Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran dan Usia Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi

Anggita Fitri, Devi Astriani, Ihsan Nasihin

Abstract


Penurunan nilai perusahaan yang signifikan akibat dampak Covid-19 yaitu ketakutan yang menyebabkan penjualan aset perusahaan menurun, hal ini juga dapat berdampak pada tersebarnya CSR untuk meningkatkan citra merek, reputasi perusahaan dan validasi dari masyarakat atau pihak eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Corporate Social Responsibility suatu perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan dan bagaimana usia dan ukuran perusahaan mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam memperkuat atau mengurangi dampak negatif perusahaan. Dalam penelitian ini populasi perusahaan manufaktur bahan baku dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia digunakan sebagai metode deskriptif kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan purposive dan perusahaan yang memenuhi kriteria ini adalah perusahaan yang memproduksi bahan baku dan bahan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2019 hingga 2022 serta perusahaan yang menerbitkan laporan intensif pada periode yang sama. Analisis regresi yang dimoderasi (MRA) dan uji asumsi tradisional merupakan metode analisis yang digunakan. Kesimpulan analisis yang didapat adalah CSR mempunyai pengaruh yang besar terhadap nilai perusahaan, dampak tersebut dapat dikurangi dengan besarnya ukuran dan umur perusahaan. Implikasi dari penelitian ini adalah menyediakan data betapa pentingnya tampilan CSR karena semakin besar tampilan CSR akan mempengaruhi citra merek perusahaan sehingga nilai perusahaan dapat meningkat didukung oleh ukuran dan lamanya perusahaan tersebut berdiri.

References


Anggraeni, E., & Prasetyono. (2021). Analisis umur perusahaan, leverage dan komisaris independen terhadap pengungkapan intellectual capital. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 3, 269–279. https://doi.org/10.20885/ncaf.vol3.art23

Anto, L. O., Safaruddin, S., & Zulkifli, A. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Organisasi (JUMBO), 5(1), 21. https://doi.org/10.33772/jumbo.v5i1.20332

Apriani, P. P., & Khairani, S. (2023). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan. MDP Student Conference, 2(2), 100–107. https://doi.org/10.35957/mdp-sc.v2i2.3958

Ardiansyah, G. G. K. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Paradigma Akuntansi, 2(1), 367. https://doi.org/10.24912/jpa.v2i1.7165

Aulia, S., Yanti, & Nasihin, I. (2023). Pengaruh Kinerja Lingkungan , Biaya Lingkungan Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan ( Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ). SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 326–341. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.46

Aurora L, T., Rehanil A, D., & Solikhin, A. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja, 6(1), 10–17. https://doi.org/10.22437/jaku.v6i1.13165

Bagaskara, R. S., Titisari, K. H., & Dewi, R. R. (2021). Pengaruh profitabilitas , leverage , ukuran perusahaan dan kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan The effect of profitability , leverage , firm size and managerial ownership on firm value. Forum Ekonomi, 23(1), 29–38.

Damayanthi, I. G. A. E. (2019). Fenomena Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 208. https://doi.org/10.24843/jiab.2019.v14.i02.p06

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Leverage Serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages Di Bei. Prospek: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 1(2), 74. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157

Junardi. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social. Pendidikan Ekonomi, 4(2), 69–79. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE

Kesumastuti, M. A. R. M., & Dewi, A. A. (2021). Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap Nilai Perusahaan dengan Usia dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(7), 1854. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i07.p19

Narayana, I. P. L., & Wirakusuma, M. G. (2021). Pengungkapan CSR pada Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(4), 862–879. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i04.p06

Nasihin, I., Fitriana, A. V., Arimurti, T., & Purwandari, D. (2023). SEIKO : Journal of Management & Business The Role Of Financial Performance In The Disclosure Of Sustainability Reportd In State-Owned Enterprises. 6(2), 256–267.

Nasihin, I., & Purwandari, D. (2022). Analysis of the Effect of Profitability, Liquidity, and Firm Size on the Timeliness of Financial Report Submission. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 12(1), 33. https://doi.org/10.30588/jmp.v12i1.989

Nuryana, I., & Bhebhe, E. (2019). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating. AFRE (Accounting and Financial Review), 2(2), 142–146. https://doi.org/10.26905/afr.v2i2.3261

Oktapiani, T. P., & Helliana. (2022). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Bandung Conference Series: Accountancy , 2(1), 283–289. https://doi.org/10.29313/bcsa.v2i1.1400

Perusahaan, N., & Pertambangan, S. (2023). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN 1 , 2 , 3 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo Intihanah , Satira Yusuf , Lilistiani Putri. 08(02), 45–57.

Pohan, H. tohir, Noor, I. N., & Bhakti, Y. F. (2019). Pengaruh Profitabilitas Dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 41–52. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4850

Rady Darmastika, I. W., & Ratnadi, N. M. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas dan Leverage Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 27, 362. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v27.i01.p14

Shafirah, I., Risma, D., & Risma, D. (2022). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap institutional ownership pada perusahaan high-profile yang listing di bursa efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 540. https://doi.org/10.29264/jinv.v18i3.11701

Suharyani, R. (2019). Pengaruh Tekanan Stakeholder Dan Corporate Governance Terhadap Kualitas Sustainability Report. Jurnal Akademi Akuntansi, 2(1). https://doi.org/10.22219/jaa.v2i1.8356

Supada, W. (2020). Efektivitas CSR (Corporate Social Responsibility) Dalam Praktik Public Relations. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 35–46. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/danapati/article/view/32%0A%0A

Tamara, I. G. A. A. T. I., & Budiasih, I. G. A. N. (2020). Pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai Pemoderasi Pengaruh Good Corporate Governance pada Nilai Perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1221. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i05.p12

Wicaksono, D. P. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Yang Dimediasi Oleh Reputasi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 53(9), 1689–1699. www.journal.uta45jakarta.ac.id

Wulandari, S. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Subsektor Perkebunan Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 19(1), 1–14.

Ghozali. (2019). In Aplikasi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (pp. (Edisi ke-9)). Badan Penerbit-Undip.

Ghozali. (2019). In A. M. 25. Badan Penerbit-Undip.

Ghozali, & A, C. (2016). Teori Akuntansi International Financial Reporting . In (Edisi ke-4). Badan Penerbit Unversitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Chariri, A. (2016). Teori Akuntansi International Financial Reporting . Badan Penerbit Unversitas Diponegoro.

Maydina, P. (2022). Pengaruh leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan dan Proftabilitas Terhadap Nilai Perusahaan, 103.

Prof. Dr. Imam Ghozali, M. (2020). 25 Grand Theory . Semarang: YOGA PRATAMA.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics