Pengaruh Digital Marketing, Variasi Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Board Games Cafe Batam

Eligius Chlorella Tama, Mauli Siagian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembahasan salah satu kafe di Batam dan menyimpulkan hasil dari penelitian. Penelitian ini dilakukan di Board Games Cafe Batam Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 127 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif serta studi kasus. Olah data penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian yang bertujuan untuk membangun hubungan antar variabel, objek kajian, faktor, atau alat ilmiah lainnya yang dapat dibandingkan dengan penelitian ilmiah sebelumnya disebut dengan replikasi. Oleh sebab itu, seandainya sebuah perseroan melantaskan inovasi yang berbeda dan baru jadi akan terlihat memajukan kepercayaan pengunjung agar datang ke kafe yang dituju, bagi kuantitas makanan dan minuman setiap kali terjaga peringkatnya dan sesuai yang diharapkan pengunjung bisa menaikkan kepercayaan pengunjung kepada kafe itu dan membuat pelanggan menjadi loyal juga akan meningkatkan volume kunjungan kafe untuk berkumpul dan senang – senang bersama. Digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Board Games Cafe Batam. Variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Board Games Cafe Batam. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Board Games Cafe Batam. Digital marketing, variasi produk dan inovasi produk, secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Board Game Cafe Batam.

Keywords: digital marketing, variasi produk, inovasi produk, loyalitas pelanggan, kafe

Full Text:

Download PDF

References


. S., Ghozali, S., Setianingrum, H. W., & Alawiyah, S. (2020). Kualitas Layanan dan Kepuasan Serta Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(1), 82. https://doi.org/10.31851/jmwe.v17i1.3978

Abidin, J., Fedrina, R., & Agustin, R. (2022). Penguatan Kelembagaan Desa Wisata melalui Promosi Digital Marketing di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Pariwisata, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.36276/jap.v3i1.292

Asep Suhendar Aprilia. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 780–784. https://doi.org/10.56799/jceki.v1i6.809

Ayu, I., Suwiprabayanti, G., Jayaningsih, A. A. R., & Suhardiyani, P. E. (2021). Peningkatan Kemampuan Promosi Online. JMM (Jurnal …, 5(5), 7–9. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/5325%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/download/5325/3170

Baidowi, M. . (2021). Pengaruh Strategi E-Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Kompetitif, 10(1). https://doi.org/10.52333/kompetitif.v10i1.751

Christopher, H., Sutiono, L., & Lesmana, R. (2021). Analisis Pengaruh Harga Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Benua Emas Singkawang. HECTOCORN Jurnal Riset Manajemen Ekonomi Dan Bisnis Tahun 2021 Volume 2 Nomor 1 Halaman 68 82 Analisis, 2(1), 68–82.

Duha, R., & Siagian, M. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Fitur Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Luar Garis Coffee. ECo-Buss, 6(1), 166–178. https://doi.org/10.32877/eb.v6i1.673

Fadhilah, M., Cahya, A. D., & T, C. M. (2022). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, lokasi dan inovasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen dengan word of mouth sebagai variabel moderasi. Forum Ekonomi, 3(3), 607–617. https://doi.org/10.29264/jfor.v24i3.11336

Fatma, N., Akhmad Supriyanto, & Anna Nur Faidah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Pada Industri Sasirangan Di Wilayah Kota Banjarmasin). Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(1), 39–54. http://feb.jtam.unlam.ac.id

Fernandes, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Alfamart Kayuagung. Jurnal Manajemen Da Bisnis, 6(1), 1–10.

Gadi, O. Y. A., & Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh Citra Merek, Promosi Penjualan,Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. ULTIMA Management, 12(1), 46–61.

Hasibuan, E. J., & Simanjorang, E. F. S. (2022). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah …. … Insight: Jurnal Ilmiah …, 17(2), 202–216. https://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/view/22963%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/Insight/article/download/22963/11196

Hayani, H. (2020). Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan. Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1847

Herlina, E. (2022). Pengaruh Layout Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Daya Tarik Produk (Survei Pada Konsumen Baso Assyukur Tasikmalaya). Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(6), 756–762.

Ibniwasum, L. I. A. (2020). Inovasi produk dalam meningkatkan penjualan di sheren hijab bengkulu. 1–97. http://repository.iainbengkulu.ac.id/5329/1/SKRIPSI LIA pdf.pdf

Karim, A., Kusmanto, & Purba, E. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Masyarakat Tanjung Medan. Jurnal Mitra Pengabdian Farmasi, 1(3), 85–88. https://www.ejurnal.akfar-mandiri.ac.id/index.php/abdimas/article/view/23

Karim, A., Nasution, M. B. K., & Suryadi, S. (2022). Pelatihan Digital Marketing dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa SMK Negeri 1 Rantauprapat. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 115–119. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2759

Kusumaningayu, I., Rahmatullah Masruchin, F., Rizki, A., Samudera, A., Pratama, S. B., Eka, O., Yuantika, P., Dwinando, R. Y., & Albab, M. U. (2022). E-proceeding 2 nd SENRIABDI 2022 Desain Cafe Wisata Kelengkeng di Desa Simoketawang, Kabupaten Sidoarjo. 2, 404–412.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Gerai Baru Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). Jurnal TECHNOBIZ, 4(2), 62–69.

Maulida, R. (2021). Peran Cafe Dan Restoran Sebagai Penunjang Pariwisata Halal di Kota Banda Aceh. Skripsi Uin-Araniry.

Maulida Sari, C. D., & Setiyana, R. (2020). Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 63. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050

Maulyan, F. F., Yuniati Drajat, D., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022). Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8–17. https://doi.org/10.51977/jsm.v4i1.660

Mustamu, E. J., & Ngatno, N. (2021). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada KFC Srondol. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29650

Santoso, H. B. (2021). “Pengaruh Digital Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Online Promotion Dan Customer Experience Sebagai Variabel Intervening Pada Starbucks Surabaya.” In Jurnal Strategi Pemasaran (Vol. 8, Issue 1).

Saputra, A. (n.d.). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam.

Simanjuntak, D. C. Y., Salimi, V. A., Louis, V., & Johanes, T. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan Dan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Baja Pada Pt Suminsuryamesindolestari. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2872. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p20

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47. https://doi.org/10.31603/ce.4244

Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69–88. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i2.277

Theovani Dwyanti Lian, G.H.M. Kapantow, dan R. M. K. (2020). Tingkat Kepuasan Konsumen pada Cafe.... …… .......(Theovani Dwyanti Lian, G.H.M. Kapantow, dan Ribka M. Kumaat). 2, 116–129.

Trisna, P. D. (2022). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Al Futuh Fashion di Tasikmalaya. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(10), 3711–3715.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics