Pengaruh Labelitas Halal, Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare Wardah Dengan Brand Image Sebagai Variable Intervening

Widya Nirmala Putri, Muhammad Sholahuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh labelitas halal, dan harga terhadap minat beli produk skincare wardah dengan brand image sebagai variable intervening. Metode penelitian ini bersifat kuantitatif, di mana data yang dianalisis merupakan data primer. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, dengan skala pengukuran menggunakan skala Likert. Populasi penelitian mencakup seluruh mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Surakarta, dengan jumlah sampel sebanyak 150 responden. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling sebagai teknik non-probability sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS) dan difasilitasi oleh perangkat lunak SMARTPLS. Hasil penelitian ini ialah bahwa labelitas Halal dan harga memiliki dampak yang signifikan pada minat beli produk skincare Wardah di kalangan mahasiswa FEB UMS, dengan brand image sebagai variabel perantara yang penting. Labelitas Halal meningkatkan citra merek dengan mengasosiasikannya dengan kepercayaan, kualitas, dan kesesuaian nilai pribadi. Di sisi lain, strategi penetapan harga yang mempertimbangkan nilai dan kualitas produk juga secara efektif memperkuat citra merek dan minat beli. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen cenderung memilih produk yang tidak hanya sesuai dengan keyakinan pribadi mereka (seperti kehalalan), tetapi juga yang menawarkan nilai yang sepadan dengan harga.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad et al. (2020) ‘Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame Di Kota Manado’, Jurnal Administrasi Bisnis, 10(1), pp. 25–31.

Amaliah, D., yusuf, M. and Zulpawati (2024) ‘Pengaruh Label Halal, Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Kosmetik Skincare Melalui Aplikasi Tiktok Pada Masyarakat Di Kota Mataram’, Jesya: Jurnal Ekonomi dan Ekonomi syariah, 7(1).

Aminuddin (2018) ‘Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli (Studi Pada Konsumen Pizza Hut Kota Medan)’, Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM), 5(2), p. 39.

Armawan, I. et al. (2023) ‘The effect of social media marketing, SerQual, eWOM on purchase intention mediated by brand image and brand trust: Evidence from black sweet coffee shop’, International Journal of Data and Network Science, 7(1), pp. 141–152. Available at: https://doi.org/10.5267/j.ijdns.2022.11.008.

Bakti, U., Hairudin and Alie, M.S. (2020) ‘Pengaruh kualitas pelayanan, produk dan harga terhadap minat beli pada toko online Lazada di Bandar Lampung’, Jurnal Ekonomi, 22(1), pp. 101–118.

Cayaban, C.J.G. et al. (2023) ‘The Influence of Social Media and Sustainability Advocacy on the Purchase Intention of Filipino Consumers in Fast Fashion’, Sustainability (Switzerland), 15(11). Available at: https://doi.org/10.3390/su15118502.

Erlitna, K.G. & Soesanto, H. (2018) ‘Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Positive Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Iphone Di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro)’, Diponegoro Journal of Management, 7(4), pp. 1–15.

Ghozali, I. (2019) Aplikasi Analisis Multivariete. Universitas Diponegoro.

Hafizah, P. & Irda, I. (2022) ‘Pengaruh Br-And Image Dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Produk Pembalut Merek Softex Di Kota Padang (Studi Kasus Wanita …’, Abstract of Undergraduate Research …, pp. 1–4.

Hidayat, W.G.P.A. (2023) ‘Pengaruh Label Halal dan Kualitas Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Wardah dengan Menggunakan Brand Image Sebagai Variabel Intervening’, Jurnal Keislaman, 6(1).

Indriana, A. et al. (2022a) ‘The Impact of e-WOM and Celebrity Endorser on Purchase Intention Mediated by Brand Image: A Study on Halal Cosmetic Products’, Journal of Business and Management Studies, 4(4), pp. 197–210. Available at: https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.4.29.

Indriana, A. et al. (2022b) ‘The Impact of e-WOM and Celebrity Endorser on Purchase Intention Mediated by Brand Image: A Study on Halal Cosmetic Products’, Journal of Business and Management Studies, 4(4), pp. 197–210. Available at: https://doi.org/10.32996/jbms.2022.4.4.29.

Irfany, M.I., Khairunnisa, Y. and Tieman, M. (2023) ‘Factors influencing Muslim Generation Z consumers’ purchase intention of environmentally friendly halal cosmetic products’, Journal of Islamic Marketing [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.1108/JIMA-07-2022-0202.

Irvanto, O. and Sujana, S. (2020) ‘Pengaruh Desain Produk, Pengetahuan Produk, Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Produk Eiger’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), pp. 105–126. Available at: https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.331.

Kurniaputri, M.R. (2020) ‘Brand Equity dan Labelisasi Halal dalam Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Produk Lifebuoy’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), p. 450. Available at: https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1200.

Lestari, W.D., Mukharomah, W. and Kusumastuti, A.R. (2020) ‘Panel Data Analysis : Supply Chain Strategy Effects on Capital Structure of Companies Listed in the Jakarta Islamic Index’, pp. 856–866.

Mundir, A. et al. (2021) ‘Pengaruh Iklan, Brand Image Dan Labelisasi Halal Terhadap Minat Beli Santriwati Pada Produk Kecantikan Kosmetik Wardah Menurut Presfpektif Ekonomi Islam Di Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan’, Ekosiana Jurnal Ekonomi Syari Ah, 8(2), pp. 1–28.

Paramita, A., Ali, H. and Dwikoco, F. (2022) ‘Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran)’, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), pp. 660–669.

Sabita, R. and Mardalis, A. (2023) ‘Do celebrity endorsement, halal label, and Word of Mouth affect Millennials to purchase skincare?’, Ahmad Mardalis Journal of Enterprise and Development (JED), 5(2), p. 2023.

Sagir, J., Pandika, N.S. and Darwini, S. (2021) ‘Pengaruh Brand Ambassador Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skin Care Korea’, Journal of Economics and Business, 7(1), pp. 125–141.

Sinaga, E.M., Fitrianingsih and Lestari, I. (2023) ‘Pengaruh Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Wardah Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Mahasiswi Stie Bina Karya Tebing Tinggi)’, Jurnal Ilmiah Edunomika, 7(1).

Sugiyono (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sumadi, S. (2022) ‘Determinan Perilaku Beli Produk Bahan Makanan Berlogo Halal’, Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(1), pp. 24–40. Available at: https://doi.org/10.23917/benefit.v7i1.18058.

Wardana, C.K., Suprapto, M.R. and Setyawan, A.A. (2023) ‘Analisis Pengaruh Multidimensi Brand Image Terhadap Minat Beli Laptop Asus ROG : Studi pada Generasi Z’, 8.

Zhao, L. et al. (2023) ‘Can users embed their user experience in user-generated images? Evidence from JD.com’, Journal of Retailing and Consumer Services, 74. Available at: https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2023.103379.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics