Aksesibilitas Informasi dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Pada Aplikasi Shopee

Ackhriansyah Ahmad Gani, Agung Ahmad Gani, Aris Afriliandi, Jeni Kamase, Achmad Gani

Abstract


Dalam era digital saat ini, aplikasi e-commerce telah menjadi platform utama bagi konsumen untuk melakukan pembelian secara online. Shopee, sebagai salah satu aplikasi e-commerce yang paling populer, menyediakan aksesibilitas informasi yang luas dan beragam kualitas informasi kepada konsumennya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh aksesibilitas informasi dan kualitas informasi terhadap keputusan pembelian konsumen secara online melalui aplikasi Shopee.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aksesibilitas informasi dan kualitas informasi secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen secara online pada aplikasi Shopee. Konsumen cenderung lebih memilih untuk melakukan pembelian jika mereka merasa mudah untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dan jika informasi yang disediakan oleh aplikasi Shopee dianggap berkualitas.
Temuan ini memiliki implikasi penting bagi manajemen aplikasi e-commerce, terutama Shopee, untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan meningkatkan aksesibilitas dan kualitas informasi yang disediakan kepada konsumen. Dengan memperhatikan kebutuhan konsumen akan informasi yang mudah diakses dan akurat, aplikasi e-commerce dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan memperkuat hubungan jangka panjang dengan pelanggan mereka.

Kata Kunci: Aksesibilitas Informasi, Kualitas Informasi, dan Keputusan Pembelian Konsumen

Full Text:

Download PDF

References


, N. G. P. W. (2018). Pengaruh Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, dan Perceived Usefulness Pada Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akuntansi.

Afidatur Ro’azah. (2021). Manajemen Pemasaran. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN tujuan meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam menentukan pilihan . Di sedemikian ketatnya ini . Berdasarkan data penjualan Maxim Housewares di Grand City Mall Surabaya dalam satu tah. 4.

Anwar Iful, S. B. (2015). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN.

Coronel, C., & Morris, S. (2016). informasi. Binus University. https://binus.ac.id/malang/2020/12/beberapa-definisi-tentang-data-informasi-dan-sistem-informasi-menurut-beberapa-ahli/

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2

Elly, R. (2018). Pengaruh Lokasi, Kelengkapan produk, dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Imam Market Kisaran. Journal of Science and Social Research, 1(February), 7–12.

Mangun Buana, I. B. G. M., & Wirawati, N. G. P. (2018). Influence Quality of Information System, Quality of Information, And Perceived Usefulness On User Accounting Information System Satisfaction. E-Jurnal Akuntansi, 22, 683. https://doi.org/10.24843/eja.2018.v22.i01.p26

Nashihuddin Wahid. (2014). No Title. Pustaka Pengetahuan Bidang Kepustakawanan. https://pustakapusdokinfo.wordpress.com/2014/08/30/aksesibilitas-informasi-ilmiah-science-direct-pustaka-ristek-di-lingkungan-ristek-dan-lpnk/

Pawirosumarto suharno. (2016). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem E-Learning. In Jurnal Ilmiah Manajemen: Vol. VI (pp. 416–433).

Picaully, M. R. (2018). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Gadget Di Shopee Indonesia. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(1), 31–40. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i1.1094

Prawira, S. A., & Pranitasari, D. (2020). Pengaruh aksesibilitas, inovasi dan kualitas pelayanan fasilitas publik terhadap kepuasan penumpang disabilitas di kereta rel listrik jakarta. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/1195

Riris Roisah1, D. R. (2016). TELAAH HUBUNGAN CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/351/pdf

Rochani, N. W. dan R. nani. (2013). Wahid Nashihuddin1 dan Rochani Nani Rahayu2. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/3146/3162

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia, 1–18.

Subianto, T. (2017). Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3(3), 165–182.

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020a). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087

Sulistiyawati, E. S., & Widayani, A. (2020b). Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 133. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7087




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics