Tokyo.

Fairuza, N. (2021, April 1). Opini | Urgensi Literasi Digital untuk Masa Depan Indonesia. Diambil kembali dari Center for Indonesian Policy Studies: https://www.cips-indonesia.org/post/opini-urgensi-literasi-digital-untuk-masa-depan-indonesia

Fairuza, N., & Amanta, F. (2021, April 27). Policy Brief|Promoting Digital Literacy Skill for Student sthrough Improved School Curriculum. Diambil kembali dari CIPS Indonesia: https://www.cips-indonesia.org/post/policy-brief-promoting-digital-literacy-skill-for-students-through-improved-school-curriculum

Fitriyani, & Mukhlis, S. (2021). Urgensi Penggunaan Digital Literasi Dalam Pelaksanaan Pendidikan Dimasa Pandemi. Jurn Al Dikoda, 13-20.

Fukuyama, M. (2018). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.jef, 47-50.

Hamilton, K. (2020, Maret). The Future of Education: Preparing for Society 5.0. Diambil kembali dari Medium: https://medium.com/@kathleenhamilton/the-future-of-education-preparing-for-society-5-0-a9d81ad64d9f

Hasibuan, M. S. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Bumi Aksara: Jakarta. Istianda, M. (2019). Online Learning Dan Hubungannya Dengan Keterampilan Literasi Digital (Studi Kasus Pada Pendidikan Jarak Jauh). Sebatik, 23 (1).

Jics.(2018,Oktober).Buildingdigitalcapability.DiambilkembalidariJisc:https://www.jisc.ac.uk/rd/projects/building-digital-capability

Kadarisman, M. (2013). ManajemenPengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud Ristek. (2021, Februari 21). Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital. Diambil kembali dari Direktorat Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi: http://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/literasi-digital-bagi-tenaga-pendidik-dan-anak-didik-di-era-digital

Khasanah, U., & Herina. (2019). membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). prosiding seminar nasional program pascasarjana.

Kominfo; Katadata. (2020). Status Literasi Digital Indonesia. Jakarta: Kominfo dan Katadata. Law, N., Woo, D., Torre, J. D., & Wong, K.(2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. Psychology.

Media Mahasiswa Indonesia. (2021, Juni 23). Society 5.0: Will It Have An Impact On Education? Diambil kembali dari https://mahasiswaindonesia.id/society-5-0-will-it-have-an-impact-on-education/

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikandan Konseling (JPDK), 3 (1).

Munti, N. Y., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4 (2).

Paul, C. M., Spires, H., & Kerkhoff, S. (2017). Encyclopedia of InformationScience and Technology.(M. Khosrow-Pour, Penyunt.) Hershey: IGI Global.

Ponce, O. A., & Maldonado, N. P. (2015). Mixed Methods Research in Education: Capturing the Complexity of the Profession. International Journal of Educational Excellence, 111-135.

Pratiwi, N., & Pritanova, N. (2017). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Psikologis Anak Dan Remaja. Stkip Siliwangi, 6 (1).

Raja, R., & Nagasubramani, P.C. (2018). Impact of Modern Technology in Education. Journal of Applied and Advanced Research, S33-S35.

Ratheeswari, K. (2018). Information Communication Technologyin Education. Journal of Applied and Advanced Research, S45-S47.

Rivoltella, P.C. (2008). Digital Literacy: Tools and Methodologies for Information Society.Hershey: IGI Publishing.

Rojas, C. N., Peñafiel, G. A., Buitrago, D. F., & Romero, C. A. (2021). Society 5.0: A Japanese Concept for a Superintelligent Society.Sustainability, 1-16.

Rusydi, I .(2017). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Jurnal Warta.

Sadali Samsudin.(2010). Manajamen Sumber Daya Manusia (edisiketiga). Bandung: PT. Pustakaka Setia.

Techataweewan, W., & Prasertsin, U. (2018). Development of digital literacy indicators for Thaiun dergraduate student susing mixed method research. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(2), 215-221.

Yustika, G.P., & Iswati, S. (2020). Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review.Dinamika Pendidikan, 66-76.

Yustika, G.P., & Iswati, S. (2020). Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review.Dinamika Pendidikan.

Ariastika, Devi., (2022), “Penerapan Literasi Digital Pada Pembelajaran IPA Dalam Menghadapi Kesiapan Pendidikan di Era Society 5.0”, FORDETAK: Seminar Nasional Pendidikan: Inovasi Pendidikan di Era Society 5.0, Palangkaraya, 15 maret 2022.

Techataweewan, W., & Prasertsin, U., (2017), “Development of digital literacy indicators for Thaiun dergraduate student susing mixed methodr esearch”, Kasetsart Journal of Social Sciences, http://dx.doi.org/10.1016/j.kjss.2017.07.001




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics