Pengaruh Endorsment Selebgram Terhadap Perilaku Pembelian Produk Pada Mahasiswa Feb Universitas Muslim Indonesia
Abstract
Selanjutnya digunakan beberapa analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji simultan (uji-f) dan uji parsial (uji-t) untuk hipotesis, uji koefisien korelasi (r), determinasi (r2) dan uji asumsi klasik. Analisis regresi linear berganda yang berfungsi untuk melihat pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dimana variabel independen attractiveness (daya tarik), trustworthiness (kepercayaan), expertise (keahlian) dan variabel dependen adalah perilaku pembelian produk.
Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis (uji t) yang diolah pada spss.22 pada tabel coefficients, attractiveness (daya tarik) diperoleh t hitung 3,414 > t tabel 1,664 dengan nilai sig 0,001 < 0,05, trustworthiness (kepercayaan) diperoleh t hitung 2,916 > t tabel 1,664 dengan nilai sig 0,005 < 0,05, expertise (keahlian) diperoleh t hitung 2,751 > t tabel 1,664 memiliki nilai sig 0,007 < 0,05 dalam artian secara simultan hasil analisis mendapatkan bahwa ketiga faktor attractiveness (daya tarik), trustworthiness (kepercayaan), dan expertise (keahlian) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian produk pada mahasiswa FEB Universitas Muslim Indonesia.
Kata Kunci: acttractiveness (daya tarik), trustworthiness (kepercayaan), expertise (keahlian) dan perilaku pembelian
Full Text:
Download PDFReferences
Achmad Kuncoro, Engkos. Dan Riduwan. (2014). Cara Menggunakan dan Memakai Path. Analisis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.
Afandi, A., Samudra, J. P., Sherley, S., Veren, V., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsement Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial, 5(1), 15-28. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/article/view/9272/4423
Ahmed, A., Mir, F.A., & Farooq, O. (2012). Effect of Celebrity Endorsement on Customers’ Buying Behavior; a Perspective from Pakistan” Interdisciplinary Journal of Contemporary Researchin Business, 4(5), e-ISSN: 584-592. https://core.ac.uk/download/pdf/234694183.pdf
Anggraeni, R. D., Pangestuti, E., & Devita, L. D. R. (2018). Pengaruh Endorsement Beauty Vlogger terhadap Minat Beli Make Up Brand Lokal. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(1), 155-162. http://repository.ub.ac.id/id/eprint/166140/1/Rima%20Dwi%20Anggraeni.pdf
Anisafirli, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Di Seira Skincare. Jurnal Riset Ilmiah, 2(4), e-ISSN: 2963-1130. https://ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/sentri
Arora dan sahu. (2014). Tears model : a company should use for celebrity endorsement. International journal of applied srvice marketing perspective. Vol.3. No.1
Dhaefina, Z., AR, M. N., Pirmansyah, P., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement, Brand Image, dan Testimoni terhadap Minat Beli Konsumen Produk Mie Instan Lemonilo pada Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen, 1(1), 43-48. http://www.ejournal.lmiimedan.net/index.php/jm/article/view/131/118
Ferdinand. A. (2014). Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis dan disertasi ilmu manajemen. Edisi 5. Badan penerbit universitas diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafisa, d.y. (2018). Pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli produk kosmetik halal “wardah “ (studi pada mahasiswi fakultas ekonomi universitas islam indonesia). Yogyakarta.
Haryadi., Julianita, Winda. (2013). SPSS VS LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Penerbit Selemba.
Ishak, Asmai. (2008). Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 12, 71-88. e-ISSN: 0853-7665. https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/2002
Kuncoro. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif Dan R&D. Penerbit : Erlangga, Jakarta.
Kotler, P dan Keller, K.l. (2009). Manajemen Pemasaran, edisi 13. Jilid 1. Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Kotler, Phillip. (2010). Marketing. Jakarta: Erlangga
Nikmah. (2017). Kajian Tentang Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Peluang Bisnis. Jurnal Administrasi dan Bisnis, Volume : 11, Nomor : 1, Juli 2017, ISSN 1978-726X. https://scholar.archive.org/work/6wrsiavz7zahllzhrlktd2o7ia/access/wayback/http://j-adbis.polinema.ac.id:80/index.php/adbis/article/download/19/12
Nur, yuswari. (2010). Pengaruh celebrity endorser pada media sosial instagram terhadap minat pembelian produk lazeta skin care di makassar. Jurnal
Putri, A. S., & Ibrahim, M. (2020). Pengaruh Karakteristik Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Online (Studi Kasus Mahasiswa Fikom Universitas Teknologi). KAGANGA KOMUNIKA: Journal of Communication Science, 2(2), 68-77.
Prakoso, h d. (2016). Pengaruh daya pikat, kepercayaan, dan keahlian celebrity endorser christian gonzales terhadap minat beli specs. Jurnal.
Rahima, phyta. (2018). Pengaruh celebrity endorser di media sosial instagram dalam promosi produk hijab terhadap minat beli konsumen (studi kasus pada akun instagram @wiriamaeazzahra). Jurnal manajemen pemasaran.
Rahman, R. (2018). Pengaruh Endors Selebgram Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Di Gallery Phone Makassar. Bongaya Journal of Research in Management, 5(2), 10-16. e-ISSN: 2615-8868. https://ojs.stiem-bongaya.ac.id/index.php/BJRM
Riska. (2019). Peranan Selebgram Endorsement Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Politeknik Pariwisata Makassar. Skripsi. Universitas Hasanuddin.
Romadhoni, b,. Dkk. (2015). Relationship between e-service quality, e- statisfaction, e–trust, e-commitment in building customer e-loyalty : a literature review international journal of business and management invention. Vol 4 issue 2.
Royan, Frans M. (2005). Marketing Selebritis. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sangadji, Etta Mamang & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen-Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. ANDI: Yogyakarta
Saporso, Lestari, D. (2009). “Peranan endorser terhadap brand image dari sudut pandang konsumen”, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis” Vol. 9, No. 3, Sepetember: 162.
Setiadi J. Nugroho. (2010). Perilaku Konsumen. Kencana: Jakarta.
Sofiyanti, S., & Novita, D. (2021). Peran Trustworthiness, Attractiveness, Expertise Pada Minat Beli (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta
Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser , Citra Merek , dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 3(1), 53–62. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/jibm/article/view/2086/pdf
Sunyoto. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. CAPS: Yogyakarta.
Terence A. Shimp. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu., 459. Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Till. B dan busler. (2000). The match up hypothesis: physical attractiveness, expertise and the role of fit on brand attitude, purchase intent and brand beliefs. Journal of advertising. 29 (3). P . 1-13
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6386
Refbacks
- There are currently no refbacks.