Dampak Profitabilitas Perusahaan Dan Leverage Keuangan Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Umkm Batik Di Barlingmascakeb

Suwono Suwono

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji profitabilitas perusahaan dan leverage keuangan terhadap kinerja keuangan UMKM Batik di Barlingmascakeb. Penelitian ini termasuk penelitian survey dan termasuk jenis kuantitatif, jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 120 responden pada karyawan UMKM Batik di Barlingmascakeb. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini adalah profitabilitas perusahaan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan UMKM Batik Barlingmascakeb. Kemudian leverage keuangan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kinerja keuangan UMKM Batik Barlingmascakeb. Penelitian ini masih memerlukan penelitian lanjutan dengan menambahkan variabel lain untuk memperkuat dari penelitian ini serta pada obyek dan subyek yang berbeda dengan penelitian ini.

Kata Kunci: profotabilitas perusahaan, leverage keuangan, kinerja keuangan, UMKM Batik

Full Text:

Download PDF

References


Kraus, S., Vonmetz, K., Bullini Orlandi, L., Zardini, A., & Rossignoli, C. (2023). Digital entrepreneurship: The role of entrepreneurial orientation and digitalization for disruptive innovation. Technological Forecasting and Social Change, 193, 122638. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2023.122638

Kulkov, I. (2023). Technology entrepreneurship in healthcare: Challenges and opportunities for value creation.

Pozzo, D. N., Roa, I. G., Beleño, C. A. G., Orfale, H. J., Gomez, A. J. R., & Guerrero, V. C. (2023). The impact of entrepreneurial orientation on innovation performance: A study on micro, small and medium-sized enterprises (MSMEs) in the Colombian Caribbean. Procedia Computer Science, 224, 502–506. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.09.072

Rahmadi, R., Soolany, C., & Pratama, A. R. (2018). Penerapan Manajemen Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Jual Produk UMKM Gula Merah di Kabupaten Cilacap. Ratih: Jurnal Rekayasa Teknologi Industri Hijau, 3(2), 6.

Shafqat, T., Mushtaq, R., Tahir, Z., & Shaheen, W. A. (2021). EFFECTS OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) ON FINANCIAL AND NON-FINANCIAL PERFORMANCE: EVIDENCE FROM HIGHER EDUCATIONAL SECTOR OF PAKISTAN. Humanities & Social Sciences Reviews, 9(3), 1027–1037. https://doi.org/10.18510/hssr.2021.93101

Nurofik, A., Rahajeng, E., Munti, N. Y. S., Hardiansyah, A., Firmansyah, H., Sani, A., ... & Wiyono, A. S. (2021). PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Penerbit Insania.

Sani, A. (2017). Sistem Manajemen Otomasi Perpustakaan Berbasis Open Source Senayan Library Management System (SLiMS)(Studi Kasus Perpustakaan H. Bata Ilyas STIE AMKOP Makassar). SEIKO: Journal of Management & Business, 1(1), 47-65.

SYARIFUDDIN, S., ILYAS, J. B., & SANI, A. (2021). PENGARUH PERSEPSI PENDIDIKAN & PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KANTOR DINAS DIKOTA MAKASSAR. Bata Ilyas Educational Management Review, 1(2).

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Sani, A. (2021). The Relevance of Using Social Media Applications Strategies to Increase Marketing Potential of Indonesian Maritime Tourism (Analytical Study of Tourism Journals and Online Marketing). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 8791-8799.

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan dan Supervisi Kepala Ruangan terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Sani, A., & Hafidah, A. (2020). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvment Teradap Impulse Buying Behevior Masyarakat High Income Makassar. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 20(3), 231-238.

Irsan, I., & Sani, A. (2018). Praktik Manajemen Pengetahuan Pustakawan Dalam Mengembangkan Koleksi Lokal Makassar Di Dinas Perpustakaan Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 3(1), 121-135.

Munir, M., Fachmi, M., & Sani, A. (2020). Pengaruh Disiplin Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Mirai Management, 5(3), 161-170.

Syarifuddin, U., Ilyas, G. B., Misbahuddin, M., Mustafa, H., & Sani, A. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Kerajinan Anyaman Rotan dan Bambu melalui Pemasaran Online di Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Bata Ilyas Educational Management Review, 2(2), 1-24.

Boediman, S. F., Hendriarto, P., Satmoko, N. D., Sulistiyani, S., & Amar Sani, A. S. (2021). Relevance of social media applications as a marketing strategy for Indonesian tourism destinations (literature analysis study). Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 4(3), 5705-5712.

Makkira, M., Syakir, M., Kurniawan, S., Sani, A., & Ngandoh, A. M. (2022). Pengaruh Stres Kerja, Komunikasi Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Prima Karya Manunggal Kabupaten Pangkep. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 20-27.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. (2022). Pengaruh Personal Selling terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Etalase Mitra Jaya di Wajo pada Masa Lockdown Pandemi Covid 19. Amkop Management Accounting Review (AMAR), 2(1), 13-19.

Sulistyo, H. & Siyamtinah. (2016). Innovation capability of SMEs through entrepreneurship, marketing capability, relational capital and empowerment. Asia Pacific Management Review, 21(4), 196–203. https://doi.org/10.1016/j.apmrv.2016.02.002

Suwono, S., & Hasibuan, R. R. (2022). Total Quality Management (TQM) Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Kualitas Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal E-Bis, 6(2), 606-619.

Teofilus, T., Singh, S. K., Sutrisno, T. F., & Kurniawan, A. (2020). ANALYZING ENTREPRENEURIAL MARKETING ON INNOVATIVE PERFORMANCE. MIX JURNAL ILMIAH MANAJEMEN, 10(1), 78. https://doi.org/10.22441/mix.2020.v10i1.006

Tzoulis, I., Andreopoulou, Z., Koliouska, C., Tsekouropoulos, G., & Samathrakis, V. (2013). WooDB: A DBMS Approach as a Marketing Tool for Wood Entrepreneurship. Procedia Technology, 8, 275–284. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2013.11.037

Vargo, S. L. (2011). On marketing theory and service-dominant logic: Connecting some dots. Marketing Theory, 11(1), 3–8. https://doi.org/10.1177/1470593110393715

Vedhathiri, T. (2020). Collaborative Dissertation Based on the Human Resources Needs of MSMES to Improve their Competitiveness and to Overcome the Disruption. Procedia Computer Science, 172, 551–558. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.160

Wirawan, Y. R. (2017). Pengaruh orientasi pasar, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran UMKM batik di Kabupaten Jombang. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 5(1), 56. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v5i1.1006




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5796

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics