Pengaruh Brand Positioning Dan Brand Personality Terhadap Purchase Intention Pada Restoran Mie Gacoan Cabang Merr Kota Surabaya

Muhammad Yogi Zifari Mansur, Rizky Dermawan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand positioning dan brand personality terhadap purchase intention pada restoran mie gacoan cabang merr kota surabaya. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi dari seluruh konsumen secara umum di kota Surabaya, yang dimana jumlahnya tidak diketahui. Jenis sampling yang sakan digunakan dalam penelitian ini adalah Non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan penelitian ini yaitu sebanyak 90 responden. Jenis data penelitian ini ialah data primer dan data sekunder. Data diperoleh melalui distribusi kuesioner yang disusun menggunakan platform Google Form. Penelitian ini menerapkan metode analisis kuantitatif dengan menggunakan alat Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini ialah bahwa Terdapat korelasi antara ketiga variabel di Mie Gacoan, seperti yang ditunjukkan oleh hasil penelitian, yang mengindikasikan bahwa Brand Positioning dan Brand Personality memiliki efek yang positif terhadap Purchase Intention pada restoran Mie Gacoan cabang Merr kota Surabaya.

Full Text:

Download PDF

References


Aaker, D. (2020). Manajemen Ekuitas Merek. Mitra Utama.

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Saputra Na). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Abrilia, N. D., & Tri, S. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet Pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3).

Aisyah, D., & Engriani, Y. (2019). Pengaruh Reputasi, Kualitas Informasi, dan e-WOM terhadap Minat Beli pada Situs Jual Beli Online Tokopedia yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pelanggan. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(4), 48–59.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Babbie, E. (2020). The Practice of Social Research (15th ed.). Cengage Learning.

Chin, T. A., Lawi, N. H. B. M., Muharam, F. M., Kohar, U. H. A., Choon, T. L., & Zakuan, N. (2020). Effects of Green Brand Positioning, Knowledge and Attitude on Green Product Purchase Intention. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(1), 598–608. https://doi.org/10.37200/ijpr/v24i1/pr200166

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2019). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.

Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. RajaGrafindo Persada.

Ibrahim, A. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi dan Bisnis Islam (A. Rahmati, Ed.). Naskah Aceh Nusantara.

Kasman, & Amirulmukminin. (2021). Pengaruh Brand Personality Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Busana Az-Zahra Kabupaten Bima. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1375–1380.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.

Medinna, G., & Hasbi, I. (2020). Pengaruh Brand Credibility, Brand Personality, Dan Endorsement Beauty Vlogger Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intevening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Make Over Bandung). Jurnal Menara Ekonomi, 6(1).

Mursyidah, D. S., Novalia, N., & Mustika, R. (2020). Pengaruh Brand Personality Terhadap Purchase Intention Pada Produk Body Butter The Body Shop. Jurnal MANNERS, 3(1), 1–14.

Novanda, W. A., & Widodo, A. (2022). Pengaruh Brand Positioning Terhadap Purchasing Decision Dengan Variable Intervening Product Quality (Studi Pada Produk Es Krim Campina Di Kota Bandar Lampung). E-Proceeding of Management.

Oktavia, S. (2023). 5 Outlet Mi Pedas di Surabaya, Mulai Mie Gacoan hingga Wizzmie. Detik.Com.

Prabowo, T. A. (2021). Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Produk Geist. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 5(5), 431–439.

Pratiwi, F. S. (2023). Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023 Artikel ini telah tayang di Dataindonesia.id dengan judul “Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 5,33% pada Kuartal I/2023”., Author: Febriana Sulistya Pratiwi. Editor: Dimas Bayu. Klik selengkapnya di sini: https://dataindonesia.id/industri-perdagangan/detail/industri-makanan-dan-minuman-tumbuh-533-pada-kuartal-i2023. Dataindonesia.Id.

Prayogo, G. A., & Rubiyanti, R. N. (2023). Pengaruh Brand Positioning dan Brand Image terhadapt Purchase Intention pada Official Store Kahf di Tokopedia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5127–5136. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2391

Shahid, S. (2019). Does the Choice of Brand Positioning Strategy Matter in the Creation of Brand Love? The Mediating Role of Brand Positioning Effectiveness. Lahore Journal of Business, 8(1).

Sitorus, S. A., Romli, N. A., & Tingga, C. P. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sumarwan, U. (2022). Perilaku Konsumen. Universitas Terbuka.

Wahyuni, S. (2022). The Role of Spiritual Marketing in Strengthening Millennials’ Purchase Intention at Sharia Banks through Brand Positioning and Brand Personality. International Journal of Management and Economics Invention, 08(05), 2450–2457. https://doi.org/10.47191/ijmei/v8i5.04

Walangitan, B. Y., Dotulong, L. O. H., & Poluan, J. G. (2022). Pengaruh Diskon Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Konsumen Untuk Menggunakan Transportasi Online (Studi Pada Konsumen Maxim Di Kota Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(4).

Wardhana, A., Budiastuti, E., Gultom, N. B., Sudirman, A., Julhanthry, Saputra, G. G., & Rizkia, N. D. (2022). Perilaku Konsumen (Teori Dan Implementasi). Media Sains Indonesia.

Widodo, B. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Sistematis dan Komperhensif. Eiga Media.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i1.6724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics