Pengaruh Brand Image, Perceived Quality Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Skincare Some By Mi

Vira Apriyani, Yunisa Oktavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image, perceived quality dan country of origin terhadap minat beli skincare Some By Mi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi yang akan menjadi fokus penelitian adalah individu yang membeli atau menggunakan produk skincare dari merek Some By Mi di Kota Batam pada tahun 2023 yang tidak diketahui jumlah pastinya.Teknik penentuan sampel didasari dengan Lameshow yang menghasilkan 100 responden yang ditarik dengan purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, yang kemudian diuji melalui uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa brand image memiliki pengaruh sebesar 38,3% terhadap minat beli. Perceived quality memiliki pengaruh sebesar 40,0% terhadap minat beli. Country of origin memiliki pengaruh sebesar 25,4% terhadap minat beli. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa brand image, perceived quality dan country of origin secara bersama-sama dapat menjelaskan sebanyak 80,3% dari variasi dalam minat beli. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa brand image, perceived quality dan country of origin, baik secara parsial maupun secara simultan, berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli Some By Mi.
Kata Kunci: Brand Image; Country Of Origin; Perceived Quality; Minat Beli.

Full Text:

Download PDF

References


Adelia, R., & Cahya, S. B. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Mafia Gedang Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3).

Amelia, S. R., Nisya’, S. M. A., & Muzdalifah, L. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, dan Country of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen. Journal of Crative Student Research (JCSR), 1(1), 143–162.

Azizah, S., & Wardhani, N. I. K. (2023). The Influnce OF Brand Image and Band Trust on Buying Interest in Bukalapak E-Commerce in Surabaya. COSTING : Journal of Economic, Business and Accounting, 7(1), 692–699.

Dhewi, T. S., & Oktaviani, R. (2023). Does perceived quality mediate the effect of generation Z’s consumer ethnocentrism on local sneakers purchase intention? BISMA (Bisnis Dan Manajemen), 15(2), 139–157. https://doi.org/10.26740/bisma.v15n2.p139-157

Kurniawati, M. N., & Nuryanto, I. (2023). Pengaruh Country of Origin, Store Atmosphere dan Lifestyle terhadap Minat Beli pada Toko Miniso di Kota Semarang. Jekobs, 2(2), 97–104. http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/JEKOBS

Kuswibowo, C., & Murti, A. K. (2021). Analisis Pengaruh Brand Image, Promotion, Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Online Shop. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 05(01), 53–61.

Mandey, S. L., Paska, V., Lengkong, K., Nelwan, O., Masinambow, V. A. J., Tulung, J. E., & Mandey, L. C. (2022). Model Development of Positioning Strategy, Trust, Brand Image, Towards Purchase Intention in Virgin Coconut Oil Products MSMEs. International Journal Of Artificial Intelegence Research, 6(1), 2579–7298. https://doi.org/10.29099/ijair.v6i1.1.707

Nova, F. (2022). The Influence Of Ambassador’s Brand On Brand Image And Their Impact On Buying Interest Of Tokopedia Consumers. Jurnal Manajemen Industri Dan Logistik, 6(2), 216–226. https://jurnal.poltekapp.ac.id/index.php/JMIL/article/view/991/0

Nurbasari, A., & Kamanda, R. G. P. (2022). The Influence of Brand Associations and Perceived Quality on Purchase Intention: Study at Cibaduyut Shoe Industry Center. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan, 165. https://doi.org/10.24843/matrik:jmbk.2022.v16.i01.p13

Nurhasanah, E., & Karyaningsih. (2021). Pengaruh Brand Image dan Perceived Quality terhadap Minat Beli Pada Website Sophie Paris. YUME : Journal of Management, 4(1), 177–186. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.343

Sagir, J., Pandika, N. S., & Darwini, S. (2021). Pengaruh Brand Ambassador Dan Country Of Origin Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skin Care Korea. Journal of Economics and Business, 7(1), 125–142. https://doi.org/10.29303/ekonobis.v7i1.72

Sari, Kusuma, & Atmaja. (2023). Pengaruh Brand Image, Product Quality Dan Lifestyle Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Scarlett (Studi Pada Wilayah Kota Denpasar). Jurnal Emas, 3(9), 51–70.

Sofa, A. Y., & Parmariza, Y. (2023). Pengaruh Kepercayaan Merek, Country of Origin, dan Desain Produk pada Minat Beli Mobil. Kajian Branding Indonesia, 5(1), 51. https://doi.org/10.21632/kbi.5.1.51-66

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.); ke 2). ALFABETA.

Sumual, P. S., Soegoto, A. S., & Samadi, R. L. (2023). Analisis Kesadaran Merek Dan Persepsi Kualitas Serta Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Mobil Di Pt. Hasjrat Abadi Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal EMBA, 11(1), 1271–1281.

Trisdiyana, M., & Handayani, L. S. (2023). Pengaruh Kualiatas Produk, Harga Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Skincare Jasper Di Cikarang Selatan. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1159–1169. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1260

Wulandari, I., & Harsoyo, T. D. (2023). Pengaruh Country Of Origin, Gaya Hidup Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Jurnal Ekobis Dewantara, 6(2), 515–528.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics