Pengaruh Marketing Mix Dan Self Service Technology Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju

Herman Herman, Ramli Ramli, Iwan Adinugroho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Untuk mengetahui pengaruh marketing mix dan self service technology terhadap Loyalitas nasabah tabungan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 100 orang nasabah tabungan pada Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju yang dijadikan sampel penelitian dan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran Bank Muamalat terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Pemanfaatan inovasi administrasi mandiri (Self Help Innovation) juga terbukti berdampak pada dedikasi nasabah Bank Muamalat. Loyalitas nasabah cenderung meningkat seiring dengan jumlah permohonan dan kualitas layanan mandiri yang ditawarkan bank dan Sementara itu, peningkatan inovasi blended dan self-administrasi sama-sama mempengaruhi kehandalan nasabah Bank Muamalat. Penggunaan produk atau layanan independen Bank Muamalat oleh nasabah dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh variabel bauran pemasaran dan teknologi layanan mandiri, berdasarkan temuan penelitian ini.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Self Service Technology dan Loyalitas

Full Text:

Download PDF

References


Agung Tri Putranto. 2022. Loyalitas Pelanggan. Widina Bhakti Persada Bdanung. Bandung.

Antasari, A. S., Kertahadi, K., & Riyadi, R. (2013). Pengaruh Penggunaan Internet Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bontang). (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Didin & Anang. 2019. Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitasaaa Pelanggan). Deepublish Publisher. Sleman.

Fakhri, R. (2022). PENGARUH KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TOKO BUKU FADIRA

Fandy, Tjiptono. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia

https://www.bankmuamalat.co.id/

Imelda, S., & Huwaida, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan M- Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Bri Kcp Kayu Tangi Banjarmasin. Jurnal Intekna: Informasi Teknik Dan Niaga, 19(2), 101-109.

Isoraite, M. (2016). Aspek teoritis bauran pemasaran. Internasional Journal of Research Granthaalayah.

Jauhariyah Ititahul. 2020. Pengaruh Self-Servce Technology (SST) Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim. Malang

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks. Jakarta.

Lusiah. 2018. Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Hasil Penelitian Pada Mahasiswa Universitas Swasta Di Kota Medan. Deepublish Publisher. Sleman

PEKANBARU. Eko dan Bisnis: Riau Economic dan Business Review, 13(3), 290-298.

Pruskus. (2015). Markeing Mix. [PDF] Marketing mix theoretical aspects.

Rahayu Tanama Putri, Budi. 2017. MANAJEMEN PEMASARAN. Universitas Udayana. Semarang.

Saputri, M. (2018). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Muamalat Mdaniri Cabang Selat Panjang. Jurnal Daya Saing, 4(1), 61-64.

Sugiyono, 2013. Metode kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bdanung: Alfabeta. CV

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bdanung: Alfabeta.

Wicaksono, B. S. (2015). Pengaruh Self-Service Technology Terhadap Kepercayaan, Kepuasan Nasabah, Dan Loyalitas Nasabah (Survei Pada Nasabah Pt. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Malang Kawi Kanwil Malang). (Doctoral Dissertation, Brawijaya University).

Yulianti, Faridah dkk. 2019. Manajemen Pemasaran. Deepublish Publisher. Sleman.

Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju. 2023. Profil Bank Muamalat Kantor Cabang Mamuju.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.6037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics