Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen: Kajian Eksplorasi Persepsi Konsumen di Pelabuhan Laut Kota Manado Pada Tahun 2023

Agustinus Mabuka, Davidson Tampi, Novie P. Sibilang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu kepuasan pengguna Pelabuhan Manado. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah 185 responden secara acak laki-laki 104 dan perempuan 41 responden. Analisa data menggunakan teknik Exploratory Factor Analysis dengan metode Principal Component Analysis. Penelitian ini akhirnya menghasilkan 3 (Tiga) factor yaitu: Service Excellent/Pelayanan Prima dan Services Operation serta Service Ability. Pelayanan yang Prima merupakan faktor yang memiliki nilai eigenvalues tertinggi, sehingga ini harus terus ditingkatkan oleh pengelolah Pelabuhan Manado bila ingin memberi kepuasan kepada para penumpang kapal di Pelabuhan Manado.

Kata Kunci: Pelayanan yang Prima, Services Operation, Services Ability

Full Text:

Download PDF

References


Kotler dan Keller. 2016. Marketing Managemen. Pearson Education, Inc, New Jersey.

Beavers, A. S., Lounsbury, J. W., Richards, J. K., Huck, S. W., Skolits, G. J., &

EsquiS.L.(2013). Practical considerations for using exploratory factor analysis in educational research. Practical assessment, research & evaluation, 18, 1-13.

Hilman, Firmansyah. 2016. Organisasi dan Manajemen Bisnis. Penerbit Ombak. Yogyakarta.

Nasution, M. N. (2005). Manajemen Mutu Terpadu: Total Quality Management,Edisi Kedua,

Ghalia Indonesia, Bogor. Robbins, stephen P. (2003).

Office of Government Commerce (OGC). (2007). ITIL Service Operation. London: The

Stationery Office.

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2013). Using Multivariate Statistics (6th ed.). Boston, MA:

Pearson.

Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Edisi 3. Yogyakarta: Andi. 2016. Strategi Pemasaran. Edisi 5.

Andi, Yogyakarta.

Tjiptono dan Chandra. 2016. Pemasaran Strategik. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics