Pengaruh Kepercayaan, Privasi dan Daya Tarik Terhadap Loyalitas Nasabah PT BPR Satya Mitra Andalan

Jenni Jenni, Nora Pitri Nainggolan

Abstract


Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Putera Batam
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, privasi dan daya tarik terhadap loyalitas nasabah di PT BPR Satya Mitra Andalan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik kuantitatif. Sampel penelitian digunakan sebanyak 100 responden pada konsumen PT BPR Satya Mitra Andalan yang berdomisili di Kompleks Ruko Griya Kurnia Blok C No 8, Kota Batam, Kepulauan Riau. Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Dengan menggunakan software SPSS 26, teknik analisis data meliputi uji statistik deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil regresi linier berganda, kepercayaan (X1) berpengaruh sebesar 0,042 atau 4,20% terhadap loyalitas nasabah (Y), privasi (X2) berpengaruh sebesar 0,251 atau 25,10% terhadap loyalitas nasabah (Y), dan daya tarik (X3) berpengaruh sebesar 0,660 atau 66,0% terhadap loyalitas nasabah (Y). Selain itu, variabel kepercayaan, privasi dan daya tarik berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT BPR Satya Mitra Andalan sebesar 69,3% sesuai dengan data koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa kepercayaan, privasi dan daya tarik secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT BPR Satya Mitra Andalan.

Kata Kunci : Kepercayaan, Privasi, Daya Tarik, Loyalitas Nasabah.

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad, M., Siswadhi, F. & Sarmigi, E., 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Religiusitas Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah PT. Bank Nagari. JBEE: Journal Business Economics and Entrepreneurship, 4(1).

Ardhanari, M. & Viphindrartin, S., 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Istiqro: Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 8(1), pp. 63-77.

Ardiyanti, R. & Sitorus, D. H., 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan dan Loyalitas Terhadap Kepuasan Pemakai Jasa (Studi Pada Pelanggan di Kantor Notaris Devi Ananji). eCo-Buss, 5(3).

Azizah, B. P. & Udayana, I. B. N., 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 6(1), p. 88 – 100.

Bahrudin, M. & Zuhro, S., 2015. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 3(1).

Burhanudin, 2022. Examining the Effect of Service Value and Reputation on Customer Loyalty with Trust and Electronic Word of Mouth as Mediation. Journal of Applied Management (JAM), 20(3).

Efendi, A. & Rahmiati, 2020. Persepsi Keamanan, Persepsi Privasi, Pengalaman Serta Kepercayaan Terhadap Belanja Online. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(1), pp. 27-40.

Efrianto, G. & Tresnawaty, N., 2021. Pengaruh Privasi, Keamanan, Kepercayaan Dan Pengalaman Terhadap Penggunaan Fintech Di Kalangan Masyarakat Kabupaten Tangerang Banten. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Ekonomi, 1(6).

Fakhri, H. O., Ramadhani, S. & Jannah, N., 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah PT. BPRS Puduarta Insani Tembung). eCo-Fin, 5(3), p. doi: 10.32877/ef.

Hardani, et al., 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

http://repository.upbatam.ac.id/860/1/cover%20s.d%20bab%20III.pdf

http://eprints.umpo.ac.id/7628/4/BAB_II.pdf

Ismail, R., 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Kepuasan Nasabah Sebagai Prediktor Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 10(2), pp. 179-196.

Jeffrey, 2023. Pengaruh Inovasi, Kualitas Produk dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk di PT Roti Garuda Kencana Kota Batam, s.l.: [Skripsi]. Universitas Putera Batam.

Kurniawan, R. M., Soesanto, H. & Sugiarto, J., 2018. Pengaruh Daya Tarik Produk, Daya Tarik Pelayanan, dan Daya Saing Tarif Terhadap Kepuasan Nasabah Yang Berdampak Pada Keputusan Bertransaksi (Studi pada Agen BRILink Bank BRI Cabang Pati). Skripsi. UNDIP 2018, Semarang: Universitas Diponegoro.

Kustiara, A., Syahrani & Vitria, A., 2023. Pengaruh Gaya Hidup, Daya Tarik Produk, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Ventla (Studi Kasus Pada Mahasiswa/I Uniska Banjarbaru). Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Tahun 2023 (SENASEKON 2023).

Lubis, A., Effendi, I. & Rosalina, D., 2022. Pengaruh Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Medan. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3(4), p. 896−902. DOI 10.47065/ekuitas.v3i4.1600.

Marsha, K., 2023. Privasi Adalah: Pengertian, Jenis-jenis, dan Cara Menjaganya. [Online]

Available at: https://www.detik.com/bali/berita/d-6566620/privasi-adalah-pengertian-jenis-jenis-dan-cara-menjaganya

[Accessed 28 12 2023].

Nasution, A. A., 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Desain Produk, dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Mitsubishi Xpander (Studi Kasus PT. Nusantara Berlian Motor Medan). Jurnal Ilmiah SIMANTEK, 4(3).

Nurhadini, S., 2023. Efektivitas Media Belajar Google Classroom & Zoom Dalam Pembelajaran Ips Terhadap Hasil Belajar Siswa. [Skripsi], Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Riadi, M., 2020. Populasi dan Sampel Penelitian (Pengertian, Proses, Teknik Pengambilan dan Rumus). [Online]

Available at: https://www.kajianpustaka.com/2020/11/populasi-%09dan-sampel-penelitian.html

[Accessed 28 12 2023].

Riadi, M., 2021. Kepercayaan Konsumen (Pengertian, Aspek, Jenis, Indikator dan Strategi). [Online]

Available at: https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepercayaan-konsumen-pengertian-aspek.html

[Accessed 28 12 2023].

Rosi, D. & Suparman, D., 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pratama Abadi Industri Sukabumi (Studi Kasus Departemen Stockfit P2). STIE PASIM SUKABUMI. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(1).

Sigit, K. N. & Soliha, E., 2017. Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 17(1), pp. 157-168. Doi:10.26905/jkdp.v21i1.1236.

Simanjuntak, C. Y., Salimi, V. A., Louis, V. & Johanes, T., 2020. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada PT. Sumin Surya Mesindo Lestari Demak. E-Jurnal Manajemen, 9(7), pp. 2872-2894. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p20.

Stefhanie, V., 2023. Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Keamanan dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia, s.l.: [Skripsi]. Universitas Putera Batam.

Supardi, 1993. Populasi dan Sampel Penelitian. UNISIA, Issue 17.

Utami, D. R., 2018. Pengaruh Suku Bunga Kredit, Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Kredit Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Kredit Guna Bakti di Bank BJB Cabang Utama Bandung, s.l.: [Tesis]. Universitas Widyatama.

Utami, M., Handayani, T. & Pusporini, 2019. Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah. Conference on Islamic Management, Accounting, and Economics (CIMAE) Proceeding, Volume 2, pp. 170-178.

Wijaya, E., Junaedi, A. T., Fransisca, L. & Suyono, S. C., 2023. Trust, Satisfaction, and Loyalty of Islamic Bank Customers: Role Of Religiosity. Jurnal Aplikasi Manajemen, 21(2).




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics