Pengaruh Persepsi Konsumen, Kualitas Informasi dan Nilai Pelanggan terhadap Loyalitas Penggunaan Aplikasi Gojek di Kota Batam

Christian Diego Alexsander Victory Sumit, Yunisa Oktavia

Abstract


Di masa sekarang persaingan antara bisnis semakin meningkat, berbagai perusahaan saling berlomba-lomba untuk meningkatkan produktivitas perusahaannya, agar perusahaan dapat lebih maju. Dengan adanya loyalitas, dapat membantu perusahaan dalam mencapai keloyalan konsumen untuk meningkatkan hubungan yang baik antar perusahaan dengan konsumen. Maraknya perkembangan bisnis di bidang jasa transportasi yang beragam dapat menimbulkan tingginya tingkat persaingan antar bisnis. Tentu setiap perusahaan memiliki strategi masing-masing untuk memasarkan produk dan bisnisnya, secara kreatif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh persepsi konsumen, kualitas informasi, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas penggunaan aplikasi Gojek di Kota Batam. Sampel sebanyak 100 responden menggunkan rumus slovin sebagai teknik pengambilan sampel. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif dengan skala likert. Hasil yang diperoleh dari uji t adalah persepsi konsumen berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 2,396 > t tabel 1,984984 dan nilai signiikansi 0,019 < 0,05, kualitas informasi berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 2,061 > 1,984984 dan nilai signifikansi 0,042 < 0,05, dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung 14,710 > 1,984984 dan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 terhadap loyalitas penggunaan aplikasi Gojek di Kota Batam. Dan uji f diperolah secara signifikan persepsi konsumen, kualitas informasi dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas penggunaan aplikasi Gojek di Kota Batam dengan nilai f hitung 238,337 > f tabel 2,698398 dan tingkat signifikansi 0,001 < 0,05.

Kata Kunci: Persepsi Konsumen, Kualitas Informasi, Nilai Pelanggan dan Loyalitas.

Full Text:

Download PDF

References


Agus Prasetyo Utomo, & Wahyu Arkhamu Razak. (2022). Analisa Kualitas Informasi, Kualitas Teknikal & Amp; Fungsional, Kualitas Keamanan, Kemudahan Penggunaan Mobile Aplikasi Gojek Terhadap Kegunaan, Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 39–54. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v15i1.610

Asrial, A. M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Malatunrung Rezkindo. 4–5.

Azzahrah Putri Haykal, Ika Febrilia, & Terrylina Arvinta Monoarfa. (2023). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen Dalam Berbelanja Online. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 4(1), 17–35. https://doi.org/10.21009/jbmk.0401.02

B, I., Widiawati, A., & Latief, F. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kopi Ilbs Di Gowa. Nobel Management Review, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.37476/nmar.v4i2.4061

Cang, Y., & Wang, D. (2021). A Comparative Study On The Online Shopping Willingness Of Fresh Agricultural Products Between Experienced Consumers And Potential Consumers. Sustainable Computing: Informatics and Systems, 30, 100493. https://doi.org/10.1016/j.suscom.2020.100493

Farhana, A. (2021). Applying Social Exchange Theory to Value Co-Creation Frame: Does it Leads to Customer Loyalty? 194.

Fitri, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Gojek Di Kota Batam. 1.

I, G. J., Ni Made Nopita Wati, Erna, H., Wiwin, W., Mira, P., Nugrahini, S. W., … M, C. B. U. (2019). The Role Of Customer Service Through Customer Relationship Management (CRM) To Increase Customer Loyalty And Good Image.

Irvansyah, M. (2019). Gojek Dan Masyarakat Berisiko.

Karistawati, S., Nurhayati, R., & Rohmat, S. (2020). Pelayanan Jasa Sopir Gojek Online Kepada Konsumen Di Gojek Online Cabang Purwakarta Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.103

llah, N. A., Sularso, A. R., & Irawan, B. (2019). Pengaruh Citra Destinasi dan E-WoM di Media Sosial Instagram serta PersepsiKonsumen Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata B29 di Kabupaten Lumajang. 165.

Lucia, H. R., Kawatak, Y. S., & Ogi, J. W. I. (2022). Persepsi Konsumen Terhadap Promosikopi Redo Di Instagram. 94.

Muthia Agnisa Halim, L. F. S. W. N. (2023). Persepsi Konsumen Terkait Etika, Kepuasandan Loyalitas Pelanggan Di Sektor Retail Online.

Putriyatni, I., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Pengalaman, Kepuasan, Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Batam. 179.

Rahman, A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Promosi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Gojek Studi Kasus Pada Pt. Aplikasi Karya Anak Bangsa Di Kota Banjarmasin. At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 62. https://doi.org/10.31602/atd.v4i1.2623

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&d / sugiyono (Cetakan Ke-3, 2021). Bandung.

Thung, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Mitra Go-Jek Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 74.

Wibowo, E. W. (2023). Pengaruh Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pada Traveloka. 81.

Yeridha, P. A. R., Kuleh, Y., & Sampeliling, A. (2022). Pengaruh Persepsi Nilai Pelanggan Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Ojek Online Go-jek Di Samarinda. 76.

Yurindera, N. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Sikap Terhadap Motivasi Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Online Di Masa Pandemi. 351.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics