Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Harga terhadap Loyalitas Penumpang Maskapai Garuda Indonesia Di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar
Abstract
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepuasan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas penumpang; (2) Kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas penumpang Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas penumpang maskapai; (3) Harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan.
Kata Kunci : Kepuasan, Kepercayaan, Harga, Loyalitas.
Full Text:
Download PDFReferences
Aisah, N., Aji Suseno, D., Ekonomi Pembangunan, J., Ekonomi, F., & Negeri Semarang Permalink, U. (2021). Analisis Pemilihan Moda Transportasi dalam Kunjungan Wisatawan. Efficient, 4(1), 1108–1127.
Alam, Roslina,2022. Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Pegawai, Yayasan Cendekiawan Indonesia Timur
Amanda Hanna, Wayan, W. (2022). Analisis Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Protokol Kesehatan Dalam Penerbangan Rute Domestik. 10(1), 11–21.
Aryati, A. (2019). Pengaruh Kepuasan Kerja, Stres Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 2(1), 192-206.
Basalamah, S., & Latief, B. (2022). Pengaruh Kompensasi, Motivasi dan Disiplin Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kesyahbandaran Utama Makassar. Journal of Management Science (JMS), 3(1), 38-49.
Fadhilah, N., Mallongi, S., & Zakaria, D. (2020). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Nasabah Bank BNI Cabang Pare-Pare KCP Barru. YUME: Journal of Management, 3(2).
Faizin, A., Koesoemawati, D. J., & Kriswardhana, W. (2018). Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Perintis KabupatenJember. Konferensi Nasional Teknik Sipil dan Infrastruktur-I, 31-40. Garuda Indonesia. 2017. Tersedia di www.garuda-indonesia.com.
Handoko, T. Hani. (2019). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE UGM
Has, M. F., Damis, H., Bahari, A. F., & Syahnur, M. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Grab dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI). Center of Economic Students Journal, 4(2), 163-171.
Herman, H., Kamase, J., Nujum, S., & Dewi, R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Perbaikan Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Batara Siang Kabupaten Pangkep. Jurnal Ekonomi Global, 1(2), 185-199.
Hijriyani, J. U. M. A. I. D. A. H. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tiket Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Kereta Api Sribilah Kelas Exsekutif di PT. Kereta Api Indonesia Divre I Medan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Idrus, H. H., Modding, B., & Basalamah, S. (2022). Collective competence as an enable for services integration in health and social care services. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 2901-2902.
Ismuha, N. (2019). Analisis Kualitas Layanan Bandar Udara Internasional Sultan Iskandar Muda Sebagai World’s Best Airport For Halal Traveler Terhadap Kepuasan Pelanggan. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Janna, N. M., & Herianto, H. (2021). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2019). Marketing Management. England: Pearson Education Limited.
Mahmud, A., Wesardana, A., & Amang, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Selebgram Sebagai Endorser Terhadap Minat Beli Pada Produk Girlsneed di Kota Makassar: Studi Kasus Pada Mahasiswi Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Ekonomi Global, 1(5), 307-324.
Novia, M. A., Semmaila, B., & Imaduddin, I. (2020). Pengaruh kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Tata Kelola, 7(2), 201-212.
Pariadi, H. (2022). Analisa Kepuasan Penumpang Pesawat Air Asia Rute Penerbangan Lombok - Yogyakarta. Universitas Muhammidyah Mataram, 33(1), 1–12.
Qoyyimah, M., Abrianto, T. H., & Chamidah, S. (2020). Pengaruh beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi PT. INKA Multi Solusi Madiun. ASSET: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142-153.
Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploiratif, Enterpretif Dan Konstruktif. Edited By Y. Suryandari. Bandung: ALFABETA.
Syaifullah, S., & Mira, M. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Pegadaian (Persero) Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam, 6(2), 86-91.
Tsafarakis, S., Kokotas, T., & Pantouvakis, A. (2017). A multiplied criteria approach for airline passenger satisfaction measurement and service quality improvement. Journal of Air Transport Management , 1-15.
Wendha, A. A. A. A. P., Rahyuda, I. K., & Suasana, I. G. A. K. G. (2013). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Garuda Indonesia di Denpasar. Jurnal Manajemen, strategi bisnis, dan Kewirausahaan, 7(1), 19-28.
Wiedyani, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Muria Jurusan Semarang Tawang- Jakarta Gambir. Journal Article, 978–979.
Wiedyani, A. H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Muria Jurusan Semarang Tawang- Jakarta Gambir. Journal Article, 978–979.
Zeithaml, V.A.and Berry, L.L. (2018). Servqual: A Multiple Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal of Retaling, vol. 64 No, 1, pp. 12.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6448
Refbacks
- There are currently no refbacks.