Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam

Yuniati Yuniati, Mauli Siagian

Abstract


Tren fashion yang saat ini sedang populer di beberapa kalangan masyarakat adalah tren thrift fashion atau fashion pakaian bekas. Di Indonesia, industri pakaian bekas semakin berkembang yang ditandai dengan meningkatnya generasi milenial yang menggunakan barang bekas. Menjual pakaian bekas atau fashion bekas di Kota Batam pun semakin populer di kalangan masyarakat lokal. Sebagai pemilik bisnis, tentunya harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Konsumen menginginkan produk berkualitas yang sesuai dengan harga yang mereka bayar. Merek-merek impor yang branded dijual sebagai produk fashion thrift. Beberapa orang suka menggunakan barang brand import. Salah satu alasannya adalah karena lifestyle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, brand import dan lifestyle terhadap keputusan pembelian produk fashion thrifting di Batam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan puposive sampling. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada sebanyak 204 responden kepada konsumen yang membeli produk fashion thrifting di Batam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, brand import dan lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap keputusan pembelian produk fashion thrifting di Batam.

Kata kunci : Brand Import, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Lifestyle

Full Text:

Download PDF

References


Abdi, H. (2022). Pengertian Ekspor dan Impor Menurut Para Ahli, Ketahui Manfaatnya untuk Negara. Liputan 6, p. 3. Retrieved from https://www.liputan6.com/hot/read/4868095/pengertian-ekspor-dan-impor-menurut-para-ahli-ketahui-manfaatnya-untuk-negara?page=4

Afifurrahman, M., & Eka Saputri, M. (2021). NoPENGARUH FASHION LIFESTYLE DAN SELF IMAGE TERHADAP IMPULSE BUYING PAKAIAN THRIFTING DI KOTA BANDUNG. E-Proceeding Of Management, 8(5), 2. Retrieved from https://repository.telkomuniversity.ac.id/pustaka/170029/pengaruh-fashion-lifestyle-dan-self-image-terhadap-impulse-buying-pakaian-thrifthing-di-kota-bandung.html

Aini, F., Maulidiyah, R., & Hidayanto, M. F. (2022). Pengaruh Gaya Hidup dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelin. Jurnal Manajemen, 14(1), 85. Retrieved from https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN/pages/view/FC

Akkaya, M. (2021). Understanding the impacts of lifestyle segmentation & perceived value on brand purchase intention: An empirical study in different product categories. European Research on Management and Business Economics (ERMBE), 27(3), 2. Retrieved from https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2444883421000140

Aliyas, Ismawati, Hasanuddin, A., Rahmat, M., & Sandra, E. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas (Thrift) Di Kota Batam. 3, 1. Retrieved from https://ojs3.lppm-uis.org/index.php/PMJ/article/view/607

Anggraini, R., Dewi Wulandari, C., Sriyanto, & Dewita, F. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK, DIRECT MARKETING DAN STRATEGI DIFERENSIASITERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOBIL MITSUBISHI MOTORS. Journal of Business Finance and Economic (JBFE), 4(1), 2. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/view/3773

Duha, R., & Siagian, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Luar Garis Coffee. ECo-Buss, 6(1), 16. Retrieved from https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/673/466

Dwi Senda, A., M.Anwar, S., & Rizkiyaj Hasbi, A. (2023). Pengaruh Brand Import ThriftDan Harga Terhadap Preferensi Konsumen (Study Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo). Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6, 1491. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1127

Ghilmansyah, R., Nursanti, S., & Utamidewi, W. (2021). Fenomena Thrifting Sebagai Gaya Hidup Milenial Bogor. Jurnal Nomosleca, 2. Retrieved from https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/6308/pdf

Islamiati, Wi. (2023). Mendag: Semua Barang Bekas Impor Masuk Lartas! Retrieved July 8, 2023, from Kementerian Perdagangan Republik Indonesia website: https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/mendag-semua-barang-bekas-impor-masuk-lartas

MenteriPerdaganganRepublikIndonesia. (2021). Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2021. Retrieved from https://jdih.kemendag.go.id/peraturan/stream/2110/2

Purwati, Annung Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. 11, 35. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/410268-pengaruh-brand-ambassador-dan-brand-imag-1b45d680.pdf

Redaksi. (2022). 20 Merek Pakaian Thrifting Paling Diburu Pembeli. Retrieved from Tugu Malang website: https://tugumalang.id/20-merek-pakaian-thrifting-paling-diburu-pembeli/#:~:text=20 Merek Pakaian Thrifting Paling Diburu Pembeli 1,... 8 8. New balance ... More items

Richard Jokhu, J., & Rahmawati, M. (2022). Would You Like to Buy Food via Ecommerce App? The Mediating Role of Brand Image in Electronic Word of Mouth, Perceived Ease of Use, and Purchase Intention. Sriwijaya International Journal Of Dynamic Economic And Business, 6(3), 279. Retrieved from https://sijdeb.unsri.ac.id/index.php/SIJDEB/article/view/315/219

Risman, D. (2023). Berburu Barang Impor Murah di Batam : 6 Rekomendasi Tempat Mulai dari Mall Hingga Pasar Seken. Retrieved from Batamnews website: https://www.batamnews.co.id/berita-102051-berburu-barang-impor-murah-di-batam-6-rekomendasi-tempat-mulai-dari-mall-hingga-pasar-seken.html

Suarningsih, N. K., Budi Nugroho, W., & Agung Krina Aditya, G. N. (2020). Thrift Shopping Sebagai Alternatif Konsumsi Fashion Mahasiwi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Udayana. 2. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/84815/43684

Surya Ramadhon, G., Ula Ananta Fauzi, R., & Citaningtyas Ari Kadi, D. (2023). ANALISIS PEMASARAN VIRAL, KUALITAS PRODUK, HARGA DAN LIVE STREAMING PARFUM POPCORN DI MARKETPLACE TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GENERASI Z DI MADIUN. SEMINAR INOVASI MANAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 5, 3. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/viewFile/4776/3628

Wintaria, A., & Siagian, M. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Mamakael Berniaga Sejahtera di Batam. ECo-Bus, 133. Retrieved from https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=cSIjEIQAAAAJ&sortby=pubdate&citation_for_view=cSIjEIQAAAAJ:M3ejUd6NZC8C

Wisnu Nafiri, M. (2023). Pengaruh Brand Import, Harga, And Fashion Life Style Thrift Shop Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Branded Pada Mahasiswa FEBI UIN Khas JEMBER Angkatan 2018. 1. Retrieved from http://digilib.uinkhas.ac.id/17380/1/SKRIPSI WISNU FIX.pdf

Yulinar, I. (2023). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pengguna ShopeePay). Repository Universitas Siliwangi, 14. Retrieved from http://repositori.unsil.ac.id/9016/




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6003

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics