MENGUKUR SIKAP KONSUMEN PRODUK PT TELKOMSEL DI KOTA MAKASSAR DENGAN MODEL FISHBEIN

Syamsul Alam

Abstract


Salah satu faktor penting yang mempengaruhi periku konsumen adalah faktor sikap. Faktor sikap akan menjadi pertimbangan bagi konsumen sebelum membeli sebuah produk, pun juga, perilaku konsumen setelah membeli akan mempengaruhi sikapnya terhadap sebuah produk tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengukur sikap konsumen yang menggunakan kartu telkomsel dengan model Fishbein.

Hasil pengukuran sikap dengan metode Fishbein, dapat diketahui bahwa arah sikap konsumen Kartu Telepon Simapati di Kota Makassar adalah positif. Selain mengetahui arah sikap konsumen, hasil pengukuran dalam penelitian ini juga dapat diketahui bahwa atribut produk yang menjadi pertimbangan utama konsumen dalam menyikapi Kartu Telepon Simpati adalah sinyal yang kuat.

Kata Kunci : ”Sikap, Atribut Produk, dan Model Fishbein”.

Full Text:

Download PDF

References


Deni Yuda Pratama, d. (2017). Sikap Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Konsumsi Makanan Pecel Lele Di Kota Bandar Lampung. JIIA, Vo.5. N0. 2 Mei, 6.

Kim, Y.-H. (2008). An Empirical Examination of Consumers’ Innovation Adoption: The Role of Innovativeness, Fashion Orientation, and Utilitarian and Hedonic Consumers’ Attitudes. A Thesis Submitted to The Faculty of the Graduate School at The University of North Carolina at Greensboro In Partial Fulfillmentof the Requirements for the Degree Master of Science.

Kurniawati MulyantiD dan A Fachrurozi. 2016. Analisis Sikap Dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pelaksanaan Program Bank Sampah (Studi Kasus Masyarakat Kelurahan Bahagia Bekasi Utara). Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Dan Kewirausahaan “Optimal”. Vol.10. No. 2 September 2019.

LaPiere, R. T. (1934). LaPiere, R. T. Attitudes vs. actions. Social Forces, 13,230-237.

Maryani, H., Kristiana, L., & Lestari, W. (2017). Analisis Multiatribut Fishbein terhadap Jamu Saintifik (Studi Kasus di Balai Kesehatan Tradisional Masyarakat Makassar dan Puskesmas Colomadu I Karanganyar). Media Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 27(2). doi:10.22435/mpk.v27i2.5315.89-98

Putri, S. E. (2019). Analisis Sikap Konsumen: Evaluasi Dan Kepercayaan Atribut (Multiattributes Fishbein Approach). Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, Volume 14. No.2, Oktober, 19. doi:DOI: https://doi.org/10.33369/insight.14.2.159-177

Schiffman, L. G. K., L. L. . (2007). Consumer behavior (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall

Simamora, Bilson, 2004, Panduan Riset Perilaku Konsumen, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Solomon, M. R. (2007). Consumer Behavior (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.

Suworo. (2019). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Produk Smartphone Samsung Dan Oppo (Studi Kasus Mahasiswa S1 Unpam Kelas Reguler B). Mandiri, Vol.3 No.1 Juni, 16.

Widiyanti, W. (2019). Sikap Konsumen terhadap Multiatribut Produk Domino Pizza Dengan Metode Fishbein di Depok. Cakrawala-Jurnal Humaniora,, Vol.19. No.1. Maret, 6. doi:10.31294/jc.v19i1

Windriani P, R. N. (2014). Analisis Sikap Multiatribut Fishbein Mengenai Atribut Obat Herbal Merek Tolak Angin Sido Muncul Di Kota Bandung. Sosioteknologi, Vol.13. No. 1 April.

http://www.tribuntimur.com, Makassar Sudah Dipenuhi 240 BTS, Ilham Imbau Operator Buat Tower Bersama, 13 April 2008, diakses pada Tanggal 14 April 2008




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v2i2.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics