Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Erha Clinic Batam Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening

Ansori Ansori, Wasiman Wasiman

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien erha clinic batam dengan kepuasan pasien sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien erha clinic batam yang melakukan pembelian produk dan tindakan dalam rentang waktu penelitian. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan metode purposive sampling dengan nilai sampel sebanyak 100 orang pasien erha clinic batam. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SmartPLS versi 4.0.9.8. Hasil pengujian secara langsung menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,237 dengan nilai p-value sebesar 0,016 < 0,05, kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,175 dengan nilai p-value 0,074 > 0,5, kualitas produk berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,482 dengan nilai p-value sebesar 0,006 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signfikan terhadap kepuasan pasien sebesar 0,368, dengan nilai p-value 0,033 < 0,05, kepuasan pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien sebesar 0,523, dengan nilai p-value 0,000 < 0,05. Hasil pengujian secara tidak langsung melalui variabel intervening menemukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien sebesar 0,252, nilai p-value sebesar 0,015 < 0,05, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien melalui kepuasan pasien sebesar 0,193 dengan nilai P-value sebesar 0,041 < 0,05. Kepuasan pasien mampu menjadi variabel mediasi yang baik dalam menghubungkan kualitas produk, kualitas pelayanan, dan loyalitas pasien erha clinic batam.

Full Text:

Download PDF

References


Agustina Fajarini, L. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan. JCA Ekonomi, 1.

Bali, A. Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.56248/jamane.v1i1.7

Chikazhe, L., Makanyeza, C., & Chigunhah, B. (2021). Understanding mediators and moderators of the effect of customer satisfaction on loyalty. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1922127

Duryadi. (2021). Metode Penelitian Ilmiah “Metode Penelitian Empiris Dengan Model Path Analysis dan Analisis Menggunakan SmartPLS” (Joseph Teguh Santoso, Ed.; 1st ed.). Yayasan Prima Agus Teknik.

Ginting, Y. M., Chandra, T., Miran, I., & Yusriadi, Y. (2023). Repurchase intention of e-commerce customers in Indonesia: An overview of the effect of e-service quality, e-word of mouth, customer trust, and customer satisfaction mediation. International Journal of Data and Network Science, 7(1), 329–340. https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.10.001

Lie, D., Sudirman, A., & Butarbutar, M. (2019). Analysis of Mediation Effect Of Consumer Satisfaction On The Effect Of Service Quality, Price and Consumer Trust On Consumer Loyalty. INTERNATIONAL JOURNAL OF SCIENTIFIC & TECHNOLOGY RESEARCH, 8, 8. www.ijstr.org

Muhammad Shahid, R., Halim, F., Shehzad, A., Commer Soc Sci, P. J., & Muhammad Shahid Yaqub, R. (2019). Effect of Service Quality, Price Fairness, Justice with Service Recovery and Relational Bonds on Customer Loyalty: Mediating Role of Customer Satisfaction. In Pakistan Journal of Commerce and Social Sciences (Vol. 13, Issue 1). PJCSS. http://hdl.handle.net/10419/196187

Philip Kotler, G. A. and S. B. (2023). Principles of Marketing (Nineteenth Edition). Pearson Education Limited.

Priadana Sidik, S. D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan Pertama, Vol. 1). Pascals Books.

Qomarsyah Muaddib. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada Koperasi Syariah BMT Al-Ittihad Pekanbaru. Jurnal Bisnis Kompetif, 2.

Rahmah, N., Kara, M. H., Bakry, M., & Muin, R. (2021). Effect of Service Quality on Customer Loyalty with Customer Satisfaction as an intervening variable in Shariah Hotel (Study at Pesonna Hotel in Makassar, South Sulawesi). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(4), 224. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i4.2479

Surahman, I. G. N., Yasa, P. N. S., & Wahyuni, N. M. (2020). The Effect of Service Quality on Customer Loyalty Mediated by Customer Satisfaction in Tourism Villages in Badung Regency. Jurnal Ekonomi & Bisnis JAGADITHA, 7(1), 46–52. https://doi.org/10.22225/jj.7.1.1626.46-52




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics